Mahasiswa UMM Sosialisasikan Penggunaan Internet of Things pada Masyarakat

Indobot Update

Mahasiswa UMM Sosialisasikan Penggunaan Internet of Things pada Masyarakat
Mahasiswa UMM Sosialisasikan Penggunaan Internet of Things pada Masyarakat

[lwptoc]

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, banyak bermunculan inovasi baru di bidang teknologi yang diciptakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi tersebut dinamakan dengan Internet of Things. Penggunaan Internet of Things tersebut dapat bermanfaat bagi berbagai kegiatan masyarakat, salah satunya yaitu pada perangkat rumah tangga. 

Penggunaan Perangkat Berbasis IoT oleh Masyarakat Desa Sekarpuro

Internet of Things merupakan sebuah inovasi teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan berbagai data dan perintah melalui jarak jauh, tanpa menggunakan bantuan manusia.

Penggunaan Internet of Things untuk menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat desa memang belum terlalu banyak, akan tetapi penggunaan perangkat-perangkat berbasis IoT sebenarnya akan lebih meminimalisir pengeluaran karena berbagai jenis pekerjaan rumah akan lebih efektif untuk dilakukan.

Salah satu manfaat penggunaan IoT bagi masyarakat desa adalah dapat menghemat pengeluaran yang di gunakan untuk membayar listrik. Penggunaan perangkat listrik berbasis IoT tersebut memungkinkan masyarakat untuk dapat mengatur segala penggunaan perangkat dari jarak jauh.

Mahasiswa UMM Sosialisasikan IoT pada Masyarakat

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat (DPPM UMM) kelompok 62 gelombang 7 pada 20 September 2022 memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Sekarpuro. Sosialisasi tersebut membahas tentang penggunaan Internet of Things untuk menyalakan lampu kini bisa di lakukan melalui smartphone.

Sosialisasi tersebut juga di barengi dengan praktik pembuatan perangkat, yang membutuhkan beberapa perangkat IoT seperti Board NodeMCU, Modul NodeMCU esp8266, Relay 4 channel, Jumper cable, Layar LCD dan Modul I2C. Selain itu, juga di butuhkan bahan-bahan pendukung lain seperti Arduino IDE, lampu, dan kabel USB. 

Baca Juga Mahasiswa Kunjungi Smart Farming System

Setelah di lakukan demonstrasi perakitan perangkat IoT, perangkat tersebut langsung di gunakan untuk mencoba menghidupkan lampu di Kantor Kepala Desa Sekarpuro. Meskipun praktik pembuatan perangkat IoT untuk mengoperasikan lampu tersebut berhasil, akan tetapi belum dapat di lakukan instalasi pada kantor desa karena di perlukan pembongkaran instalasi listrik.

Peranan Internet of Things Memudahkan Pelaksanaan Kegiatan Rumah Tangga

Penggunaan perangkat IoT sudah terbukti banyak memiliki kegunaan bagi pelaksanaan kegiatan rumah tangga, seperti pengoperasian lampu, mesin cuci, kulkas, blender, rice cooker, dan perangkat rumahan lainnya. Dengan di gunakannya perangkat berbasis IoT. Salah satu keunggulannya adalah perangkat elektronik tersebut dapat di operasikan melalui jarak jauh menggunakan smartphone.

Selain itu, perangkat IoT juga berperan bagi keamanan rumah. Seperti penggunaan CCTV yang terintegerasi dengan Internet of Things yang dapat di endalikan melalui jarak jauh. Sehingga segala aktivitas mencurigakan dapat di monitor setiap saat.

Tahukah kamu apabila pembuatan perangkat IoT untuk CCTV tersebut dapat di bangun dari rumah? Pembuatan perangkat tersebut dapat di bangun dari rumah dengan mudah, melalui bimbingan dari Indobot Academy. Yuk cek website kami dan dapatkan ilmu pembelajaran terkait Internet of Things yang bermanfaat! 

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp