Mengapa kita memakai Arduino ya Sahabat Indobot ? #Throwback

Indobot Academy

Halo Sahabat Indobot, Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas sekilas tentang Mengapa kita memakai Arduino ya Sahabat Indobot ? kenapa tidak memakai teknologi yang lain ? bagi kalian yang baru  belajar ardunio dan ingin tahu tentang macam – macam ardunio, kalian bisa klik di sini dulu sahabat indobot, tidak hanya itu jangan lupa untuk cek Dasar – Dasar Pemograman Arduino , Pengetahuan Dasar C Arduino di sini.

Ada banyak sistem berbasis mikrokontroler lain atau platform mikrokontroler yang tersedia untuk “komputasi fisik”. Parallax Basic Stamp, Netmedia yang BX-24, Phidgets, MIT Handyboard, dan banyak lagi yang lainnya menawarkan fungsionalitas yang sama. Semua alat ini mengambil rincian pemrograman mikrokontroler berantakan dan membungkusnya dalam paket yang mudah di gunakan.

Baca Juga : Cara Mengakses Sensor Gas Menggunakan Arduino

Namun Arduino juga menyederhanakan proses pekerjaan berbasis mikrokontroler, serta menawarkan beberapa keuntungan lebih bagi guru, siswa, dan amatir yang tertarik pada sistem lain:

  1. Murah
  2. Arduino relatif murah di bandingkan dengan platform mikrokontroler lain. Versi paling mahal dari modul Arduino dapat di rakit dengan tangan, dan bahkan biaya perakitan modul Arduino kurang dari $50.
  3. Cross-platform
  4. Perangkat lunak Arduino berjalan pada Windows, Macintosh OSX, dan sistem operasi Linux. Kebanyakan sistem mikrokontroler terbatas pada Windows.
  5. Sederhana
  6. Lingkungan pemrograman Arduino mudah di gunakan untuk pemula, namun cukup bagi pengguna tingkat lanjut untuk mengambil keuntungan dari fleksibilitasnya. Bagi para guru, Arduino sangat nyaman, di dasarkan pada lingkungan pemrograman Processing, sehingga siswa belajar program akan terbiasa dengan tampilan dan nuansa dari Arduino.
  7. Open source dan perangkat lunak yang dapat di kembangkan
  8. Arduino di produksi sebagai alat open source, tersedia untuk perluasan bagi programmer berpengalaman. Bahasa dapat di perluas melalui perpustakaan C++, dan orang-orang yang ingin memahami rincian teknis dapat membuat program lompatan dari Arduino ke bahasa pemrograman berbasis C AVR. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode C AVR langsung ke dalam program Arduino.
  9. Open source dan hardware dapat di kembangkan
  10. Arduino di dasarkan pada Atmel mikrokontroler ATMEGA8 dan ATmega168. Perencanaan/ Rancangan modul di terbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi mereka sendiri, memperluas dan meningkatkan sistem Arduino. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi breadboard untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.

Nah Sahabat Indobot , jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp