Internet of Things Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

Indobot Academy

Hallo Sahabat Indobot… pada kesempatan kali ini Indobot akan menyajikan artikel yang menarik untuk kalian, terutama bagi kalian yang memiliki minat tinggi kepada dunia perkembangan teknologi yang semakin hari perkembangannya sangat pesat. Ya, baru – baru ini dunia sedang di hebohkan dengan istilah Internet of Things atau biasa disebut IoT, sehingga para pegiat teknologi  beramai-ramai untuk mempelajarinya, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dosen, para ahli, peneliti dan para pegiat teknologi lainnya. Tentunya Mereka semua mempelajari Internet of Things (IoT) untuk diterapkan pada bidangnya masing-masing.

Lalu apa sebenarnya Internet of things itu? Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang “Apa itu Arduino dan IoT? Apakah Sama?“. Internet of things atau dapat diartikan sebagai Internet untuk segala adalah sebuah konsep dimana sebuah perangkat keras dapat berhubungan dengan perangkat lainnya secara nirkabel atau menggunakan jaringan internet sebagai penghubung. Perangkat-perangkat yang terhubung tadi dapat membentuk suatu sistem yang terpadu meskipun jaraknya berjauhan. Konsep ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengembang teknologi dalam mempelajari IoT. Karena selain efektif, efisien dan sedang menjadi tren, teknologi ini memang sudah menjadi kebutuhan manusia modern yang memiliki gaya kehidupan seperti sekarang ini. Dimana keseharian mereka tidak jauh-jauh dari internet.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Dalam penyusunannya Internet of things sendiri berdasarkan beberapa Perangkat. Berikut adalah susunan perangkat dari internet of Things :
  1. Komputer
  2. Jalur komunikasi
  3. Sensor
  4. Keluaran
Kemudian Sahabat Indobot, apa contoh pemanfaatan IoT pada kehidupansehari-hari? Berikut adalah contoh pemanfaatan Sederhana konsep Internet of Things pada kehidupan sehari-hari :
  1. Sistem Monitoring Suhu rumah dengan perangkat Android
  2. Sistem Penyiram Tanaman Otomatis kendali jarak jauh menggunakan smartphone
  3. Sistem Pemantau Ruangan dari jarak jauh berbasis Web
  4. Sistem monitoring kelembaban tanah jarak jauh untuk bidang pertanian
  5. Sistem deteksi dini bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran dan lainny sebagainya.

Sekian dulu pembahasan mengenai Internet of Things sekaligus contoh penerapannya.

Jika kalian ingin mempelajari Internet of Things, kalian bisa mempelajarinya melalui platform terbaru kami yaitu Indobot Premium. Buruan gabung dan register melalui tombo di bawah ini!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp