Madiun Terapkan Sumur Kota Berbasis IoT

Indobot Academy

Penyiram-Tanaman-Kota-Berbasis-IoT
Penyiram-Tanaman-Kota-Berbasis-IoT

Internet of Things adalah sebuah teknologi yang dapat menghubungkan berbagai perangkat dan memungkinkan pengoperasian perangkat tersebut melalui smartphone dari jarak jauh.

Internet of Things dapat di berbagai sektor, seperti untuk menjaga keindahan kota melalui perangkat penyiram tanaman kota otomatis. Inovasi ini tentunya sangat membantu dalam menciptakan keindahan kota serta lebih efisien.

Inovasi tersebut seperti yang diterapkan di Kota Madiun, yang telah menerapkan Internet of Things guna menyiram tanaman kota secara otomatis melalui smartphone.

Beberapa Titik Pemasangan Sumur Penyiraman Berbasis IoT

Kota Madiun merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Meskipun Kota Madiun terbilang tidak terlalu luas, akan tetapi tata kotanya sangat tertata dengan baik.

Tersedianya banyak taman dan tanaman yang ditanam di tengah kota, membuat kota Madiun cukup rindang.

Merawat tanaman yang berada di tengah kota perlu dengan perlakuan khusus, seperti halnya penyiraman tanaman biasanya secara manual.

Hal tersebut tentunya sangat menguras waktu dan tenaga, mengingat keberadaan tanaman tersebar di berbagai titik kota. 

Untuk mengatasi permasalahan penyiraman yang masih manual, pemerintah Kota Madiun menerapkan sumur penyiraman berbasis Internet of Things di beberapa titik kota.

Menurut Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Dinas Perkim Kota Madiun, Andi Anto yang dikutip dari laman harianbhirawa.co.id mengatakan akan ada sembilan sumur penyiram tanaman otomatis berbasis Internet of Things. 

Sembilan titik tersebut  adalah lima titik di Jalan Urip Sumoharjo dan Mastrip, kemudian sisanya berada di Jalan Urip Sumoharjo. 

Keunggulan Sumur Penyiraman Otomatis Berbasis IoT

Berkat Internet of Things pada sumur penyiram tanaman di Kota Madiun tersebut, penyiraman tanaman di berbagai titik kota dapat secara otomatis, terjadwal, dan dapat melalui smartphone.

Penggunaan sumur penyiram berbasis Internet of Things tersebut tentunya memberi kemudahan dan efisiensi bagi petugas yang bertanggung jawab mengurus tanaman kota karena air dari sumur langsung menuju ke tanaman.

Selain itu, penyiraman tanaman dengan manual yang menggunakan truk tangki air biasanya akan mengakibatkan gangguan lalu lintas. Melalui penggunaan IoT, gangguan tersebut dapat kita minimalisir.

Akses internet yang hampir meliputi seluruh daerah membuat penggunaan Internet of Things pada berbagai kegiatan tidak menjadi persoalan, sehingga teknologi IoT memiliki potensi yang bagus untuk diterapkan pada tata kota di Madiun.

Dukung Perkembangan Teknologi Melalui Pengembangan Internet of Things

Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin berkembang mengikuti berbagai kebutuhan manusia. Seperti halnya Kota Madiun yang menggunakan perangkat berbasis Internet of Things untuk menyiram tanaman kota.

Hal tersebut semakin membuktikan bahwa Internet of Things memang salah satu teknologi yang harus kita kuasai. Terlebih pada era revolusi industri 4.0 ini memang sedang digaungkan digitalisasi pada berbagai sektor.

Untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, masyarakat sudah harus mulai melek teknologi seperti Internet of Things. 

Oleh karena itu, Indobot Academy hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait pengembangan Internet of Things.

Bersama Indobot Academy, Internet of Things dapat kita pelajari dengan mudah dan menyenangkan.

Yuk bergabung bersama kami, hanya di Indobot Academy!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp