Industri Sawit Mulai Terapkan IoT untuk Tingkatkan Efisiensi

Indobot Update

Halo Fanbot ! Ada project apa nih sekarang? Hari ini minbot akan berbagi pengetahuan tentang Industri Kelapa Sawit yang sudah menerapkan Internet of Things untuk efisiensi produksi dan mendukung pengembangan industri  jangka panjang. 

Wishnu Wardhana, Direktur PT Teladan Prima Agro (TPA), berbagi visi tentang bagaimana perusahaan kelapa sawit yang bertanggung jawab dapat secara berkelanjutan meningkatkan efisiensi produksi dan mendukung pengembangan industri  jangka panjang. Wishnu memaparkan  TPA Initiative yang mengimplementasikan Internet of Things (IoT) sebagai sebuah inovasi untuk mengelola operasional usahanya di Kalimantan Timur.

Di lansir dari Bisnis.com Wisnu Wardana mengatakan “Kami juga mulai menerapkan pendekatan inovatif berupa precision agriculture pada konsesi TPA. Inisiatif ini memungkinkan TPA untuk mengeksplorasi langkah efisiensi lebih lanjut dalam proses produksi, sekaligus mengurangi beban kegiatan usaha terhadap lingkungan,” pada Sabtu (22/1/2022).

Contoh penerapan precision agriculture terletak pada penggunaan pupuk, yang merupakan faktor utama untuk mencapai hasil produksi yang lebih tinggi adalah untuk menugaskan para manajer yang mengumpulkan dan melacak informasi rinci tentang kondisi tanah, tidak berdasarkan pada ukuran per blok atau per hektar tetapi hingga ke titik pohon per pohon kelapa sawit di perkebunan. Selanjutnya, drone yang menggunakan sistem informasi geografis  information system (GIS) dan navigasi satelit akan memberikan informasi yang akurat tentang jenis dan jumlah pupuk yang di butuhkan untuk setiap pohon. 

Selain itu, teknologi ini juga dapat mengidentifikasi penyakit dan tingkat kesuburan untuk setiap tanaman, memprediksi cuaca. Menentukan tingkat air  tanah, dan secara teratur memprediksi produksi kebun. Hal itu memberikan manfaat lingkungan dan memberikan TPA kemampuan untuk bisa mengoptimalkan produksi yang berkelanjutan. 

Proses identifikasi dan monitoring ini sering di katakan sebagai remote sensing. Atau kemampuan untuk mengetahui karakteristik fisik area menggunakan refleksi dan radiasi yang di pancarkan dari jarak jauh.

TPA mulai beroperasi pada tahun 2004 dan menerapkan teknologi tersebut untuk operasional usaha pengolahan perkebunan dan tanaman kelapa sawit. Di lansir dari INDUSTRI.co.id “Banyak industri seperti perbankan, layanan kesehatan dan transportasi telah mengalami disrupsi dan secara keseluruhan mereka kemudian bertransformasi melalui teknologi digital. Kami juga mulai menerapkan pendekatan inovatif berupa `precision agriculture` pada konsesi TPA. Inisiatif ini memungkinkan TPA untuk mengeksplorasi langkah efisiensi lebih lanjut dalam proses produksi kami sekaligus mengurangi beban kegiatan usaha kami terhadap lingkungan. Ujar Wisnu Wardana yang telah berpengalaman dalam industri kelapa sawit sejak tahun 2004.

Pendekatan lanjutan ini di bangun berdasarkan data besar dan algoritma yang menyediakan. Aliran informasi waktu nyata terperinci yang dapat di akses oleh manajer. Tim operasi TPA memiliki pengalaman puluhan tahun di Kalimantan Timur. Di mana seluruh konsesi TPA ada, dan dapat menginterpretasikan data untuk menarik kesimpulan yang tepat dan membuat keputusan bisnis yang efektif. 

Salah satu prinsip manajemen bisnis yang di kenal luas adalah bahwa “apa yang dapat di ukur secara akurat, dapat di kelola dengan baik.” Wishnu sangat menghargai nilai setiap data yang ada dan sekarang TPA memiliki teknologi. Serta peralatan yang tepat guna untuk mengumpulkan, memproses. Dan menganalisis seluruh data dari lapangan, pabrik, dan lingkungan masyarakat sekitar pada tingkat dan dalam skala yang belum pernah di gunakan sebelumnya. 

Sesuai makna yang terkandung dalam namanya. Teladan Prima Agro senantiasa berusaha menanamkan nilai-nilai `keteladanan` dalam menjalankan semua aksi usahanya. Baik melalui peningkatan cara-cara yang sudah di gunakan industri selama ini maupun melalui penerapan metode yang lebih modern. Di lansir dari INDUSTRI.co.id Wisnu Wardhana mengatakan  “Kami bangga dan senantiasa terpacu untuk menegakkan filosofi. Dan prinsip keteladanan kami ke dalam tindakan nyata aksi usaha kami. Setiap menyebut nama Teladan Prima Agro, kami di ingatkan mengenai siapa kami dan nilai-nilai apa yang kami junjung tinggi,” 

Komitmen mendalam Perusahaan terhadap prinsip keberlanjutan dalam penggunaan lahan dan sumber daya alam secara bertanggung jawab mendapatkan pengakuan di forum Konferensi Perubahan Iklim PBB (UNCCC) di Glasgow, Skotlandia. Pada pertemuan COP pada 26 Desember 2021. Gubernur Kalimantan Timur dan Bupati Berau memberikan presentasi tentang pengoperasian PT Tanjung Buyupelkasa Plantation. Anak perusahaan TPA yang telah  bekerja sama dengan pemerintah selama bertahun-tahun. Best Practices-Terapkan nilai konservasi tinggi atau pengelolaan lahan bernilai konservasi tinggi. Semua properti TPA, seperti praktik keberlanjutan dasar lainnya, tidak menerapkan praktik pembakaran. 

TPA  menjadikan kepekaan  lingkungan dan sosial sebagai bagian integral dari semua proses kerja dan keputusan dalam menjalankan bisnis. Fokus TPA dalam membangun industri kelapa sawit yang berkualitas  dan berkelanjutan di tuangkan dalam 11 poin kebijakan kelapa sawit berkelanjutan. Kebijakan ini di dasarkan pada misi inti perusahaan untuk membangun agribisnis yang di dedikasikan untuk kelestarian lingkungan. Kami menyediakan produk dengan kualitas terbaik. Kami memberikan nilai tertinggi kepada seluruh pemangku kepentingan melalui inovasi.

Buat Fanbot yang ingin belajar Internet of Things, Indobot telah kembali membuka program beasiswa bagi talenta digital bersama Kominfo RI dalam Digital Talent Scholarship Professional Academy (DTS PROA) batch 3 dengan judul pelatihan “Internet of Things (IoT) Fast Track”. Pelatihan IoT tersebut menyediakan modul berbahasa Indonesia dengan kurikulum mulai dari dasar elektronika, Arduino, hingga IoT berbasis proyek (simulasi) yang disusun oleh tim Indobot Academy.

Yuk segera daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi Beasiswa IoT DTS PROA Batch 3! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp