Mengenal Bahaya Konsep Fomo pada Kripto

Indobot Academy

Mengenal Bahaya Konsep Fomo pada Kripto
Mengenal Bahaya Konsep Fomo pada Kripto

Dalam permainan Kripto yang ambisius dalam mengambil keuntungan, membuat perilaku-perilaku yang tidak sehat bermunculan, salah satunya adalah sikap Fomo. Lalu sebetulnya apa dan bagaimana konsep Fomo pada Kripto?

Mengenal Konsep Fomo pada Kripto

Pada dasarnya, Fomo merupakan perilaku yang sangat dihindari  bukan hanya pada Kripto saja tapi pada semua kehidupan.

FOMO atau Fear of Missing Out merupakan perilaku atau kebiasaan buruk seseorang. Di mana orang tersebut merasa takut tertinggal akan trending atau momen masa kini.

Seperti yang kita pahami bahwa pasar Kripto  sering kali mengalami perkembangan secara pesat dari waktu ke waktu. Hal ini membuat para trading atau investor Kripto mengalami ketakutan akan tertinggal peluang besar yang menguntungkannya.

Biasanya perilaku seseorang dengan sikap Fomo ini lebih sering mendengarkan kata orang lain atau senior.  Bahkan, mereka bisa bertindak karena dorongan emosinya,  hasil tindakan dari ini lebih berbahaya sebab ia melakukannya tanpa melakukan analisis terlebih dahulu.

Konsep atau perilaku Fomo ini biasa terjadi karena beberapa faktor diantaranya ialah keserakahan dalam mendapatkan profit yang lebih besar secara singkat, ketakutan akan tertinggal mendapatkan keuntungan hingga rasa iri terhadap keuntungan mereka yang didapatkan.

Perasaan-perasaan ini biasa menjadi faktor utama dari perilaku konsep Fomo yang muncul pada Kripto.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Bahaya Konsep Fomo terhadap Trading dan Cara Mengatasinya

Apakah konsep Fomo itu berbahaya? Tentu saja jawabannya iya. Sebab tadi dengan perilaku FOMO kita bisa bertindak tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. 

Hal ini tentu dapat mengakibatkan konsekuensi yang lebih serius bagi seseorang yang melakukan trading. Dengan perilaku Fomo yang ambisi dalam mendapatkan keuntungan membuat mereka memiliki potensi risiko yang lebih tinggi.

Hal ini akan terjadi ketika harga Kripto anjlok, sebab, harga sebuah Kripto yang tadinya naik bisa saja mengalami penurunan baik secara cepat atau lambat. 

Nah, agar Anda terhindar dari konsep FOMO ini, baiknya Anda harus melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi konsep  Fomo pada trading? Setidaknya ada 3 cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi sikap FOMO ini di antaranya:

  • Miliki Sistem Trading

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam mengatasi perilaku atau konsep Fomo ini adalah Anda perlu memiliki sistem trading yang baik. 

Dengan adanya sistem trading Anda bisa menggunakannya sebagai panduan dalam mengambil keputusan trading dengan baik. 

  • Tanyakan pada Diri sendiri

Ketika Anda mulai menginjakan kaki di dunia pasar trading, ada baiknya Anda berhenti dan mempertanyakan kepada diri sendiri terlebih dahulu terkait keputusan tersebut.

Apakah hal tersebut sesuai dengan rencana trading hingga mencari tahu risiko dari keputusan tersebut.

Dengan bertanya pada diri sendiri Anda bisa membiarkan diri untuk berpikir secara  logis dalam mengambil keputusan secara objektif.

  • Gunakan Metode Order Otomatis

Solusi terakhir Anda bisa menggunakan metode order otomatis seperti Buy Limit, Buy Stop, Sell Limit, Sell Stop. 

Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa memastikan bahwa Anda benar-benar memasuki pasar dengan kriteria Anda  dan bukan hanya sekedar takut kehilangan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi  bahaya perilaku atau konsep Fomo pada kripto. Dengan mengetahui hal ini, tentunya Anda harus paham betul terkait permainan trading yang lebih aman dan nyaman.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp