Manakah yang Terbaik? Sigfox atau LoRa atau NB-IoT

Indobot Update

Manakah yang Terbaik Sigfox atau LoRa atau NB-IoT
Manakah yang Terbaik Sigfox atau LoRa atau NB-IoT

[lwptoc numeration=”decimalnested”]

Sigfox, LoRa, dan NB-IoT termasuk perangkat IoT dengan kemampuan untuk mentransfer data sensor melalui jaringan ke internet. Teknologi ini adalah teknologi wide-area network (LPWAN) berdaya rendah. LoRa dan Sigfox termasuk dalam teknologi IoT non-seluler, sementara NB-IoT termasuk dalam kategori IoT seluler. Teknologi ini memiliki kekuatan dan kelemahan tetapi memainkan peran dalam ruang IoT tergantung pada kasus penggunaan.

Tantangan utama dalam dunia IoT tetap pada konektivitas, terutama untuk perusahaan industri dan komersial yang berlokasi di lokasi yang kompleks atau terpencil, di mana konektivitas tradisional bukanlah solusi yang layak dalam hal biaya, cakupan, dan kebutuhan daya yang diperlukan untuk aplikasi IoT. Bluetooth berfungsi untuk aplikasi jarak pendek, sementara konektivitas seluler seluler dan WiFi sangat mahal dalam biaya dan permintaan daya untuk sensor IoT bertenaga baterai besar.

Pengertian Sigfox, LoRa dan NB-IoT

Ada berbagai jaringan secara global, seperti WiFi, Bluetooth, Ethernet kabel, 4G, 5G, dll. Bedanya dengan WiFi ini terbatas pada jarak transmisi, sedangkan LPWAN bisa mengirimkan hingga jarak jauh. Jaringan LPWAN adalah jaringan area yang lebih luas dan energi yang rendah.

Sigfox, LoRa, dan NB-IoT adalah jaringan yang mengirimkan informasi dari perangkat ke internet tetapi tidak memiliki kecepatan data yang tinggi, sehingga tidak menghabiskan banyak energi. Pastinya memilliki jaringan di mana perangkat ‘berbicara’ ke internet dan perangkat yang terletak pada jarak hingga lima kilometer jauhnya. Selain itu, seringkali jaringan tidak memerlukan sumber listrik. Sebaliknya, baterai sederhana sudah cukup dan akan bertahan selama beberapa tahun.

Semua teknologi ini memiliki satu kesamaan yaitu memerlukan sistem konektivitas, stasiun pangkalan terpisah, dan antena jaringan. Ada teknologi seluler dan non-seluler untuk transmisi. NB-IoT dan LTE-M, misalnya adalah teknologi seluler menggunakan jaringan yang digunakan untuk komunikasi seluler yang biasanya sudah digunakan. Teknologi non-seluler adalah jaringan yang dibangun secara terpisah dari teknologi seluler. Sigfox dan LoRa termasuk dalam kategori non-seluler. LoRa adalah yang pertama menyediakan layanan pada tahun 2009, diikuti oleh Sigfox pada tahun 2010. Dengan Sigfox dan LoRa, setiap negara memiliki frekuensi di mana setiap orang dapat mengirim, dengan batasan per jam tetapi gratis.

Manakah yang Terbaik Sigfox atau LoRa atau NB-IoT
Sumber : Naumann H. & Oelers W. (2020)

Sigfox

Keuntungan

  • Sebagai salah satu jaringan paling dasar sehingga memiliki perangkat radio biaya terendah.
  • Protokol radio tidak memerlukan komunikasi dua arah untuk berkomunikasi dengan jaringan
  • Lebih efektif dan efisien untuk aplikasi yang tidak aman terhadap keselamatan.
  • Jangkauan sinyal yang paling luas dari ketiga teknologi tersebut
  • Roaming antar negara jauh lebih mudah

Kekurangan

  • Membutuhkan jaringan yang dibangun dari bawah ke atas
  • Protokol radio juga beroperasi dalam spektrum tanpa izin yang mungkin tidak ideal untuk aplikasi tertentu yang memerlukan kontrol atas spektrum radio yang digunakan
  • TIdak mengakui pesan berarti tidak ada komunikasi dua arah

LoRa

Keuntungan

  • Memiliki daya yang rendah jika dibandingkan dengan teknologi lain
  • LoRa memungkinkan perangkat yang lebih kecil yang terkadang penting untuk aplikasi IoT tertentu
  • LoRa juga memungkinkan siapa saja untuk mengatur Private Network.

Kekurangan

  • Roaming antara jaringan LoRa yang berbeda mungkin rumit karena penyedia server jaringan yang berbeda, membatasi sebagian besar aplikasi logistik atau serupa
  • LoRa memiliki jangkauan sinyal terlemah jika dibandingkan dengan teknologi lainnya
  • Memungkinkan membatasi aplikasi nasional dari teknologi LoRa jika tidak tercakup oleh layanan SLA
Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

NB-IoT

Keuntungan

  • Memanfaatkan infrastruktur yang ada sehingga mudah menrapkan dan memelihara
  • Pengaturan NB-IoT dari perusahaan yang semuanya telah berkecimpung dalam industri telekomunikasi untuk waktu yang sangat lama.
  • Memungkinkan komunikasi dua arah, yang membuatnya ideal untuk aplikasi tertentu yang tidak dapat melewatkan pesan, bahkan yang lebih baru.

Kekurangan

  • Kurang memungkinkan mobilitas di seluruh dunia sehingga membatasi aplikasi yang dapat menggunakan NB-IoT
  • Jika ingin meningkatkan kepadatan jaringan jauh lebih rumit dan mahal karena base station lebih mahal

Daripada aset roaming, NB-IoT paling cocok terutama aset statis, seperti meter dan sensor di lokasi tetap.

Manakah yang terbaik?

Manakah yang Terbaik Sigfox atau LoRa atau NB-IoT
Sumber : Indobot Academy

Seperti dalam segala hal dalam hidup, semua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan lebih baik untuk mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih jaringan mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

LoRa adalah yang paling fleksibel. Ekosistem LoRa bisa termasuk yang paling kaya. Termasuk teknologi IoT komunikasi data nirkabel digital. Dengan LoRa, dapat menambahkan lebih banyak informasi, dan kecepatan data lebih cepat.

Meskipun semuanya memiliki kecepatan data yang rendah, beberapa lebih rendah dari yang lain. Sigfox adalah jaringan dengan kecepatan data paling rendah, dengan setiap pesan mencapai 24 byte. NB-IoT dapat melewati lebih banyak informasi dengan rata-rata 512 byte. Itu 20 kali lipat dari Sigfox.

Tombol keamanan yang mengharuskan setiap pesan diakui dan dikonfirmasi akan dilayani dengan baik oleh LoRa tetapi tidak untuk Sigfox. Namun, dalam hal pengukuran meter air, atau apa pun yang mengirimkan lebih sedikit informasi dan lebih jarang, Sigfox adalah solusi yang baik. Sigfox adalah pemenang pasti untuk aplikasi logistik dan aplikasi yang sangat sensitif terhadap harga. Topologi Sigfox juga menawarkan konektivitas tanpa batas di seluruh dunia.

NB-IoT adalah untuk perangkat sederhana yang perlu terhubung ke jaringan operator melalui spektrum berlisensi. Akronim utama di sini adalah NB – Narrow-Band. Biasanya, Narrow-Band mengimplementasikan dalam teknologi telekomunikasi untuk mengirimkan data pada beberapa set frekuensi. Karena NB-IoT adalah teknologi nirkabel tingkat seluler yang menggunakan modulasi OFDM, chipnya lebih kompleks. NB-IoT bukan protokol komunikasi berbasis IP. Penerapannya untuk aplikasi IoT sederhana, artinya untuk mengirim dan menerima sejumlah kecil data, dan dirancang untuk tujuan komunikasi yang lebih jarang.

Buat mahasiswa minimal semester 5 yang ingin belajar Internet of Things, Kampus Merdeka dan Indobot telah kembali membuka program Studi Independent “Internet of Things (IoT) Engineer Camp”. Program ini diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik soft skill dan hard skill di bidang IoT. Pastikan kamu ikut dan terdaftar di pddikti.kemdikbud.go.id untuk ikut kelasnya.

Buruan segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi Studi Independent Internet of Things (IoT) Engineer Camp! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya…

Internet of Things (IoT) Engineer of Camp
Internet of Things (IoT) Engineer of Camp

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp