Kandang Ayam Berbasis Internet of Things Ciptaan Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM

Indobot Update

Kandang Ayam Berbasis Internet of Things Ciptaan Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM
Kandang Ayam Berbasis Internet of Things Ciptaan Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM

Indonesia merupakan produsen ayam pedaging dan petelur, jumlah peternak kandang ayam di Indonesia cukup besar. Ayam merupakan salah satu binatang yang kerap menjadi bahan konsumsi masyarakat. Beragam olahan masakan berbahan baku ayam dan tingginya minat masyarakat terhadap ayam, menciptakan permintaan pasar yang tinggi. Untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, banyak peternak di Indonesia yang membudidayakan ayam broiler dengan tingkat populasi yang padat.

Perangkat Kandang Broiler Berbasis IoT

[lwptoc]

Kandang ayam broiler yang di bangun di Indonesia, pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu kandang open house dan closed house. Kedua jenis kandang tersebut, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan jenis kandang closed house, memiliki keunggulan yaitu populasi ayam biasanya lebih banyak dan lebih teratur, karena kondisi kandang dapat di atur sedemikian rupa. Sedangkan, kondisi kandang apabila menggunakan kandang jenis open house tidak dapat di atur, sehingga kondisinya mengikuti lingkungan sekitar.

Kelemahan penggunaan kandang open house tersebut berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan ayam, karena kondisinya yang mengikuti lingkungan sehingga tidak dapat di optimalkan. Sedangkan kelemahan penggunaan kandang closed house terletak pada biaya yang di butuhkan cukup tinggi. 

Kandang closed house memiliki berbagai sensor dan perangkat penunjang untuk memenuhi kebutuhan hidup ayam-ayam di dalamnya. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada (UGM) menciptakan Broiler X, yaitu perangkat monitoring performa kandang ayam yang telah di lengkapi dengan sistem Internet of Things.

Menurut Galuh Adi Insani, Dosen Fakultas Peternakan UGM yang di kutip dari laman semarang.bisnis.com, beliau mengatakan bahwa “Penggunaan teknologi ini penting, karena ayam broiler yang di budidayakan di Indonesia rentan terkena serangan heat stress. Serangan heat stress tersebut dapat mempengaruhi produktivitas ayam broiler” 

Penggunaan perangkat IoT untuk monitoring kandang ayam broiler tersebut memiliki keunggulan yaitu segala parameter yang di pantau dapat di monitor melalui jarak jauh dan secara realtime. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi para peternak ayam, karena apabila di ketahui terdapat kesalahan atau perubahan kondisi yang mempengaruhi performa ayam dapat segera di atasi. 

Para peternak cukup memantau kondisi kandang ayam broiler mereka melalui smartphone maupun menggunakan website.

Target Pasar Broiler X

Broiler X yang merupakan inovasi ciptaan anak bangsa, berharap produknya dapat di gunakan oleh berbagai industri peternakan ayam di Indonesia. Hal tersebut di karenakan selain harganya yang terjangkau, Broiler X di ciptakan dengan teknologi yang berkualitas.

Penggunaan Broiler X pada kandang tersebut mampu mengatasi permasalahan peternak, salah satunya yaitu kondisi suhu kandang yang berada di area belakang dapat terpantau oleh para peternak. 

Selain itu, menurut Bapak Ali Agus, Dekan Fakultas Peternakan UGM yang di kutip dari laman semarang.bisnis.com. Beliau mengatakan bahwa penggunaan Broiler X ini sangat bermanfaat bagi para peternak karena kondisi kandang mulai dari temperatur, kelembaban, hingga kadar amoniak dapat monitoring dengan baik.

Keunggulan Internet of Things Bagi Segala Sektor

Majunya perkembangan teknologi industri, mendorong penggunaan teknologi seperti Internet of Things untuk menunjang berbagai kegiatan industri. Dengan penggunaan sistem Internet of Things, berbagai perangkat dapat terhubung dengan mudah.

Penggunaan perangkat Internet of Things tersebut, merupakan salah satu pengimplementasian revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, kita juga harus menguasai Internet of Things. Karena di perkirakan pasar dari Internet of Things akan meningkat hingga tahun 2027. 

Salah satu langkah untuk menjadi bagian dari ekosistem Internet of Things tersebut. Yaitu dengan mengikuti Kelas Paket Dasar Lanjutan Internet of Things di indobot.co.id

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp