Manfaat Internet of Things Bagi Budidaya Perikanan

Indobot Update

Sumber : https://unsplash.com/photos/fZB51omnY_Y?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Indonesia. Melimpahnya hasil kekayaan perikanan membuat Indonesia hampir tidak pernah kekurangan persediaan ikan. Tingginya potensi tersebut harus kita manfaatkan dengan baik, salah satunya adalah menggunakan teknologi penunjang. 

Keunggulan Penggunaan Internet of Things

Penggunaan teknologi pada dunia perikanan tersebut dapat meningkatkan produktivitas, karena budidaya perikanan dapat dengan efektif dan efisien. Pemanfaatan teknologi Internet of Things tersebut salah satunya adalah dengan penggunaan IoT pada industri perikanan.

Keunggulan penggunaan Internet of Things tersebut ringkasnya yaitu antar objek atau perangkat untuk budidaya perikanan mampu mengirim data melalui koneksi. Tanpa bantuan komputer dan manusia sehingga operasional dapat lebih efektif dan efisien.

Penggunaan Mikrokontroller Arduino Uno pada Industri Perikanan

Mikrokontroller Arduino Uno merupakan salah satu perangkat Internet of Things (IoT) yang dapat untuk memantau kualitas air pada budidaya perikanan. Keunggulan penggunaan Arduino yaitu dapat sebagai mikrokontroller yang dapat  untuk membuat sistem Internet of Things yang datanya dapat terintegrasi secara langsung.

Keunggulan lain selain dari segi harga, Arduino juga sangat mudah dikombinasikan dengan modul lain, sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai perangkat. Seperti contohnya untuk membuat perangkat pemantau kualitas air, membutuhkan modul untuk sensor pH dan TDS meter. Selain itu, juga diperlukan modul yang digunakan untuk mengukur suhu air

Modul-modul tersebut merupakan beberapa modul yang dibutuhkan dan dapat dikombinasikan dengan Arduino Uno agar dapat mengukur kualitas air untuk digunakan dalam budidaya perikanan. Agar sistem monitoring kualitas air dapat berjalan dengan baik, ketiga modul tersebut harus memiliki algoritma atau program yang telah teintegrasi dengan Mikrokontroller Arduino Uno.

Penggunaan Arduino Uno dalam pembuatan perangkat monitoring tersebut lebih mudah apabila menggunakan bahasa pemrograman C++. Hal tersebut karena bahasa pemograman C++ merupakan bahasa pemograman yang mudah, sehingga akan lebih mudah.

Keunggulan menggunakan sistem Internet of Things untuk perangkat monitoring air tersebut salah satunya yaitu data yang dibutuhkan dapat dikostumisasi. Sehingga para pelaku budidaya perikanan dapat lebih tepat menentukan kualitas air pada kegiatan budidayanya.

Manfaat Lain Internet of Things Bagi Dunia Perikanan

Internet of Things, seperti yang kita ketahui memiliki berbagai manfaat, salah satunya bagi industri perikanan. Selain dapat untuk perangkat monitoring kualitas air. Penggunaan Internet of Things juga dapat untuk menciptakan perangkat pemberi makan ikan otomatis.

Berdasarkan berbagai manfaat akibat penggunaan Internet of Things, tentunya kita harus dapat menguasai teknologi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas pembelajaran di bidang IoT bersama dengan Indobot Academy

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp