Mengenal Jenis-Jenis Microcontroller Arduino Part #2

Indobot Academy

Halo Sahabat Indobot, kemarin kita telah membahas apa saja jenis – jenis dari Microcontroller Arduino  nah di Artikel lanjutan ini kita akan membahas jenis – jenis Microcontroller Arduino lainya, nah bagi kalian yang masih atau sedang mengenal arduino , kalian bisa mampir dulu ke artikel belajar ardunio untuk informasi lengkap tentang apa sebenarnya Ardunio itu sahabat Indobot !.

Nah, kita kemarin telah sampai pada Ardunio Fio kita lanjut ya sahabat Indobot …

6. Arduino Lilypad 

Di Produk ini ya sahabat Indobot sebenarnya ada beberapa macamnya yaitu seperti: Lilypad Arduino USB, Lilypad Arduino Main Board, Lilypad Arduino Simple, dan Lilipad Arduino Simple Snap. Pada pembahasan poin ini ya sahabat Indobot kita  hanya membahas sedikit tentang Lilypad Arduino Main Board. Nah, Bentuknya yang melingkar membuat Lilypad dapat kita pakai untuk membuat projek unik. Seperti membuat amor iron man misalkan. Hanya versi lamanya menggunakan ATMEGA168, tapi masih cukup untuk membuat satu projek keren. Dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analognya, nah ini sangat cocok bagi sahabat Indobot yang baru belajar ardunio.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

7. Arduino Nano

Nah berbeda dari Jenis jenis microcontroler yang sebelemunya . Sepertinya namanya, Nano yang berukulan kecil dan sangat sederhana ini, menyimpan banyak fasilitas. Sudah lengkap dengan FTDI untuk pemograman lewat Micro USB. 14 Pin I/O Digital, dan juga 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). bahkan ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328.

8. Arduino Mini 

Seperti namanya ya sahabat Indobot, Arduino ini berbentuk mungil, Fasilitasnya sama dengan yang dimiliki Nano. Hanya tidak dilengkapi dengan Micro USB untuk pemograman. Dan ukurannya hanya 30 mm x 18 mm saja.

9. Arduino Micro

Arduino ini ya sahabat Indobot, Ukurannya lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.

10. Arduino Ethernet

Nah, arduino yang ini sudah lengkap dengan fasilitas ethernet. Membuat Arduino kamu dapat berhubungan melalui jaringan LAN pada komputer. Untuk fasilitas pada Pin I/O Digital dan Input Analognya sama dengan Uno , pas banget nih untuk yang baru belajar ardunio .

11. Arduino Esplora

Yang Selanjutnya ini Sahabat Indobot, sangat ditekomendasiin bagi kamu yang mau membuat gadget sepeti Smartphone, karena sudah dilengkapi dengan Joystick, button, dan sebagainya. Kamu hanya perlu tambahkan LCD, untuk lebih mempercantik Esplora.

12. Arduino Robot

Cus, yang terakhir ini adalah paket komplit dari Arduino yang sudah berbentuk robot. Sudah lengkap dengan LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan juga semua yang kamu butuhkan untuk robot sudah ada pada Arduino ini, pas banget buat kamu yang belajar ardunio dan ingin membuat robotmu sendiri.

 

Nah itu tadi Sahabat Indobot , untuk jenis – jenis Microcontroller Arduino ini, maka dari itu jangan lupa bookmark alamat kami ya sahabat indobot . dan tunggu updatan dari kita untuk artikel belajar ardunio lainya .

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp