Internet of Things sebagai Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Indobot Academy

Hari ini Indonesia sedang mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0. Pemerintah, industri, perguruan tinggi dan semua elemen masyarakat sedang di biasakan dengan teknologi-teknologi baru yang akan mendukung revolusi industri 4.0, ya bisa melihat dengan adanya Covid-19 dan era new normal ini

 

Di era revolusi 4.0, Indonesia dituntut untuk mampu menganalisis data untuk dan berkemampuan mengelola aplikasi berbasis internet, seperti Internet of Things (IoT) untuk manfaat di masa depan. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang “Apa itu Arduino dan IoT? Apakah Sama?”. Internet of Things merupakan sebuah konsep teknologi yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi dari manusia ke perangkat komputer. 

Nah apakah Indonesia siap? Dilihat dari trend saat ini, banyak anak muda yang mulai tertarik di bidang Internet of Things dan juga big data analytics, dan hal ini jelas akan di perlukan di masa depan. Intinya kita semua harus fokus dengan tujuan besar Indonesia untuk mengambil peluang dan tantangan di Era Revolusi Industri 4.0.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Peluang

Baca juga : Solusi Susah Mendapat Tempat Parkir

Lalu apa peluangnya? Jelas, optimalisasi proses. Dengan bantuan internet of things, data yang masuk akan lebih banyak dan akan berakibat kepada proses yang lebih efisien. apakah bisa menerapkan hal ini untuk segala segala sektor? Tidak hanya industri, mungkin juga di pemerintahan, tata kelola kota, pendidikan dan sektor lainnya.

Jika ada peluang, pasti akan ada tantangan. Implementasi teknologi internet of things, akan memunculkan berbagai tantangan, seperti keamanan data serta privasi dan etika, kemungkinan peran robot akan lebih besar dari pada manusia dan juga mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengimplementasikannya.

Internet of Things merupakan sebuah senjata yang harus kita gunakan secara bijaksana. Karena revolusi industri 4.0 tidak akan mungkin terjadi jika internet of things tidak kita implementasikan. Jadi sudah siap untuk belajar internet of things mulai hari ini? Belajar bersama Indobot Academy dengan cara klik DAFTAR pada tombol di bawah!

 

 

 

Referensi : bakrie.ac.id, stei.itb.ac.id, medium.com dan researchgate.net

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp