Mengenal 5 Komponen Penunjang IoT

Indobot Academy

Mengenal 5 Komponen Penunjang IoT
Mengenal 5 Komponen Penunjang IoT

BIoT atau Internet of Things merupakan sebuah sistem atau konsep yang di lakukan dengan tujuan untuk memperluas pemanfaatan dari jaringan internet yang tersambung. Fungsi IoT dapat berjalan dengan baik adanya dukungan komponen penunjang IoT.

IoT berguna dalam mentransfer data melalui jaringan tanpa interaksi manusia ke komputer atau manusia ke manusia. 

Untuk memahami lebih jelasnya terkait komponen penunjang IoT Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Inilah Komponen Penunjang IoT

Ada beberapa komponen yang menjadi penunjang IoT, secara lebih rincinya komponen IOT terdiri dari 5 komponen yakni:

  • Sensing dan Embed

Komponen paling pertama yang menunjang sistem IoT adalah sensing dan embed sebagai faktor pendukung keakuratan dan kredibilitas data yang tersimpan.

Komponen sensing dan embed ini terdiri dari dua hal yakni sensor dan actuator. Sensor dan actuator memiliki cara kerja yang berlawanan di mana sensor bekerja untuk mengumpulkan data menit dari lingkungan serta bekerja untuk mendeteksi perubahan lingkungan.

Sedangkan actuator bertindak dalam menerima sinyal ataupun perintah yang menyebabkan suatu tindakan. Sedangkan actuator digunakan untuk membuat sesuatu yang didasarkan pada pemicunya.

  • Konektivitas

Konektivitas merupakan komponen yang sangat penting. Di mana IoT merupakan jaringan yang melibatkan banyak hal di antaranya sensor, cloud, actuator serta perangkat. Semua hal tersebut harus di pastikan terhubung oleh sebab itu, konektivitas hadir untuk menghubungkan cakupan komponen tersebut.

Dengan konektivitas perangkat dapat terhubung dengan jaringan yang ditentukan. Tanpa konektivitas IoT tidak dapat berfungsi dengan baik. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

  • IoT Cloud

IoT Cloud merupakan komponen yang merupakan fasilitas modern. ertugas dalam menangani data, menyimpan data, hingga membuat keputusan dalam menghancurkan atau menentukan kesepakatan.

IoT Cloud bekerja untuk data besar yang ada dalam waktu yang kurang dari hitungan milidetik, bagi IoT waktu sangatlah penting. Apalagi ketika berurusan dalam permasalahan yang bersifat kritis seperti keselamatan dan kesehatan.

  • Analytic dan Manajemen Data IoT

Komponen selanjutnya yang menunjang sistem IoT adalah Analytic dan Manajemen data IoT. Di mana Analytic IoT berfungsi untuk mempelajari sejumlah data dalam analog.

Data-data tersebut tidak hanya di lakukan analisis saja tapi juga dilakukan manajemen data atau pengolahan data untuk dijadikan informasi yang berguna untuk diterjemahkan dan dianalisis. Sehingga dapat di jadikan sebagai patokan dalam mengambil keputusan.

  • Perangkat User

Komponen terakhir yang sangat penting dalam IoT adalah perangkat user yang meliputi user interface dan end-user.

User interface atau antarmuka merupakan komponen yang di gunakan dalam memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol sistem preferensinya.

Pengguna bisa melakukan akses dan interaksi jarak jauh dengan perangkat gadget yang dimilikinya seperti laptop ataupun smartphone.

Kesimpulan 

Setidaknya dari rincian di atas, IoT ini memiliki 3 komponen utama dalam mendukungnya yakni internet, things dan semantic yang bekerja dengan saling berikatan.

Internet di sebutkan dengan jaringan komputer yang di lengkapi dengan protokol internet TCP/IP, media ini di gunakan dalam berkomunikasi serta berbagai informasi. 

Things merupakan objek-objek dari dunia fisik yang di ambil dengan sensor dan dikirimkan ke internet. Akan tetapi, hasil objeknya masih membutuhkan penyajian data secara ulang. 

Maka dari itu, semantic hadir untuk mempermudah model penyajian dan atau penyimpanan serta pertukaran informasinya untuk memudahkan stakeholder memahaminya.

Nah itulah komponen yang menunjang IoT yang perlu Anda pahami. Mudah kamu pahami, bukan?

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp