Genting Panel Surya Berbasis IoT Ciptaan Mahasiswa UGM

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/6M9OhcblUHM?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
Genting Panel Surya Berbasis IoT Ciptaan Mahasiswa UGM

Genting Panel Surya – Energi merupakan salah satu kebutuhan utama bagi umat manusia. Energi yang umum di gunakan manusia berasal dari berbagai sumber. Mulai dari energi yang dapat di perbaharui maupun tidak.

Energi yang tidak dapat di perbaharui seperti BBM akan habis ketika di gunakan secara terus menerus. Di perlukan sumber energi terbarukan yang tidak akan habis meskipun di gunakan secara terus menerus.

Salah satu sumber energi terbarukan yang kini mulai banyak di gunakan oleh masyarakat adalah energi matahari.

Untuk dapat menggunakan energi matahari, di perlukan panel surya yang akan mengolah cahaya matahari menjadi energi yang dapat di gunakan oleh masyarakat.

Mahasiswa UGM Ciptakan Panel Surya Berbasis IoT

Melihat kondisi penggunaan energi oleh manusia di era sekarang ini, di perlukan sumber energi terbarukan seperti energi matahari.

Energi matahari menjadi solusi karena tetap tersedia meskipun setiap hari di gunakan oleh masyarakat. 

Mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Startup Gepo Energy berhasil meraih juara dalam Pertamuda Seed and Scale 2022. Peraihan juara tersebut karena berhasil menciptakan solusi sumber energi terbarukan, yaitu Genting Panel Surya IoT.

Ajang ini merupakan perlombaan yang di selenggarakan oleh PT. Pertamina (Persero). Dalam ajang ini, terdapat 2.445 startup yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Keunggulan Genting Panel Surya berbasis Internet of Things yang di ciptakan oleh mahasiswa UGM ini yaitu dapat melakukan self cleaning glass. Kondisi tersebut tentunya menguntungkan bagi pengguna, karena meminimalisir biaya dan tenaga untuk melakukan pembersihan panel surya.

Selain itu, produk yang diciptakan oleh Gepo Energy ini dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Penggunaan Internet of Things pada genting panel surya ini tentunya memungkinkan pengguna untuk monitoring dan perawatan secara otomatis.

Penggunaan Internet of Things pada panel surya tersebut juga memungkinkan monitoring dan operasionalnya dapat dilakukan dari jarak jauh.

Dukungan Dosen Universitas Gadjah Mada

Seperti yang dikutip dari laman solopos.com, inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa tersebut mendapat dukungan penuh dari pihak universitas. 

Dukungan tersebut dalam bentuk pendampingan dan pelatihan yang membawa mahasiswa UGM meraih juara pada ajang Pertamuda Seed and Scale 2022.

Kepala Seksi Kewirausahaan UGM, Suprijani mengatakan bahwa “Keberhasilan para mahasiswa UGM dalam ajang kewirausahaan diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk bangsa dan tentunya memberikan inspirasi, menambah semangat untuk terus berkarya serta berwirausaha di kalangan mahasiswa”.

Manfaat Internet of Things Bagi Segala Sektor

Melihat inovasi-inovasi berbasis Internet of Things yang di ciptakan oleh pemuda-pemudi bangsa, menandakan bahwa teknologi IoT dapat di kembangkan bagi berbagai sektor.

Hal tersebut tentunya menjadi sebuah potensi untuk perkembangan teknologi di Indonesia. Sudah sepatutnya putra-putri Bangsa mendapatkan dukungan penuh untuk dapat terus mengembangkan inovasi-inovasi di bidang teknologi.

Oleh karena itu, yuk mulai pelajari Internet of Things dari sekarang juga! Dengan mempelajari Internet of Things, Anda juga bisa menciptakan berbagai inovasi di bidang teknologi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Mempelajari Internet of Things dapat di lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti pembelajaran di Indobot Academy.

Bersama Indobot Academy, Anda dapat menciptakan inovas-inovasi di bidang teknologi yang berbasis Internet of Things.

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp