Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu

Indobot Update

Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu
Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu

 

Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu
Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu

Asia saat ini sedang terpanggang nih Fanbot, hal itu juga berdampak ke Indonesia nih! Cuaca panas yang terjadi ternyata tidak semata-mata datang begitu saja. Ternyata, cuaca panas ini juga disebabkan oleh 5 hal berikut ini. Sebelumnya, suhu panas ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi seluruh Asia tenggara yang juga merasakannya. Menurut BMKG, ada 5 hal yang menjadi penyebab cuaca panas ini lho Fanbot. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak. 

[lwptoc]

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan ada 5 (lima) penyebab utama terjadinya suhu panas di Indonesia sepekan terakhir.

Disampaikan oleh Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG Ardhasena Sopaheluwakan memperkirakan suhu panas akan mencapai 36-37 derajat. Suhu tersebut adalah suhu yang cukup panas bagi Tanah Air yang pada umumnya hanya mencapai 33-34 derajat. 

5 Penyebab Suhu Panas Asia Tenggara

Kendati cukup tinggi, namun ternyata suhu di Indonesia tak akan mencapai gelombang panas seperti yang terjadi di Bangladesh yang mencapai hingga 51,2 derajat, India atau Thailand 44,6 derajat.

Berikut adalah penyebab suhu dan cuaca panas yang melanda Asia Tenggara:

  1. Dinamika atmosfer yang tidak biasa hampir di seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia.
  2. Gerakan semu matahari yang menambah lonjakan panas dari sebelumnya.
  3. Tren pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga banyak negara lain
  4. Indonesia memasuki musim kemarau. Di mana BMKG memprediksi musim kemarau bakal terjadi pada kisaran April sampai September 2023.
  5. Karena intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

Baca Juga : Menampilkan nilai sensor suhu DS18B20 pada LCD I2C 16×2

Prediksi BMKG Terkait Suhu Panas

Sebelumnya, BMKG mencatat pada 17 April 2023 wilayah Indonesia yang mengalami suhu tertinggi adalah Ciputat, Tangerang Selatan yang mencapai 37,2 derajat.

Untuk mempersiapkan dampak dari gelombang panas yang terjadi ini, kamu bisa menyiapkan diri dengan menggunakan sunblock atau sunscreen dengan SPV yang sesuai dan kamu butuhkan.

Berikutnya, jaga dan pilih makanan serta minuman yang akan dikonsumsi agar tidak menjadi penyebab kamu terserang penyakit di musim kemarau ini. 

Baca Juga : Membaca Suhu Ruangan dengan Sensor Suhu DHT22

Penggunaan Sensor Suhu

Selain itu, untuk memantau bagaimana suhu berubah, kamu juga bisa menggunakan teknologi sensor suhu untuk mentedeksi suhu yang terjadi pada hari itu. 

Baca Juga : Jenis Sensor Suhu dan Cara Membacanya dengan Arduino

Stay safe ya Fanbot! Itu dia informasi tentang cuaca dan suhu yang akan terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya Fanbot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp