Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Sidomulyo Apik Desa Sei Mencirim Menggunakan Perangkat Penyebar Pakan Berbasis IoT 

Indobot Update

Sumber : https://unsplash.com/photos/mMRi4rf92D4?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Perikanan merupakan salah satu sektor di bidang pertanian yang banyak masyarakat Indonesia. Kekayaan sektor perikanan di Indonesia, mengakibatkan tingginya permintaan bahan pangan perikanan di berbagai kalangan masyarakat. Tingginya permintaan terhadap sektor perikanan, membuat para pembudidaya ikan harus memiliki inovasi guna meningkatkan produktivitas dan kualitasnya.

Penggunaan Perangkat Berbasis IoT oleh Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar di Deli Serdang

Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Sidomulyo Apik, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang mendapatkan pemberian perangkat pemberi pakan ikan yang telah dilengkapi dengan Internet of Things (IoT) dari Dosen Universitas Medan Area (UMA) melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Desa Sei Mencirim merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Medan Area. Pembinaan tersebut termasuk dalam Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Berdasarkan pernyataan dari Ketua Tim Dr Dian Noviandri, ST, M. Kom dan beberapa Dosen UMA lainnya dari laman waspada.id, terungkap bahwa tujuan pemberian perangkat penebar pakan ikan berbasis Internet of Things (IoT) kepada para pembudidaya ikan tersebut adalah untuk meningkatkan pendapatan setiap musim panen. 

Perangkat penebar pakan tersebut  atas dasar besarnya pengeluaran kelompok budidaya ikan Sidomulyo Apik. Sehingga dengan perangkat penebar pakan ikan tersebut dapat mengurangi pengeluaran kelompok.

Keunggulan Penebar Pakan Berbasis Internet of Things (IoT)

Perangkat penebar ikan tersebut mampu mengurangi pengeluaran kelompok budidaya ikan dalam biaya pemberian pakan sebesar Rp900.000 setiap bulannya. Penggunaan perangkat berbasis IoT tersebut juga  lebih murah karena sumber tenaganya menggunakan tenaga surya. Selain itu, penebaran pakan untuk ikan budidayanya juga dapat menggunakan smartphone, sehingga lebih efektif.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Sekretaris Desa, Deni Ginting, S.Pdi atas pemberian perangkat penebar ikan berbasis IoT pada Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Sidomulyo Apik, karena selain lebih efektif, penggunaan perangkat tersebut juga sebagai salah satu bentuk dukungan perkembangan teknologi dari masyarakat desa.

Yuk Ciptain Perangkat Penebar Pakan Ikan Otomatismu dari Rumah!

Penggunaan perangkat budidaya perikanan yang memiliki inovasi canggih seperti Internet of Things tentunya lebih menguntungkan bagi para pembudidaya ikan karena dapat mengurangi biaya operasional, serta lebih efektif dalam pelaksanaan kegiatan produksinya. Salah satu perangkat penunjang bagi para pembudidaya perikanan yaitu perangkat penebar ikan otomatis berbasis IoT.

Perangkat tersebut sangat bermanfaat bagi pembudidaya ikan baik dari skala kecil hingga besar. Dengan perangkat penebar ikan berbasis IoT tersebut, pemberian pakan dapat secara otomatis dan dapat di monitor dari jarak jauh. Pembuatan perangkat penebar pakan otomatis tersebut dapat kita pelajari dari rumah, salah satunya dengan mengikuti E-Course di Indobot Academy. Hanya dengan Rp107.072, kamu bisa membuat perangkat pemberi pakan ikan otomatis dengan mudah untuk kegiatan perikananmu!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp