Mahasiswa Polinema Aplikasikan Teknologi Informasi Cuaca Berbasis IoT untuk Petani di Desa Purworejo

Indobot Academy

Tim Mahasiswa Polinema melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI). Menerapkan alat informasi cuaca untuk memonitoring parameter cuaca seperti suhu dan kelembapan udara, tekanan udara. Intensitas radiasi matahari serta curah hujan.

Program PKM

Program kreativitas mahasiswa bidang penerapan iptek atau PKM-PI merupakan program yang mempunyai tujuan utama mendorong mahasiswa melihat segala macam bentuk kebutuhan atau permasalahan pada masyarakat. Produktif luar kampus untuk memikirkan dan memberikan solusi iptek bagi permasalahan yang masyarakat hadapi yang kemudian menjadi mitra program tersebut. 

Program PKM-PI berusaha menyelesaikan persoalan mitra melalui penerapan iptek sehingga mitra yang bantu dapat menerapkan iptek tersebut dalam bentuk model dan konsep yang menerapkan pada manajemen usaha. Alat atau mesin untuk keperluan proses produksi, metode atau model dalam pengembangan seni, industri kreatif dan lainnya. 

Kegiatan PKM-PI POLINEMA ini membentuk karakter dan budaya kerjasama serta membentuk networking yang sehat dan saling mendukung dalam ranah positif. Dengan adanya implementasi teknologi pada usaha mitra, berharap efisiensi dan produktivitas mitra dapat meningkat dan kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka membentuk link match dunia pendidikan dan industri dapat terjalin dan berkelanjutan.

Teknologi Informasi Cuaca Mahasiswa Polinema

Tim PKM-PI dari Polinema ini terdiri dari 5 mahasiswa, yaitu Mutiara Permatasari Sinaga, Pita Sinondang Hutabarat, dan Euodia Sihombing dari Jurusan Teknik Elektro serta Sangga Asmara Panjaitan dan Havenia Ventina Banjarnahor dari Jurusan Teknologi Informasi. yang mana dalam pelaksanaannya mereka mendapatkan bimbingan oleh dosen, yaitu ibu Mila Fauziyah S.T., M.T.

PKM – PI ini berjudul “Penerapan Informasi Cuaca Berbasis Internet of Things (IoT) pada Usahatani Hortikultura. Pada Kelompok Tani Mapan Desa Purworejo Kabupaten Malang”. Alasan tim PKM untuk mengaplikasikan alat mereka pada Kelompok Tani Mapan Pur KW. Karena ini merupakan satu-satunya kelompok tani pada Desa Purworejo dengan jenis hortikultura yang memiliki fokus pada tanaman jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kegiatan ini meliputi sosialisasi pada kelompok tani, perancangan alat, penyuluhan kepada kelompok tani mengenai operasional alat, dan serah terima alat tersebut.

Para Mahasiswa Polinema melihat adanya beberapa permasalahan terkait tanaman hortikultura khusus pada tanaman cabai yang kerap terkena jamur/hama. Yang diakibatkan oleh keadaan cuaca yang berubah-ubah sehingga dapat mengakibatkan petani mengalami kerusakan hasil panen. 

Oleh karenanya penerapan alat ini sangat bermanfaat bagi Kelompok Tani. Yaitu dapat membantu para kelompok petani untuk pemantauan cuaca secara jarak jauh tanpa harus berada di lokasi tanaman hortikultura. Sehingga mengharap meningkatkan hasil pertanian dengan maksimal.

Harapan

Dosen Pendamping Tim, Mila Fauziyah, ST, MT. Berharap program kreativitas Mahasiswa Polinema ini dapat menjadi wadah mahasiswa untuk belajar menyelesaikan permasalahan pada mitra. Sehingga ilmu yang sudah pelajari dapat menerapkan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp