Mau Mulai Belajar Arduino? Kenalan Dulu Sini!

Indobot Academy

Apa itu Arduino? Belajar Arduino

Arduino adalah sebuah platform yang terdiri dari Hardware Elektronik dan Software yang berbasis Open-source sehingga mudah untuk memakainya. Hardware Arduino berupa papan yang lengkap dengan mikrokontroler yang dapat membaca input, lalu memprosesnya dan memberikan output. Contohnya seperti membaca sensor cahaya pada saat redup maka lampu akan menyala secara otomatis. Anda dapat mengirimkan perintah-perintah ke mikrokontroler yang ada apa Arduino dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino yaitu bahasa C yang tertulis dan mengunggah dengan Arduino IDE.

Belajar Arduino
Belajar Arduino

Selama bertahun-tahun Arduino telah menjadi otak dari ribuan proyek, dari objek sehari-hari hingga instrumen ilmiah yang rumit. Selain itu komunitas maker pada seluruh dunia juga menggunakan Arduino sebagai kontroler utama. Dengan menggunakan platform open-source ini maka mahasiswa, pelajar, bahkan seniman, programer, dan profesional telah menambah pengetahuan proyek-proyek menarik dan bermanfaat yang dapat terakses oleh siapapun dari para pemula hingga para ahli.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol bawah ini!

Sejarah dari Arduino yaitu Arduino lahir pada Ivrea Interaction Design Institute Italia sebagai alat yang mudah untuk pembuatan prototipe dengan cepat, untuk siswa tanpa latar belakang elektronik dan pemrograman. Hanya berawal dari tesis, Massimo Banzi dan David Cuartielles membuat dan mengembangkan dengan serius. Dulu namanya adalah Arduin of Ivrea lalu berganti nama menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani. Setelah itu Arduino mulai beradaptasi dengan kebutuhan dan tantangan baru, membedakan penawaran pengguna produk dari papan 8-bit sederhana hingga aplikasi IoT (Internet of Things), wearable device, dan 3D printing. Semua papan Arduino benar-benar open source, sehingga pengguna dapat membuat secara mandiri dan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.

 

Belajar Arduino
Belajar Arduino

 

Mengapa menggunakan Arduino?

Banyak sekali platform yang dapat berfungsi dalam membuat proyek, namun Arduino memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

  • Inexpensive atau Terjangkau – Papan arduino daripada dengan platform lainya maka harganya cukup terjangkau. Cocok sekali untuk penghobi dan pelajar. Anda bisa temukan arduino pada toko online, cek harganya.
  • Cross-platform – Maksudnya adalah Arduino IDE bisa berjalan pada lintas OS (Operating System) seperti Windows, Macintosh OSX, dan Linux operating systems. Kebanyakan program coding mikrokontroler hanya bisa berfungsi pada Windows saja. Mau tahu softwarenya? klik!
  • Simple, clear programming environment – Software Arduino IDE sangat mudah untuk pemula dan fleksibel bagi pengguna mahir. Untuk para pengajar seperti guru, software ini mudah digunakan dan dijelaskan terutama pada pemrograman, sehingga siswa akan terbiasa dengan cara kerja Arduino IDE.
  • Open source and extensible software – Software Arduino IDE merupakan software open-source. Bahasa yang terdapat pada software dapat diperluas melalui library dengan bahasa C++, dan orang yang ingin memahami detail secara teknis dapat membuat penyesuaian dari Arduino ke bahasa pemrograman AVR C yang menjadi basisnya. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode AVR-C langsung ke program Arduino Anda jika Anda mau.
  • Open source and extensible hardware – Arduino juga menawarkan open-source hardware sehingga desainer sirkuit (PCB) berpengalaman dapat membuat versi modul mereka sendiri. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membuat arduino untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang tentunya.

Bagaimana cara menggunakan Arduino?

Sudah banyak cara menggunakan Arduino yang bertebaran di Internet. Namun tidak semuanya mengajarkan langkah demi langkah dengan sistematis. Disini Indobot memiliki artikel Cara Belajar Arduino untuk Pemula yang akan membantu anda dalam belajar menggunakan Arduino. Klik disini!

Seperti itulah artikel yang membahas tentang arduino. Jika anda membutuhkan kit yang praktis belajar arduino cek aja disini!

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar dan juga share postingan ini ke teman-teman kalian ya. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya…

Mau belajar Arduino step by step, bareng sama tutor dan ratusan teman lainnya? Daftar saja kursus onlinenya di Indobot Academy dengan cara klik DAFTAR pada tombol di bawah!

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp