Kapan Raspberry Pi Mulai Diperkenalkan dan Bagaimana Perkembangannya?

Indobot Academy

Raspberry Pi kini telah memiliki lima generasi dan tiga belas model. Generasi 1 punya model B, A, B+, dan A+. Dan Generasi  2 hanya punya model B. Zero punya model Zero dan W/WH.Selanjutnya Generasi  3 ada model B, A+, dan B+. Dan Generasi  4 punya model B (1 GB), B (2 GB), dan B (4 GB). Namun, kapankah pertama kalinya ini mulai terkenal? Bagaimana perkembangannya? perkembangan Raspberry pi?

Generasi pertama yakni Raspberry Pi 1 Model B, mulai di kenalkan pada Februari 2012. Kemudian diikuti oleh Model A yang lebih simpel dan lebih murah. Tahun 2014, Raspberry Pi Foundation kembali melakukan pengembangan desain. Lahirlah Raspberry Pi 1 Model B+. Belum genap setahun kemudian, dengan ukuran yang lebih kecil, Model A+ rilis. Pada Februari 2015, dengan pengembangan berupa tambahan RAM, Raspberry Pi 2 pun lahir. Di tahun yang sama dengan lahirnya Raspberry Pi 2, Dan Zero diluncurkan. Jenis ini memilki ukuran yang lebih kecil daripada sebelumnya, yakni 65 x 30 mm. dengan tambahan fitur Wi-Fi dan bluetooth dirilis pada Februari 2017.

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

Perbedaan Raspberry Pi

Perbedaan yang cukup signifikan antara generasi 1 Model A dan Model B dari model-model setelahnya adalah jumlah pin GPIO. Dua model awal ini hanya memiliki 26 pin, sedangkan model-model setelahnya memiliki 40 pin. Perkembangan lain yang tak kalah penting adalah kecepatan prosesor. Pada Februari 2016, Raspberry Pi 3 Model B rilis dengan prosesor 1.2 GHz. Menyusul pada tahun 2018, Raspberry Pi 3 Model B+ datang dengan prosesor 1.4 GHz dan Ethernet yang tiga kali lipat lebih cepat. Model terbaru, Raspberry Pi 4 Model B, rilis pada Juni 2019 dengan prosesor 1.5 GHz. Generasi ini memiliki tiga model dengan RAM masing-masing 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.

Meskipun baru pada tahun 2012, konsep awal telah ada jauh sebelum itu. Pada tahun 2006, konsep awal ini berdasarkan pada mikrokontroller Atmel Atmega644. Skematik dan layout PCBnya tersedia secara publik. Oleh karena itu, pendiri Raspberry Pi Foundation, Eben Upton, mengumpulkan guru-guru, akademis, dan penggemar komputer untuk bersama-sama merancang sebuah komputer demi menjaring ketertarikan anak-anak di bidang pemrograman komputer. Tingginya angka permintaan terhadap ini di awal launchingnya merupakan indikasi baik terhadap perkembangan produk ini ke depannya.

Saat ini, generasi 3 merupakan model yang paling banyak terpakai dan paling banyak di Indonesia. Model terbaru yakni generasi 4 belum banyak yang menggunakan.

[zombify_post]

Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!

perkembangan Raspberry pi
perkembangan Raspberry pi

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp