Laboratorium Internet of Things Milik Universitas Kristen Petra

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/_CyM94V3Ydc?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih banyak oleh pemerintah ataupun lembaga terkait. Kualitas pemuda-pemudi bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan yang diterima. 

Demi memajukan pendidikan di Indonesia, diperlukan inovasi-inovasi atau peningkatan mutu pendidikan mulai dari kurikulum. Cara mengajar, serta sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran seperti lahan praktik maupun laboratorium penelitian.

Sarana prasarana seperti lahan praktik dan laboratorium menjadi sangat penting bagi dunia pendidikan. Baik mulai dari SD hingga Universitas memerlukannya untuk menjadi wadah bagi siswa mempelajari dan menciptakan inovasi-inovasi hasil pemikiran mereka.

Laboratorium Pintar Bagi Mahasiswa Program Internet of Things

Sebagai langkah memberikan fasilitas bagi mahasiswa dan kemajuan dunia pendidikan, Universitas Kristen Petra (UK Petra) membangun fasilitas laboratorium pintar bagi para mahasiswa jurusan Internet of Things (IoT) pada hari Kamis, 10 November 2022 lalu.

Laboratorium yang akan digunakan untuk memfasilitasi Mahasiswa Jurusan Internet of Things (IoT) tersebut tercipta atas kerjasama pihak Universitas Kristen Petra dengan PT. Handyman Smart Teknologi (HST). 

Alasan digandengnya PT. Handyman Smart Teknologi (HST) karena perusahaan ini telah memiliki pengalaman dalam bidang smart home di berbagai perumahan mewah.

Laboratorium tersebut nantinya berbentuk prototype rumah cerdas berbasis IoT. Seperti pernyataan Handy WIcaksono, S.T., M.T., Ph.D. yang dikutip dari laman surabaya.tribunnews.com, “Kami membuat laboratorium prototype rumah cerdas berbasis IoT atau mock-up nya”.

Bagian dari laboratorium terbagi menjadi dua. Yaitu mock-up smart home yang terdiri dari ruang makan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. 

Kemudian untuk bagian yang kedua adalah tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan praktikum dan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan di Laboratorium IoT.

Prototype smart home tersebut memiliki tujuan agar para mahasiswa mengetahui secara langsung penerapan Internet of Things pada peralatan yang tersedia di rumah.

Tujuan Utama Pembangunan Laboratorium IoT

Alasan utama pembangunan Laboratorium berupa prototype smart home berbasis IoT ini adalah karena teknologi Internet of Things mulai berkembang di masyarakat dan terbukti dapat menunjang kehidupan sehari-hari.

Menurut Bapak Handy, Kaprodi Electrical Engineering Universitas Kristen Petra Internet of Things akan memiliki peran besar bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu pembangunan Laboratorium IoT tersebut untuk menciptakan teknologi-teknologi IoT yang lebih inovatif oleh anak bangsa.

Hadirnya Laboratorium IoT di UK Petra menjadi kesempatan emas bagi Mahasiswa Jurusan Internet of Things karena dapat mengembangkan professional skillsnya untuk menghadapi dunia kerja.

Mempelajari Internet of Things Bisa Melalui Lembaga Non Formal Loh!

Dunia pendidikan merupakan dunia yang luas dan tidak terbatas. Ilmu dan pengetahuan dapat kita peroleh melalui berbagai sumber, baik dari pendidikan formal maupun non formal. 

Masyarakat dapat memilih untuk mendapatkan pendidikan dengan mutu terbaik. Karena di Indonesia sudah tersebar banyak lembaga atau instansi pendidikan yang melayani masyarakat dengan maksimal.

Internet of Things yang mulai gencar DI  berbagai sektor. Mendorong kita untuk mempelajari teknologinya secara mendalam. Agar dapat menggunakan atau bahkan menciptakan inovasi-inovasi di bidang Internet of Things.

Salah satu lembaga penyedia bimbingan Internet of Things adalah Indobot Academy. Indobot Academy yang merupakan startup edutech di bidang Internet of Things bertujuan untuk menciptakan talenta-talenta terbaik khususnya di bidang Internet of Things.

Kamu ingin mempelajari Internet of Things mulai dasar hingga menjadi ahli? Yuk bergabung bersama Indobot Academy!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp