Internet of Things Mulai Diaplikasikan di Dunia Otomotif

Indobot Update

Internet of Things Mulai Diaplikasikan di Dunia Otomotif
Internet of Things Mulai Diaplikasikan di Dunia Otomotif

[lwptoc]

Teknologi semakin tak terbatas kedepannya. Apalagi teknologi pada bidang otomotif yang sudah masuk ranah Internet of Things (IoT). Saat ini produksi mobil seluruh dunia sudah banyak yang bisa terhubung langsung dengan smartphone atau oleh sistem operasi lainnya. Tujuannya untuk memberikan kemudahan dalam perjalanan sehari-hari seperti mengetahui jarak estimasi waktu perjalanan dan arah jalan yang harus berjalan. Bahkan ada yang memiliki kemampuan pengenalan suara dan isyarat serta pengaturan fitur kendaraan yang jauh lebih canggih dan lebih professional daripada sebelumnya.

Seperti pada film fiksi ilmiah, mobil bisa dikendalikan dan dipantau melalui smartphone. Ini tidak lepas dari IoT. Kebutuhan untuk melakukan komunikasi sangat penting dan akan membuat adanya interkonektivitas antar kendaraan. Ketika mobil berubah menjadi sebuah entitas yang pintar, maka mobil berubah menjadi bagian penting dari kota yang pintar.

Banyak merek otomotif yang mengadopsi IoT seperti Wooling Motors, BMW, hingga MG. Bahkan merek MG  telah mengembangkan fitur berbasis IoT berupa sistem bantuan pengemudi MG Pilot ADAS dan sistem konektivitas i-SMART baru dengan layar sentuh 19,4 inci. Sekaligus berhasil menghadirkan konektivitas 5G pada kabin mereka. Tentunya penumpang dapat lebih mudah mengakses layanan game untuk berbagai aktivitas dan koneksi internet lainnya.

Apa aja sih penerapan IoT dalam Bidang Otomotif?

Internet of Things Mulai Diaplikasikan di Dunia Otomotif
Sumber : Canva

Melakukan pemeliharaan prediktif untuk perbaikan mobil

Memonitoring status parameter dalam mobil secara real time. Dengan sistem ini, data yang sudah terinput, onboard memberitahu pemudi kapan memberlakukan layanan sehingga sewaktu-waktu berguna untuk hal ini bisa berjalan dengan baik dan fleksibilitas yang sangat tinggi.

Sistem Integrasi Mobil dan Smartphone

Semua produsen dapat mengontrol kendaraan mereka, yang terhubung secara langsung dan real time melalui ponsel atau smartphone mereka, semua pada jaringan yang sama dan pada tangan yang sama, dan tersedia untuk proses transfer data.

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Pemantauan Kondisi Pengemudi

Mengumpulkan semua data agar sistem bisa memprediksikan Tindakan pengemudi untuk memberikan perlindungan tambahan saat mengemudi. Yang terdapat pada mobil bisa mengumpulkan informasi tentang gaya pengemudi dan sikap yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan tersebut

Smart Infrastruktur untuk Pengemudi

Melakukan pencegahannya terkait lalu lintas, penerapan penerangan jalan, stasiun pengisian jaringan untuk kendaraan listrik manajemen energi yang tepat, dan manajemen parkir yang cerdas. Termasuk kombinasi Smart infrastruktur yang sudah mulai berkembang hingga saat ini. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan dana. Hal ini bisa melihat dengan banyaknya fasilitas infrastruktur yang terbuat namun dengan dana yang relatif cukup efisien.

Kendaraan Tanpa Awak

Dunia otomotif dan transportasi selama beberapa tahun terakhir heboh dengan adanya kendaraan yang dapat berjalan tanpa awak. Pemilik atau pengguna kendaraan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa perlu menyetir sendiri maupun menggunakan tenaga manusia lain untuk menyopir. Sistem yang perlu tercipta untuk implementasi ini sangat kompleks, tetapi nyatanya para ilmuwan dan pihak terkait dapat mewujudkannya.

Internet of Things merupakan konsep teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi data antarperangkat tanpa adanya campur tangan manusia dalam pengoperasiannya. Melalui teknologi ini, kinerja manusia pun dapat lebih terbantu sekaligus tetap tercapai sisi efektivitas dan efisiensinya.

Kecanggihan Mengadopsi IoT

Contoh penggunaan teknologi IoT pada MG HS i-SMART, bepergian dengan meninggalkan mobil dirumah untuk waktu yang cukup lama. Sehingga bukan lagi menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan karena para pengguna tetap dapat memeriksa dan memelihara kondisi kendaraan mereka. Dengan begitu, kondisinya tetap aman di rumah. Melalui fungsi Smart Check, para pengguna dapat mengandalkan aplikasi MG i-SMART untuk mengecek fitur-fitur esensial pada mobil, hingga menyalakan atau mematikan mesin dan AC mobil dari jarak jauh. Dengan teknologi IoT, konsumen tetap dapat memeriksa dan menjaga status kendaraan mereka, menjaganya tetap aman di rumah.

Untuk menjaga keamanan kendaraan di rumah, pengguna dapat mengaktifkan fungsi Geofence. Berfungsi untuk membatasi jarak pergerakan ponsel dan mengeluarkan peringatan melalui aplikasi saat ponsel telah melampaui batas radius yang ditentukan. Semua orang mendapatkannya berkat teknologi ahli dari bazar IoT.

Fitur lain dari penggunaan teknologi bazaar IoT adalah Smart Connect. Pengguna dapat mengakses lagu online langsung dari layar infotainment ponsel mereka, membuat berkendara semakin menyenangkan. Selain itu, Smart Connect juga memungkinkan pengguna untuk mencari tempat-tempat penting yang ingin mereka kunjungi. Seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit, serta melihat kondisi jalan dan informasi cuaca secara real-time, sehingga mereka tidak perlu melakukannya melalui ‘a ponsel pintar. ketika mengemudi.

Oleh karena itu, teknologi IoT juga berkontribusi untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman. Salah satu aspek terpenting dari integrasi teknologi IoT adalah memungkinkan pengguna i-SMART HS untuk memperbarui firmware mereka melalui koneksi Internet menggunakan Firmware Over the Air (FOTA).

 

Buat mahasiswa minimal semester 5 yang ingin belajar Internet of Things, Kampus Merdeka dan Indobot telah kembali membuka program Studi Independent “Internet of Things (IoT) Engineer Camp”. Program ini diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik soft skill dan hard skill di bidang IoT. Pastikan kamu ikut dan terdaftar di pddikti.kemdikbud.go.id untuk ikut kelasnya.

Buruan segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi Studi Independent Internet of Things (IoT) Engineer Camp! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya…

Internet of Things (IoT) Engineer of Camp
Internet of Things (IoT) Engineer of Camp

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp