Memanfaatkan Internet of Things, Kebun Kelengkeng Ini Menghasilkan Panen Maksimal!

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/beY8dTcEPMg?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
Memanfaatkan Internet of Things Arduino Mikrokontroller Kebun Kelengkeng Ini Menghasilkan Panen Maksimal!

Indonesia memiliki kondisi tanah yang subur, sehingga berbagai tanaman dapat tumbuh dengan baik di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut menjadikan sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan Indonesia untuk meningkatkan perekonomian negara.

Banyak masyarakat Indonesia yang menggantungkan perekonomiannya di sektor pertanian, seperti menjadi petani padi ataupun tanaman hortikultura lainnya. Mulai dari pertanian skala kecil, perkebunan milik rakyat, maupun perkebunan skala besar.

Seperti  Bumdes Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang memiliki kebun kelengkeng untuk dikelola.

Penggunaan Internet of Things pada Kebun Kelengkeng Bumdes Wringinputih

Kebun kelengkeng yang dikelola oleh Bumdes Wringinputih bukan merupakan kebun kelengkeng seperti pada umumnya. Kebun tersebut menggunakan teknologi modern, yaitu Internet of Things untuk menunjang kegiatan budidayanya.

Salah satu kegunaan Internet of Things pada kebun kelengkeng Bumdes Wringinputih adalah untuk menyiram tanaman kelengkeng secara otomatis melalui smartphone.

Penggunaan perangkat Internet of Things tersebut tentunya memberikan kemudahan bagi pengelola untuk melakukan perawatan kebun, karena penyiraman tanaman dapat dilakukan dari mana saja hanya dengan menggunakan smartphone

Dengan demikian, petani atau pengelola kebun kelengkeng dapat menghemat tenaga dan waktunya. 

Seperti yang di ungkapkan oleh Direktur Bumdes Wringinputih, Rizal Arif kepada beritamagelang.id, beliau mengatakan bahwa “Untuk menyiram kebun klengkeng seluas setengah hektar, cukup memencet smartphone dari rumah atau dari mananapun”.

Program penggunaan Internet of Things pada kebun kelengkeng miliki Bumdes Wringinputih tersebut merupakan salah satu penerapan Smart Village Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) yang terlaksana berkat kerjasama UNS Solo dengan Bumdes Wringinputih.

Kebun kelengkeng milik Bumdes Wringinputih tersebut juga akan menjadi agrowisata petik buah, sehingga dengan penggunaan Internet of Things pada operasional kebun dapat lebih menarik minat banyak pengunjung.

Perangkat Penyiram Air Otomatis

Program dari Bumdes Wringinputih tersebut merupakan perkebunan berbasis Internet of Things pertama yang ada di magelang. Sistem perangkat IoT tersebut menggunakan mikrokontroler Arduino Uno yang dikombinasikan dengan NodeMCU.

Namun, pengiriman data oleh NodeMCU tersebut  belum dikirim ke web server, akan tetapi masih menggunakan server  telegram. 

Wah, sangat menarik sekali bukan? Internet of Things ternyata memang sangat bermanfaat bagi berbagai sektor. Oleh karena itu, mempelajari Internet of Things adalah sesuatu yang jangan sampai kamu lewatkan!

Yuk bergabung bersama Indobot Academy! Bersama Indobot Academy, kamu dapat mempelajari Internet of Things dengan mudah dan menyenangkan!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp