Kelebihan Thingspeak yang Bikin Nagih

Indobot Academy

Halo Fanbot.

Sedang ada project apa hari ini?

Kalian sedang dalam project Internet of Thing ya? Pastinya saat kita ingin membuat sistem IoT, kita membutuhkan platform untuk menjadi pengumpul data. Data yang dikirimkan oleh sensor akan dikirim pula oleh mikrokontroler ke platform. Biasanya kita menyebut platform untuk IoT, sebagai platform cloud. Platform cloud inilah yang memiliki fungsi sebagai penampung data. Data dapat berupa analog seperti suhu, cahaya, berat, atau yang lainnya. Kemudian data juga dapat dalam bentuk digital, seperti LED, Botton, relay atau yang lainnya. Nah salah satu Platform yang dapat kita gunakan untuk project IoT adalah Thingspeak.

Thingspeak adalah suatu platform website yang biasanya untuk suatu project dengan sistem Internet of Things (IoT). Thingspeak dapat digunakan secara open source untuk menjalankan aplikasi dan API. Data yang masuk pada Thingspeak juga dapat disimpan dan diambil dengan berbagai perangkat menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) melalui koneksi internet atau LAN (Local Area Network).

Thingspeak sebagai platform cloud memungkinkan kita untuk melakukan monitoring dan controlling seperti layaknya sistem IoT. Tapat menerima data dan dapat menampilkan data untuk dikirimkan ke device atau interface lainnya.

Thingspeak memiliki beberapa fitur  yang dapat digunakan seperti Open API, realtime data collection, Geolocation Data, Data Processing, Data Visualizations, Device Status message, dan Plugins. 

Nah untuk platform ini juga memiliki banyak kelebihan yang dapat menjadi alasan kenapa kalian perlu mencobanya. Yuk kita simak.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Platform Cloud Gratis

Dalam keperluan pembelajaran, platform Thingspeak memang sangat cocok. Platform yang gratis akan membuat kita tidak takut untuk terus mempelajari dan mengembangkan pengetahuan kita dalam mempelajari Internet of Things. Jika kita menggunakan platform berbayar untuk belajar IoT, maka kita akan terbatas dengan biaya dan terlalu hati-hati untuk mempelajarinya. Efeknya kita hanya mencoba beberapa kali saja sesuai dengan tutorial yang kalian temukan di website. Namun perlu kita tahu bahwa Platform Thingspeak ini tidak sepenuhnya gratis. Di mana ada beberapa performa yang dikurangi jika kita menggunakan secara gratis. Jika kita ingin menggunakan Thingspeak yang berbayar, kita dapat menikmati beberapa fitur tambahan dan performa yang ditingkatkan (tentunya kalian dapat melakukan ini setelah sudah menguasai platform ini.

Pengoperasiannya Mudah.

Jarang sekali orang yang kebingungan saat pertama kali mencoba Platform Thingspeak ini. Dari mulai pendaftaran, hingga melakukan pembuatan channel baru untuk project juga mudah pengoperasiannya. Thingspeak juga memiliki tampilan yang user friendly, sehingga pengguna tidak dibingungkan saat menggunakannya.

 

baca juga: IoT Project, Kenapa Prefer ke NodeMCU ESP8266? Inilah Jawabannya

Visualisasi data Realtime

Data Realtime merupakan data yang selalu diupdate secara realtime (dengan interval waktu tertentu). Ini akan selalu diupdate sesuai dengan lama waktu pengiriman dari mikrokontroler atau interface lainnya. Data ini biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik yang menampilkan pembacaan data dari awal hingga saat ini. Kita juga dapat merubah tampilan datanya pada chart. Bahkan Thingspeak juga menyediakan laman yang dapat kita akses jika menginginkan untuk menampilkan grafik dari Thingspeak.

Mudah Terkoneksi dengan Mikrokontroler

Seperti yang sebelumnya, Bahwa kita biasanya menggunakan  platform ini untuk membuat sistem IoT. Sehingga platform pasti harus dapat terhubung dengan mikrokontroler. Dalam menghubungkan antara platform cloud dengan mikrokontroler yang kita gunakan tergolong mudah. Yang diperlukan hanyalah ID dan API untuk saling terhubung. Selain itu program yang melakukan pengiriman dan penerimaan data dari Thingspeak tidak terlalu banyak dan mudah kita kembangkan. Kita dapat menggunakan aplikasi Arduino IDE untuk melakukan pemrograman ke beberapa device seperti Arduino, ESP8266, ESP32, Rassberry, dan lainnya.

Bisa Embed dengan Interface Buatan

Embeded System merupakan suatu sistem yang dapat saling terhubung. Thingspeak ini dapat menjadi cloud untuk data realtime yang dapat interface dengan aplikasi smartphone buatan kita sendiri atau bisa juga kita hubungkan di website buatan kita. 

Memiliki banyak Field untuk 1 Project

Thingspeak memiliki 8 Field dalam 1 project. 8 Field artinya kita dapat melakukan pembacaan sensor 8 jenis sensor. Jika kita ingin menggunakan tombol di interface yang sudah kita buat, kita dapat menggunakan 1 field yang angka tertentu yang dapat dikirimkan ke thingspeak. Selain itu, Juga dapat melakukan geolocation data untuk mendapatkan data lokasi.

 

baca juga: Kesalahan-Kesalahan yang Harus Kamu Hindari dalam Pengerjaan Project IoT

 

Nah itulah beberapa kelebihan dari thingspeak. Teman-teman dapat mencobanya dengan mengakses langsung ke laman (thingspeak.com). Bagi yang belum mendaftarkan diri, anda dapat langsung mendaftar dengan email anda.

Bagaimana? tertarik untuk menjadikan Thingspeak ini sebagai project Internet of Things anda?

Jika kalian bingung cara-caranya, atau mungkin masih belum punya device dasar untuk belajar IoT, kalian dapat hubungi Minbot ya. Jangan ragu-ragu. Kalian juga dapat langsung belajar lo.

Yuk semangat belajar IoT.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp