Ini Daftar Pekerjaan Manusia yang Segera Tergantikan AI

Indobot Academy

Ini Daftar Pekerjaan Manusia yang Segera Tergantikan AI
Ini Daftar Pekerjaan Manusia yang Segera Tergantikan AI

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Sudah ada banyak hal di dunia ini yang memanfaatkan teknologi AI. Memang benar halnya jika kemajuan ini sangat pesat dan memberikan banyak kemudahan. Karena itu juga, teknologi yang satu ini terus dikembangkan sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat lagi. Sayangnya, AI ini juga memberikan dampak lainnya, sampai ada banyak pekerjaan manusia yang segera tergantikan AI.

Hal seperti ini pastinya mungkin untuk terjadi, karena kemajuan dari kecerdasan buatan dimanfaatkan oleh semua orang. Dengan begitu besar kemungkinan kalau pekerjaan manusia akan diganti dengan robot. 

Apalagi, pekerjaan yang dilakukan oleh AI ini jauh lebih baik dan akurat. Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang mungkin di ganti? Yuk, cek lebih jelas di sini!  

6 Pekerjaan Manusia yang Segera Diganti AI 

Ada beberapa pekerjaan yang pastinya akan di gantikan oleh AI ke depannya. Bahkan, beberapa negara sudah mulai menggunakan robot untuk menggantikan tenaga manusia. Karena itu, banyak orang yang sekarang sedang mencari pekerjaan yang tidak dapat di gantikan. Misalnya, dokter atau orang dalam dunia teknologi. Ini beberapa pekerjaan yang akan digantikan oleh AI. 

  • Layanan pelanggan 

Salah satu pekerjaan yang paling mungkin untuk di gantikan adalah layanan pelanggan. Sudah mulai berkurang halnya penggunaan customer service dalam berbagai macam hal. Ada banyak layanan pelanggan secara umum yang dapat diatasi dengan menggunakan AI. Selain itu, prosesnya juga jauh lebih cepat karena hanya perlu menekan menu tertentu. Contohnya adalah penggunaan bot. 

  • Pekerjaan manusia yang segera diganti AI: Resepsionis 

Sekarang ini, sudah jarang halnya orang melakukan pemesanan secara langsung di hotel. Hal ini justru di anggap membuang waktu dan tidak terasa nyaman. Sudah ada berbagai macam aplikasi dan juga website yang dapat di gunakan untuk pemesanan tiket. Banyak hotel yang sudah mengurangi penggunaan resepsionis. Hal ini di karenakan semua proses dapat di lakukan dari ponsel. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

  • Editor atau pengoreksi 

Pekerjaan manusia yang segera tergantikan AI lainnya adalah pengoreksi. Jelas halnya kalau AI jauh lebih maju dan akurat dalam memeriksa data. Berbagai macam aplikasi proofreading sudah tersedia dan dapat di gunakan dengan mudah. Bahkan, pendeteksian kesalahan dalam tata bahasa hingga konstruksi kalimat juga dapat di temukan dengan menggunakan aplikasi atau website saja. 

  • Manufaktur dan farmasi 

Pekerjaan ini juga mempunyai resiko yang sangat besar akan di gantikan. Sudah ada berbagai macam robot yang di gunakan dalam melakukan penelitian. Dapat di katakan kalau proses produksi juga menggunakan robot karena lebih efisien. Sementara itu, laboratorium farmasi lebih banyak memakai robot untuk meminimalisir resiko terjadi kesalahan atau kerusakan. 

  • Kasir 

Jika Anda perhatikan dengan baik, ada berbagai macam sistem yang mulai bergerak sehingga menggantikan posisi kasir. Semua pembelian dapat di lakukan dengan cara self service.  Beberapa negara juga menciptakan pembelian makanan dengan menggunakan komputer. Anda dapat memilih sendiri dan tunggu hingga produk selesai. Bayar menggunakan aplikasi dan selesaikan sendiri. 

  • Petugas keamanan 

Kecerdasan buatan ini bahkan dapat menggantikan posisi petugas keamanan. Ada banyak robot pengamanan yang lengkap dengan kamera pengintai serta sensor sensitif. Dengan begitu, penjahat dapat di tangkap dengan mudah dan sudah mempunyai bukti jelas. 

Demikian beberapa pekerjaan manusia yang segera tergantikan AIWalaupun begitu, ada kemungkinan bahwa tidak semuanya akan di ganti secara penuh. Pastinya, masih terdapat beberapa pekerja yang juga merupakan manusia dalam suatu bidang tertentu.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp