Jenis Standar Military Grade Perangkat Elektronik

Indobot Academy

standar perangkat elektronik military grade
standar perangkat elektronik military grade

Teknologi perangkat elektronik umumnya memiliki standar commercial grade, namun perangkat ini tentu tidak cocok untuk lingkungan militer. Standar military grade adalah standar yang di terapkan untuk perangkat elektronik di dunia kemiliteran.

Dalam konteks teknologi militer, perangkat elektronik yang di gunakan dalam sistem pertahanan dan operasi militer di hadapkan pada tantangan lingkungan yang keras dan kebutuhan ketahanan yang tinggi. Untuk memenuhi persyaratan ini, standar military grade telah di kembangkan sebagai pedoman dalam desain, produksi, dan pengujian perangkat elektronik yang di gunakan dalam aplikasi militer.

Standar ini bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat elektronik dapat beroperasi secara andal dan tahan lama dalam berbagai kondisi lingkungan yang ekstrem.

Standar military grade

Berikut adalah beberapa standar military grade yang penting dalam industri elektronik militer:

MIL-STD-810

Standar MIL-STD-810 adalah serangkaian metode pengujian lingkungan yang di kembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD). Standar ini mencakup berbagai kondisi lingkungan yang keras seperti suhu ekstrem, kelembaban, getaran, benturan, radiasi, dan kebisingan. Pengujian ini membantu memastikan bahwa perangkat elektronik memenuhi persyaratan ketahanan dan dapat bertahan dalam lingkungan operasional militer.

Beberapa pabrikan laptop seperti ASUS, MSI dan Acer juga memiliki beberapa produk yang menggunakan spesifikasi MIL-STD-810 ini.

MIL-STD-461

Standar MIL-STD-461 berkaitan dengan elektromagnetik dan kompatibilitas elektromagnetik (EMC). Standar ini menetapkan persyaratan untuk mengurangi gangguan elektromagnetik yang di hasilkan oleh perangkat elektronik dan memastikan bahwa perangkat elektronik dapat beroperasi secara andal dalam lingkungan dengan gangguan elektromagnetik eksternal.

MIL-STD-704

Standar MIL-STD-704 mengatur persyaratan daya listrik untuk perangkat elektronik yang di gunakan dalam pesawat militer. Standar ini mencakup persyaratan tegangan, frekuensi, dan ketahanan terhadap gangguan daya, dan memastikan bahwa perangkat elektronik dapat beroperasi dengan stabil dalam sistem daya pesawat.

Baca Juga Teknologi Teleskop James Webb

MIL-STD-1275

Standar MIL-STD-1275 berkaitan dengan persyaratan daya listrik untuk perangkat elektronik yang di gunakan dalam kendaraan militer. Standar ini mencakup persyaratan tegangan, frekuensi, dan ketahanan terhadap gangguan daya yang di hasilkan oleh sistem daya kendaraan. Tujuannya adalah untuk memastikan perangkat elektronik tetap beroperasi dengan benar dan terlindungi dari gangguan listrik selama penggunaan di lapangan.

MIL-STD-461G

standar elektronik military grade
tentara sedang mengggunakan perangkat elektronik

Versi terbaru dari MIL-STD-461, standar ini mencakup persyaratan untuk gangguan elektromagnetik yang di hasilkan oleh perangkat elektronik dan toleransi perangkat elektronik terhadap gangguan elektromagnetik eksternal. Standar ini di perbarui secara berkala untuk mengakomodasi perkembangan teknologi dan menghadapi tantangan baru dalam kompatibilitas elektromagnetik.

MIL-STD-1553

perangkat gadget elektronik berstandar military grade
perangkat gadget elektronik berstandar military grade

Standar MIL-STD-1553 mengatur protokol komunikasi data serial yang di gunakan dalam sistem elektronik militer. Standar ini menetapkan persyaratan untuk pengiriman data, kontrol kesalahan, keamanan, dan keandalan komunikasi dalam sistem militer.

MIL-PRF-38534

Standar MIL-PRF-38534 berkaitan dengan produksi dan pengujian perangkat semikonduktor diskrit yang di gunakan dalam sistem militer. Standar ini mencakup persyaratan kualitas, desain, produksi, dan pengujian untuk memastikan keandalan dan konsistensi perangkat semikonduktor.

MIL-PRF-19500

Standar MIL-PRF-19500 merinci persyaratan kualifikasi dan produksi mikroelektronika diskrit yang di gunakan dalam sistem elektronik militer. Standar ini mencakup persyaratan untuk karakteristik fisik, elektrik, termal, dan mekanis dari mikroelektronika.

MIL-PRF-24635

Standar MIL-PRF-24635 mengatur cat pelindung dan lapisan pelapis yang di gunakan pada perangkat elektronik militer. Standar ini menetapkan persyaratan untuk tahan korosi, ketahanan fisik, dan ketahanan terhadap lingkungan yang keras.

Baca juga SKKNI Standar Kerja di Indonesia

MIL-STD-3009

Standar MIL-STD-3009 berkaitan dengan tampilan dan antarmuka manusia-komputer (HMI) dalam sistem militer. Standar ini menetapkan persyaratan desain untuk memastikan kegunaan, keselamatan, dan efektivitas antarmuka pengguna dalam kondisi operasional yang beragam.

Keuntungan Mengikuti Standar Military Grade

Mengikuti standar military grade untuk perangkat elektronik memiliki beberapa keuntungan penting, antara lain:

  1. Ketahanan dan Keandalan: Standar ini memastikan bahwa perangkat elektronik dapat beroperasi secara andal dalam kondisi lingkungan yang keras dan dapat bertahan dalam situasi militer yang penuh tekanan.
  2. Interoperabilitas: Dengan mengikuti standar yang sama, perangkat elektronik dari berbagai produsen dapat berkomunikasi dan bekerja bersama dalam sistem militer yang kompleks.
  3. Konsistensi: Standar ini membantu memastikan bahwa perangkat elektronik memenuhi persyaratan yang konsisten dalam hal performa, keandalan, dan kualitas, sehingga mempermudah perawatan dan pemeliharaan sistem.
  4. Keamanan: Standar ini juga mencakup persyaratan keamanan, seperti perlindungan terhadap gangguan elektromagnetik eksternal dan pengamanan data yang penting.
  5. Kompatibilitas: Mengikuti standar military grade memungkinkan perangkat elektronik untuk berintegrasi dengan sistem yang ada dan memastikan kompatibilitas dengan perangkat lainnya yang memenuhi standar yang sama.

Dengan demikian, standar military grade untuk perangkat elektronik adalah serangkaian pedoman dan persyaratan yang memastikan ketahanandan keandalan perangkat dalam kondisi lingkungan yang keras dan penggunaan dalam aplikasi militer. Kemudian Standar seperti MIL-STD-810, MIL-STD-461, dan MIL-PRF-38534 adalah contoh standar yang penting dalam industri elektronik militer.

Mengikuti standar ini membantu memastikan bahwa perangkat elektronik dapat beroperasi secara andal dan memenuhi persyaratan ketahanan yang tinggi dalam lingkungan yang ekstrem. Dengan mematuhi standar military grade,  perangkat elektronik dapat di andalkan dalam sistem pertahanan dan operasi militer yang penting.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp