Mengaktifkan Lingkungan Cerdas dengan IoT

Indobot Update

Mengaktifkan Lingkungan Cerdas dengan IoT
Mengaktifkan Lingkungan Cerdas dengan IoT

[lwptoc]

Perlindungan lingkungan dan keberlanjutannya merupakan salah satu masalah yang paling mendesak yang kita hadapi di dunia saat ini. Karena semakin banyak orang mulai memahami kebutuhan untuk mengelola sumber daya dan ekosistem planet secara berkelanjutan, semakin banyak organisasi yang fokus pada teknologi pemantauan lingkungan yang cerdas untuk menciptakan planet yang lebih terhubung dan berkelanjutan. 

IoT memiliki kekuatan untuk berfungsi sebagai blok pembangun pemantauan lingkungan yang cerdas dengan memaksimalkan efisiensi, mengurangi limbah, dan mengelola sumber daya alam kita yang berharga dengan lebih baik.” – @SemtechCorp melalui Twitter.

Pedoman IoT Berkelanjutan

Dari laporan forum ekonomi dunia (World Economic Forum) tentang pedoman IoT untuk keberlanjutan (IoT Guidelines for Sustainability), 84% penerapan IoT saat ini berpotensi untuk mengatasi tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). IoT kemudian telah mengubah cara kita terhubung dan berinteraksi dengan perangkat yang dirancang untuk kebaikan sosial dan lingkungan. 

Dengan jaringan sensor dan gateway yang disematkan dengan teknologi jarak jauh dan berdaya rendah di seluruh wilayah, organisasi dapat menerapkan indikator lingkungan yang mengukur, menyediakan analisis data, dan mendeteksi masalah secara real time. Jenis jaringan ini memungkinkan sensor/perangkat mengumpulkan dan mengirim data dengan biaya lebih rendah. 

Belajar Elektronika, Arduino, dan juga IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Pemantauan Lingkungan

Dari konservasi hewan hingga deteksi banjir, IoT membantu melindungi orang dari bahaya lingkungan. Berikut merupakan contoh bagaimana organisasi dapat menerapkan pemantauan lingkungan yang cerdas.

  • Water Conservation

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, kebocoran rumah tangga membuang sekitar hanya 900 miliar galon air setiap tahun secara nasional. Dengan mengintegrasikan sensor ke dalam sistem pengolahan air, rumah dan bangunan pintar dapat secara efisien memantau penggunaan airnya, mendeteksi kebocoran, dan mengurangi pemborosan air 

  • Animal Conservation

Sebagian besar besar taman nasional yang melindungi spesies yang terancam punah tidak memiliki konektivitas. Tanpa cara cerdas untuk melacak hewan dan pergerakannya, sulit bagi penjaga untuk memantau tanaman nasional. Solusi IoT dengan jaringan yang dapat membantu menciptakan cara yang berkelanjutan dan aman untuk melacak hewan secara efisien. Jaringan ini berfungsi untuk mengumpulkan data dari sensor yang didistribusikan  ke seluruh area yang luas

  • Sustainable Farming

Teknologi IoT membawa dunia fisik pertanian ke masa depan. Bisa saja tentang menggunakan sensor untuk melacak ketinggian air, kondisi tanah, atau kualitas tanaman mereka, petani sangat diuntungkan dari konektivitas. Sensor jarak jauh dan berdaya rendah dapat mengukur kondisi lingkungan yang mempengaruhi produksi tanaman. Melacak kesehatan ternak, dan memungkinkan efisiensi yang dapat mengurangi dampak lingkungan sekaligus memaksimalkan dan meminimalkan biaya.

  • Flood Monitoring

Untuk merespon lebih cepat terhadap banjir dan bersiap menghadapi banjir di masa yang akan datang, pemerintahan perlu memantau saluran air secara real time, memprediksi resiko banjir, dan memperingatkan personel darurat dan warga sebelum ada kejadian banjir. Sensor yang terintegrasi dengan teknologi jarak jauh dan berdaya rendah secara mandiri memantau kenaikan permukaan laut sebagai akibat dari perubahan iklim. Penggunaan sensor ini sangat berguna di wilayah pesisir dengan resiko banjir yang tinggi.

Saat inisiatif perubahan iklim menjadi terdepan bagi organisasi, IoT memiliki kekuatan yang berfungsi sebagai blok pembangun pemantau lingkungan yang cerdas dengan memaksimalkan efisiensi, mengurangi limbah, dan juga mengelola sumber daya alam kita yang berharga dengan baik

Source from: https://www.iotforall.com/iot-to-enable-smart-environmental-monitoring

Jika Fanbot ingin mengetahui tentang IoT lebih banyak, Fanbot juga dapat menyalakan notifikasi dengan klik subscribe notifikasi diatas atau join di Indobot Academy. Selain itu, Indobot sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bekerjasama ataupun berkolaborasi khususnya di bidang elektronika, arduino, maupun IoT.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau bahkan Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp