Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Python

Indobot Academy

Kamu ingin belajar bahasa pemrograman tapi bingung mau milih bahasa apa? Jika iya, tenang, kamu tidak sendiri. Banyak orang juga mengalami hal serupa. Bahkan para programmer handal yang lancar berbincang-bincang dengan komputer lewat baris-baris kode yang mereka tuliskan itu, tidak sedikit dari mereka yang juga pernah bingung ketika hendak mulai belajar. Bagaimana tidak bingung? Seiring dengan perkembangan di dunia komputer, ragam bahasa pemrograman semakin bertambah. Ada bahasa C, C++, Java, Python, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini kita hanya akan membahas kelebihan dari bahasa Python saja. Tentu saja setiap bahasa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, meskipun sudah terbilang tua, bahasa Python baru-baru ini tampaknya sedang naik daun. Apa saja sih kelebihan dari bahasa Python itu?

1. Mudah 

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti bahasa C atau Java, Python cenderung lebih mudah untuk dipelajari. Hal ini karena sintaks-sintaks bahasa ini cukup sederhana sehingga mudah untuk mengerti. Sebuah perintah yang sama bisa dijalankan oleh Python dengan baris kode yang lebih sedikit daripada bahasa lain.

2. Sangat cocok bagi pengembang IoT (Internet of Things)

Barangkali alasan yang satu inilah yang membuat Python populer akhir-akhir ini. Internet of Things merupakan teknologi yang mengubungkan benda-benda di sekitar kita melalui jaringan internet. IoT sedang membuka era baru peradaban manusia. Siapa pun yang turut membangun perkembangan IoT akan ikut populer, tak terkecuali bahasa Python.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

3. Punya banyak library

Selain mudah dipelajari, bahasa Python juga mudah diterapkan. Salah satu penyebabnya adalah karena bahasa ini punya banyak library. Misalnya library untuk pengembangan aplikasi berbasis GUI, pengembangan web, pengembangan game komputer, dan masih banyak lagi.

4. Untuk banyak tujuan

Ada beberapa bahasa pemrograman yang khusus untuk tujuan tertentu, perangkat tertentu, atau di Sistem Operasi tertentu. Hal ini tidak berlaku bagi bahasa Python. Program yang menggunakan Python dapat jalan di berbagai macam Sistem Operasi seperti Windows, Unix, Mac OS, dan lain-lain. Tak terkecuali perangkat mobile. Selain itu, kode-kode Python dapat dipanggil dari bahasa lain seperti C/C++. Dengan demikian, pengguna C/C++ juga dapat merasakan manfaat dari Python.

5. Banyak pengguna

Banyaknya pengguna Python merupakan kelebihan. Sebab jika kamu sedang mengalami kebingungan saat belajar, ada banyak orang yang bisa kamu tanyai.

[zombify_post]

Kamu ingin memperbanyak jam terbang dan portofolio bikin project elektronika/ Arduino/ IoT? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp