Keren, IKN Nusantara Akan Memiliki 4 Transportasi Cerdas!

Indobot Academy

IKN menjadi Smart City

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini memiliki konsep smart city atau kota cerdas. Hal ini membuat teknologi yang kota ini lebih canggih dari kota kota lain Indonesia yang ada saat ini. Kepala Otoritas IKN Nusantara (OIKN), Bambang Susantono menjelaskan, empat koridor transportasi cerdas yang akan menjadi moda angkutan massal IKN Nusantara. Pertama adalah koridor regional dengan kereta regional dan juga jalan tol

dari industri.kontan.co.id “Saya berharap ITS dapat menjadi sistem yang implementable dan doable serta mampu menjawab tantangan masa depan IKN dengan mengadaptasi teknologi mutakhir, internet of things, kecerdasan buatan, dan teknologi robotik,” ungkap Bambang dalam Webinar ITS Indonesia dengan tema “Merancang Transportasi Cerdas pada Ibu Kota Nusantara” yang berlangsung secara daring pada Kamis (14/7).

Pengembangan IKN

Menurut Bambang Susanto dalam pengembangan ITS IKN perlu memperhatikan tiga hal. Pertama, integrasi ITS dengan rencana induk transportasi berkelanjutan Nusantara. Kedua, sistem yang dikembangkan ITS harus mampu menjawab tantangan ke depan secara dinamis untuk mengantisipasi masa depan teknologi transportasi. Ketiga, teknologi yang berkembang harus sesuai dengan kapasitas institusi yang akan menjalankannya.

Menurutnya ITS (Intelegent Transport System) di Indonesia dapat berperan besar dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, terutama di bidang investasi, pengetahuan dan jaringan. Lebih lanjut Bambang menjelaskan dalam rencana induk, nantinya angkutan umum menjadi tulang punggung mobilitas IKN. Sehingga mobilitas masyarakat mayoritas akan terbantu oleh angkutan umum.

Bambang menyebut, transfer teknologi harus menjadi bagian dari capacity building, dan pelaksanaannya harus melibatkan institusi lokal utamanya kampus akademis yang diharapkan bisa mengembangkan lebih lanjut teknologi yang ada. Dilansir dari industri.kontan.co.id, bambang mengatakan  “Jangan sampai terjadi ketergantungan kepada satu ahli atau perusahaan tertentu,” 

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

4 Koridor Transportasi

Bambang Susantono menjelaskan, empat koridor transportasi cerdas yang akan menjadi modal angkutan massal di IKN Nusantara. 

  1. Pertama ada koridor regional dan juga jalan tol. 
  2. Kedua adalah koridor primer dengan kereta dalam kota
  3. Ketiga ada koridor sekunder menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) listrik
  4. Terakhir ada koridor tersier yang menggunakan kendaraan listrik otonom, sepeda, dan bus feeder.

Perencanaan transportasi di IKN bertujuan untuk memenuhi prinsip-prinsip dan target KPI seperti Prinsip Terhubung Aktif dan Mudah dengan target KPI 80% perjalanan dengan transportasi publik atau mobilitas aktif, serta 10 menit ke fasilitas penting dan simpul transportasi publik.

 

Buat mahasiswa minimal semester 5 yang ingin belajar Internet of Things, Kampus Merdeka dan Indobot telah kembali membuka program Studi Independent “Internet of Things (IoT) Engineer Camp”. Program ini diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik soft skill dan hard skill di bidang IoT. Pastikan kamu ikut dan terdaftar di pddikti.kemdikbud.go.id untuk ikut kelasnya.

Buruan segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi Studi Independent Internet of Things (IoT) Engineer Camp! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya…

Internet of Things (IoT) Engineer of Camp
Internet of Things (IoT) Engineer of Camp

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp