Hebat, Ini Dia 3 Prestasi anak bangsa dibidang Teknologi

Indobot Update

hebat-ini-dia-3-prestasi-anak-bangsa-dibidang-teknologi

Indonesia adalah negara berkembang dengan potensi kemajuan teknologi yang tak terbatas.  Anak bangsa memiliki peran yang signifikan dalam memajukan kemampuan teknologi bangsa.  Mereka adalah masa depan Indonesia dan harus belajar menggunakan teknologi yang tersedia untuk keuntungan mereka.  Teknologi telah memberikan banyak kebebasan kepada anak-anak, sehingga mereka harus belajar menggunakannya secara bertanggung jawab.

Pendidikan anak dalam keterampilan teknologi telah di wajibkan sejak tahun 2009 dengan diperkenalkannya Cetak Biru Pendidikan Nasional (Program Nasional Pendidikanan).  Anak-anak dari kelas satu sampai enam di ajarkan tentang komputer dan cara menggunakannya.  Hal ini di lakukan untuk mengembangkan keterampilan yang akan bermanfaat bagi negara di masa depan.  Guru mengajarkan nilai-nilai dan peraturan nasional di samping menggunakan komputer, dan ini adalah cara yang bagus untuk menanamkan karakter yang baik pada generasi muda.  Selain itu, ini mengajarkan anak-anak untuk memahami cara kerja komputer dan memberi mereka pemahaman tentang bahasa pemrograman.  Hal ini memastikan bahwa mereka dapat berhasil memasuki bidang ilmu komputer setelah mereka lulus dari sekolah.

Bidang lain yang di unggulkan anak-anak adalah inovasi teknologi.  Teknologi memainkan peran penting dalam perbankan, komunikasi, dan banyak bidang lainnya.  Aplikasi telepon pintar membuat hidup lebih mudah;  dokter menggunakan telepon pintar untuk mengakses database medis;  dan pebisnis menggunakan aplikasi seluler untuk menjalankan bisnis mereka secara efisien.  Anak-anak mengembangkan aplikasi baru berkat akses mereka ke teknologi.  Mereka dipersiapkan dengan baik untuk karir dalam pengembangan aplikasi setelah mereka menyelesaikan sekolah.  Berikut contoh contoh generasi penerus yang bisa jadi panutan kita.

3 Prestasi Anak Bangsa

1. Anak Bangsa Berhasil Lolos Sertifikasi Internasional NIST

Pada tahun ini, Digidata sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang eKYC dan verifikasi data biometrik dan non-biometrik terus menorehkan pencapaian cemerlang. Kali ini, teknologi perusahaan yang di kelola oleh anak bangsa ini berhasil lolos sertifikasi internasional dari NIST untuk kategori FRVT Quality Summarization and Analysis. Sertifikasi ini makin melengkapi beberapa daftar prestasi yang sudah di raih Digidata, terutama di bidang teknologi biometrik yang di buat 100% oleh anak bangsa. Kategori ini mempertimbangkan algoritma penilaian melalui kualitas gambar wajah. Dalam kategori ini, kemungkinan gambar dengan kualitas buruk tidak dapat melewati proses verifikasi sehingga tidak menjadi hambatan pada proses dan hasil verifikasi dengan sistem biometrik wajah.

Yogi Liman, selaku Chief Information Officer Digidata mengatakan bahwa setiap teknologi yang meraih sertifikasi pada kategori ini melalui pengujian yang kompleks dalam memprediksi kegagalan pengenalan gambar. NIST mengevaluasi 33 algoritma verifikasi wajah yang akurat, pada ambang batas False Non-Match Rate (FNMR) di bawah 1 persen.

2. Juara Umum Kejuaraan Dunia eSports IESF

Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang Kejuaraan Dunia eSports IESF ke -14 yang di gelar di Bali. Atlet tanah air berhasil meraih 3 medali emas dan 1 medali perunggu.Medali emas berhasil di dapatkan dari Dota 2, eFootball dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Sedangkan medali perunggu berasal dari nomor CS: Go Women. Indonesia menumbangkan tim Filipina pada nomor Dota 2 dengan skor 3-2. Tim Indonesia di isi oleh Randy “Dreamocel” Muhammad Sapoetra, Rafli “Mikoto” Fathurrahman, Syaid “Womy” Muhammad Resky, Tri “Jhocam” Kuncoro, Matthew “Whitemon” Filemon, dan Brizio “Hyde” Adiputra Budiana. Mikoto juga berhasil mendapatkan gelar MVP. Pada nomor eFootball, Ega Cahya Putra dari Indonesia berhasil mengalahkan atlet Argentina. Tim Indonesia yang membawa pulang medali perunggu pada CS: Go Women terdiri atas Dhamma Mitta Marvella, Aulia Brilian Putri HAC, July Kusuma, Risalma Agnia, dan Daltha Amelia Dwiguna.

3. Berhasil Kembangkan Perusahaan Hingga Tembus Pasar ASEAN

Usia muda kini bukan lagi menjadi penghalang untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis. Bahkan, anak muda Indonesia sudah seharusnya mulai mengembangkan inovasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia terutama di bidang IT dan software developer. 

Salah satu pemuda Yogyakarta yang berhasil mengembangkan perusahaan hingga menembus pasar ASEAN. Adalah Abdul Latif Ikhlashul Mukmin, seseorang di balik berdirinya perusahaan Coding Collective. Abdul Latif menjadi CTO Coding Collective berhasil menginspirasi anak muda Indonesia khususnya Yogyakarta karena mampu mengembangkan perusahaan. Berdirinya Coding Collective di inisiasi dua orang, salah satunya Abdul. Dengan segala kegigihan, ia bersama rekan mengembangkan Coding Collective sampai ke pasar ASEAN. 

“Coding Collective itu berdiri dari keresahan saya, ketika beberapa tahun lalu untuk mengerjakan sebuah project harus menggunakan tenaga dari Myanmar. Padahal, teman-teman di Indonesia sangat mampu. Akhirnya saya berpikir, mengapa tidak saya menggerakkan teman-teman yang punya potensi,” ungkapnya

Masalah yang di hadapi Abdul saat itu di tangkap sebagai peluang bagi developer Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan bakatnya sebagai developer. Jika di lihat dari bagaimana developer Indonesia berkarya, tidak sedikit orang yang minim fasilitas sehingga karyanya terkesan di pandang sebelah mata. 

Dalam bekerja, perusahaan asal Yogyakarta ini menerapkan standarisasi internasional sehingga beberapa negara masuk seperti Singapura, Dubai, Korea, Filipina, Amerika Serikat, Myanmar dan Taiwan. Di sisi lain, Coding Collective membantu membangun talenta yang kompeten di setiap fokus bidangnya dengan mendirikan Home Base perusahaan di Indonesia. “Kami ingin membuktikan bahwa talent IT Indonesia mampu bersaing di level internasional. Ketika mendapat ruang dan fasilitas, kita bisa mengembangkan kemampuan sehingga mampu bersaing secara internasional,” pungkas dia

Anak-anak memiliki banyak potensi dalam hal inovasi teknologi – lihat saja keadaan teknologi saat ini!  Pemuda bangsa di bekali dengan keterampilan yang di perlukan untuk kemajuan teknologi berkat pendidikan wajib di Anak-anak mengembangkan keterampilan dalam ilmu komputer dan teknik di tingkat dasar.  Ide-ide ini perlu di wariskan kepada generasi mendatang agar mereka dapat terus membangun apa yang telah di mulai oleh generasi sebelumnya.  Teknologi telah memberi kita banyak hal;  sekarang terserah kita sebagai orang dewasa untuk mengembalikannya!

Bootcamp IoT Siap Kerja Untuk Fresh Graduate

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp