Kamera Kemanan Berbasis IoT dalam Cybersecurity

Indobot Update

Kamera Kemanan Berbasis IoT dalam Cybersecurity
Kamera Kemanan Berbasis IoT dalam Cybersecurity

Cybersecurity sering akhir akhir ini sangat populer. Cybersecurity merupakan sisi perangkat lunak dari perlindungan sistem komputer dan jaringan dari pelaku kejahatan yang ingin melakukan kejahatan dunia maya dan kebocoran data seperti pengungkapan informasi. Hal ini sering berfungsi untuk mencegah gangguan layanan dan juga perangkat keras, perangkat lunak, dan pencurian atau kerusakan data. Dengan semua hacker IoT baru baru ini, membuat orang-orang khawatir dengan keamanan online mereka. Salah satu area yang sering terabaikan dalam perangkat yang terhubung ke internet adalah kamera IP. 

Apakah Kamera Keamanan Kamu Beresiko? 

Kamera keamanan adalah target yang menarik bagi penjahat yang berada di dunia maya karena alasan berikut ini : 

  • Mereka memiliki konektivitas konstan ke internet, membuat mereka dapat diakses oleh hacker.
  • Mereka tidak memiliki pengawasan dan sering terabaikan saat mengelola keamanan jaringan.
  • Mereka juga cenderung terhubung ke koneksi bandwidth tinggi untuk mendukung streaming langsung melalui internet.
  • Investasi hacker rendah. Setelah kerentanan ditemukan, kerentanan dapat digunakan terhadap ribuan kamera lain dari pabrikan yang sama

Pada tahun 2016, Mirai botnet menghapus beberapa situs web terbesar di dunia dengan menginfeksi perangkat IoT seperti kamera keamanan dan router. Botnet dapat mengendalikan perangkat ini karena mereka menggunakan password default atau password yang sangat mudah tertebak. Tetapi hacker yang mengendalikan serangan botnet tidak mencoba melihat rekamannya, mereka ingin menggunakan prosesor kamera untuk mengumpulkan data dari pengguna yang tidak menaruh curiga. 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Security Cameras As Another Processor

Prosesor di kamera IP tidak terlalu kuat, yang membuatnya menjadi target yang kurang menarik bagi penyerang daripada web server yang kuat. Namun, mereka mudah dieksploitasi dengan firmware usang atau password yang mudah untuk ditebak. 

Penting untuk diketahui bahwa kamera keamanan hanyalah jenis komputer lain. Mereka tunduk pada resiko yang sama seperti perangkat lain yang terhubung, jadi mereka harus diamankan dengan tepat untuk melindungi data dan privasi kamu. Mereka juga dapat digunakan sebagai titik awal di dalam jaringan untuk serangan yang lebih parah. 

Ada serangan “Fishgate” yang terkenal, di mana seorang hacker dapat memperoleh akses ke jaringan kasino dengan mengkompromikan termostat yang terhubung dengan IoT di dalam fish tank. Dari sana, para hacker dapat mengakses basis data pelanggan papan atas. Meskipun ini mungkin tampak seperti skenario yang dibuat-buat, menyoroti pentingnya keamanan yang tepat untuk semua jenis perangkat IoT. 

Security Camera Brands

Produsen kamera keamanan memiliki tekanan untuk mendorong produk ke pasar dengan cepat, yang sering menyebabkan keamanan menjadi renungan. Di sisi lain, pelanggan melihat spesifikasi, titik harga, dan ulasan, tetapi jarang mempertimbangkan keamanan produk. Terutama berlaku untuk bisnis kecil dan pengguna rumahan yang tidak terlalu peduli dengan cybersecurity. Mereka hanya menginginkan kamera yang akan melakukan pekerjaan itu, dan mereka tidak khawatir tentang potensi resikonya.

Pada tahun 2021, produk Hikvision (salah satu penyedia kamera IP terbesar di dunia) memiliki kerentanan injeksi perintah. Sementara kerentanan ini menjadi berita dan patch, Hikvision adalah Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk ratusan merek lain. Merek-merek ini termasuk Annke, EZVIS, Hyundai, dan LTS, yang juga rentan terhadap eksploitasi Hikvision. Pelanggan yang memiliki salah satu produk merek ini mungkin tidak menyadari bahwa kerentanan Hikvision pada mereka dan membuat kamera mereka rentan.

Protecting Yourself

Ketika datang ke kamera keamanan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko : 

  • Pastikan kamera kamu dikonfigurasi dengan benar dan semua password default telah diubah. 
  • Pastikan kamera kamu menjalankan firmware terbaru dan patch keamanan tepat waktu.
  • Pertimbangkan jika kamu ingin menggunakan VPN atau koneksi aman lainnya saat mengakses rekaman kamera kamu dari jarak jauh, daripada memaparkan perekam video jaringan ke internet.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat membantu menjaga keamanan data kamu dan mengurangi resiko hacker. namun , pentin bahwa tidak ada sistem yang 100% aman, dan selalu ada resiko yang terkait dengan penggunaan jenis perangkat apa pun yang terhubung.

Source from: https://www.iotforall.com/iot-security-cameras-lessons-in-cybersecurity

Jika Fanbot ingin mengetahui tentang IoT lebih banyak, Fanbot juga dapat menyalakan notifikasi dengan klik subscribe notifikasi atau join di Indobot Academy. Selain itu, Indobot sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bekerjasama ataupun berkolaborasi khususnya di bidang elektronika, arduino, maupun IoT.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp