Internet of Things Menjadi Peluang Bagi Anak Bangsa

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/s8JOKMUiyo4?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi semakin beragam pula. Banyak aktivitas yang dulunya secara manual, kini dapat terbantu dengan adanya teknologi. Perubahan tersebut seringkali kita sebut digitalisasi. Ringkasnya, digitalisasi merupakan perubahan yang terjadi pada teknologi konvensional menjadi teknologi digital.

Peluang Pertumbuhan Ekonomi Berkat Digitalisasi

Penggunaan perangkat-perangkat produksi berbasis digital atau bisa dikatakan sebagai digitalisasi tersebut, dapat membuka peluang untuk reorientasi pertumbuhan di berbagai sektor. Mulai dari sektor perindustrian, pertanian, perikanan, real estate, dan perkotaan.

Menurut Bapak Ismail selaku Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo yang dikutip dari laman liputan6.com, beliau mengatakan bahwa “Peran konektivitas data berbasis internet kecepatan tinggi telah banyak mengubah cara berbisnis para pelaku usaha, termasuk sektoer perindustrian”.

Perubahan cara tersebut dapat berdampak positif melalui penggunaan teknologi Internet of Things, Artificial Intelligence, Big Data Analytics, dan berbagai teknologi canggih lainnya.

Potensi Internet of Things Karya Anak Bangsa

Tingginya potensi talenta digital Indonesia seperti Internet of Things sebagai teknologi yang dapat kita terapkan dalam berbagai bidang, membuat anak bangsa menjadi semakin mendominasi dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Terlebih lagi, banyak permasalahan yang timbul di Indonesia termasuk unik dan beragam, sehingga diharapkan dapat mendorong motivasi anak-anak bangsa untuk menciptakan berbagai teknologi berbasis Internet of Things yang dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

Mengingat tingginya potensi talenta digital di Indonesia, diselenggarakan acara untuk mewadahinya. Seperti “IoT Creation”  pada tahun 2022 ini terbagi menjadi beberapa kegiatan utama. Yaitu seminar, Hands On Workshop IoT Creation, serta Smart Solutions Hunts Competition.

Para talenta-talenta digital yang mengikuti kegiatan tersebut berkesempatan untuk melakukan mentoring dengan profesional di bidang Internet of Things.

Berbagai inovasi tercipta dalam kegiatan IoT Creation tahun ini, seperti Agritronz yang merupakan platform Internet of Things pada bidang hortikultura yang mengaplikasikan platform sumber energi terbarukan dengan Internet of Things. Agritronz melalui inovasinya, berhasil menjadi juara pada kategori Smart Solution Hunts.

Inovasi lain dalam gelaran IoT Creation ini adalah solusi E-Kamling dari NSC Tech yang merupakan sistem keamanan lingkungan berbasis Internet of Things. E-Kamling tersebut dengan inovasinya berhasil menjadi juara pada kategori Hands On Workshop.

Hadirnya gelaran IoT Creation tersebut. Membuka mata bahwa terdapat banyak talenta digital khususnya bidang Internet of Things di Indonesia yang mampu menciptakan berbagai inovasi teknologi.

Harapannya, dengan talenta-talenta IoT, dapat membantu bangsa Indonesia dalam menghadapi transformasi digital di bidang Internet of Things.

Kamu ingin menjadi seperti mereka yang memiliki talenta di bidang Internet of Things? Yuk bergabung dengan Indobot Academy. Apabila kamu tidak memiliki background teknik. Indobot Academy menyediakan materi untuk semua kalangan masyarakat, sehingga materinya dapat dengan mudah untuk dipahami. 

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp