Emisi Karbon Bisa Dilacak dengan ATM? Benerkan itu?

Indobot Update

Halo fanbot.. Perlu di ketahui Indonesia adalah negara penyumbang sampah ke dua se Dunia. Hal mengejutkan ini tidak patut untuk di banggakan sama sekali. Karena seperti yang kita ketahui, sampah menyebabkan banyak sekali hal negatif dari segi kesehatan, lingkungan dan pastinya menimbulkan emisi karbon. 

Dampak Sampah 

Berikut adalah dampak dampak yang di hasilkan oleh sampah :

Dampak Sampah bagi kesehatan

  • Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan yang tidak tepat dapat bercampur dengan air minum. Penyakit demam berdarah dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
  • Penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit)
  • Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang di jangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernaan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah
  • Sampah beracun; Telah di laporkan bahwa di Jepang kira-kira 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Raksa ini berasal dari sampah yang di buang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

Dampak sampah bagi lingkungan 

Polusi Laut

Tahukah kamu bahwa sampah yang terbawa ke lautan sangat membahayakan binatang yang hidup di sana. Hewan tidak memiliki alat gerak dan akal seperti manusia sehingga jika terjebak, ia tidak akan bisa melepaskan diri. Banyak hewan yang lehernya terjerat kantong plastic atau tali dan tak bisa melepaskan dirinya.

Polusi udara

disebabkan oleh limbah dalam bentuk gas. Pembakaran bahan bakar fosil seperti bensin menghasilkan banyak karbon dioksida. Penggunaan pendingin menghasilkan gas CFC, dan tumpukan sampah menghasilkan gas metana. Ketiga gas tersebut termasuk dalam gas rumah kaca. Gas tersebut membentuk lapisan di atmosfer bagaikan rumah kaca, memerangkap panas dan memantulkannya sehingga merusak lapisan ozon. Pembangkit listrik tenaga fosil, dan instrustri yang mengemisikan asap mengandung sulfur dioksida dan nitrogen dioksida ke udara. Saat kedua gas tersebut bertemu dengan air di udara, akan terjadi hujan asam. Di lansir dari Live Science, hujan asam adalah hujan dengan air yang bersifat asam karena memiliki pH yang rendah.Hujan asam dapat mengubah tanah dan air menjadi asam, membuat pertumbuhan terhambat atau mati, banyak ikan dan spesies kecil lainnya juga tidak tanah atas hujan asam. Karena sifatnya yang asam, hujan ini dapat merusak bangunan dengan cara pengikisan kimiawi.

Polusi Tanah

Di tempat pembuangan umum atau TPU, sampah akan terus menumpuk dan mencemari tanah sekitarnya. Sampah yang menumpuk di tanah mengeluarkan zat berbahaya yang membuat tidak ada tumbuhan dapat tumbuh di sekitarnya. Daerah dengan sampah yang menumpuk cenderung kotor, gersang, dan menjadi sumber penyakit.

Emisi Karbon

Sampah yang berasal dari aktivitas penduduk di perkotaan sangat besar jumlahnya dan di duga berpotensi sebagai sumber gas metana. Gas metana merupakan salah satu Gas Rumah Kaca (GRK) yang dapat menyebabkan efek rumah kaca, sebagai penyebab terjadinya pemanasan global (Global Warming). Saat ini terdapat kurang lebih 450 TPA di kota besar dengan sistem open dumping dan baru sebagian kecil yang di kembangkan menjadi controlled landfill. Potensi sampah yang dapat di hasilkan dari 45 kota besar di Indonesia mencapai 4 juta ton/tahun. Potensi gas metana yang bisa dihasilkan mencapai 11.390 ton CH4 / tahun atau setara dengan 239.199 ton CO2 / tahun, jumlah ini merupakan 64% dari total emisi sampah berasal dari 10 kota besar, antara lain : Jakarta, Surabaya, Bandung,Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Bekasi, Depok, dan Tangerang (Arie Herlambang, 2010).

Saat kita membuang makanan dan sampah taman ke dalam tempat sampah, maka sampah-sampah tersebut akan dibawa dan terkubur di tempat-tempat pembuangan sampah. Saat sampah yang berada paling bawah mengalami pembusukan, terbentuklah gas metana. Gas metana akan merusak lapisan ozon bumi karena gas metana termasuk gas-gas rumah kaca yang dapat mengakibatkan perubahan iklim (WWF, n.d.). Pembakaran sampah juga dapat menghasilkan gas rumah kaca, seperti CO2, N2O, NOx, NH3, dan karbon organik. CO2 menjadi gas utama yang dihasilkan oleh pembakaran sampah dan dihasilkan cukup lebih tinggi dibandingkan emisi gas lainnya.

Baca Juga : Indobot Platform Pembelajaran IoT Hadirkan Format Baru

ATM Sampah Pelacak Emisi Karbon

Mengerikan bukan? dampak dari sampah ini? Ternyata hanya dengan secuil sampah, berdampak pada banyak hal negatif yang merugikan diri kita sendiri, orang lain, lingkungan dan kesehatan. Dari penjelasan dampak tadi, ternyata ada loh solusi untuk permasalahan emisi karbon yang dihasilkan oleh sampah. Simak penjelasan berikut. 

PT Mountrash Avatar Indonesia mengembangkan anjungan tunai mandiri (ATM) sampah berbasis Smartbox dengan teknologi IoT (internet of things) dan AI (artificial intelligence) yang diklaim akan mempermudah dalam memonitor pergerakan emisi karbon. masalah pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik, telah menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian banyak orang di seluruh dunia. Ia mengatakan plastik adalah jenis sampah yang paling mudah di buang dan seringkali tidak mempedulikan lingkungan, dengan kontribusi 11,3 persen terhadap total sampah secara nasional. Berdasarkan data yang ada, sampah yang tidak terkelola secara nasional mencapai 22,79% atau sebanyak 4 juta ton per tahun, dengan paling banyak di hasilkan dari sisa makanan sekitar 41,3%, di ikuti oleh kayu, kertas, kain, kaca, logam, kulit dan plastik. Dengan adanya mesin ATM Sampah pendeteksi Emisi Karbon ini, dapat mengurangi dampak yang sudah di sampaikan sebelumnya. Bermanfaat sekali bukan?

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini.

Klik Link di samping untuk klaim promo : klaimpromonya

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp