Mengenal Layanan yang Ditawarkan pada Dunia Metaverse

Indobot Academy

Mengenal Layanan yang Ditawarkan pada Dunia Metaverse
Mengenal Layanan yang Ditawarkan pada Dunia Metaverse

Perkembangan metaverse kini semakin meningkat pesat. Saat ini, banyak pihak yang turut mengembangkan dunia virtual ini untuk berbagai tujuan. Dengan pesatnya perkembangan metaverse, tentu akan berdampak di kehidupan di masa mendatang. Di masa depan, pastinya akan terdapat beragam layanan yang tersedia di metaverse. Layanan yang di tawarkan pada dunia metaverse tersebut tentunya akan semakin memudahkan kehidupan manusia.

Jenis layanan yang ada mi metaverse sangatlah beragam. Dalam beberapa tahun ke depan, tentu jenis layanan yang ada akan semakin berkembang. Untuk mengetahui berbagai macam layanannya, berikut ini adalah contoh dan penjelasan yang dapat Anda simak!

Layanan yang Ditawarkan pada Dunia Metaverse

Saat ini, pembangunan metaverse tengah memasuki tahap pengembangan. Pengembangan ini terus di lakukan demi menciptakan layanan beragam yang bisa di lakukan di metaverse. Berikut ini adalah beberapa layanan yang tengah di persiapkan di metaverse sehingga penggunanya mendapatkan banyak manfaat.

Layanan Publik

Jenis layanan pertama yang di tawarkan di dunia metaverse adalah layanan publik. Layanan publik yang di maksud adalah berbagai layanan administrasi, misalnya di bidang ekonomi, pendidikan, budaya, pengaduan sipil, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya layanan publik tersebut, masyarakat dapat melakukan pengurusan berbagai perihal administrasi dengan efisien. Hal tersebut karena masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk mengurus perihal administrasi tersebut. Dengan menjelajahi dunia metaverse menggunakan sebuah avatar, maka pengguna tersebut mampu pergi ke berbagai layanan publik dan melakukan pengurusan administrasi. 

Layanan publik yang ada di metaverse kini telah di kembangkan oleh beberapa negara di dunia, salah satunya Korea Selatan. Pada akhir tahun 2021, Kota Seoul, Korea Selatan telah mengumumkan bahwa mereka berencana merintis sebuah layanan publik di metaverse. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Layanan Perbankan

Selain layanan publik, layanan yang di tawarkan pada dunia metaverse yang lainnya adalah layanan perbankan. Layanan perbankan di metaverse saat ini juga berencana untuk mengembangkan layanannya di dunia virtual tersebut. Rencana pengembangan layanan perbankan di metaverse ini dimiliki oleh Bank of America

Dengan adanya layanan perbankan di metaverse, maka pelayanan terkait perbankan akan meningkatkan kepuasan pelanggan terkait pelayanan. Hal tersebut di karenakan metaverse memiliki keunggulan di segi interaksi antara pelanggan dengan pihak bank yang dapat lebih aktif. 

Menggunakan layanan perbankan di metaverse berarti Anda sebagai nasabah bisa mendatangi pihak bank dan melakukan pengurusan suatu hal dengan menggunakan avatar yang dimiliki. Avatar milik Anda tersebut kemudian akan berinteraksi secara langsung oleh avatar lain dari pihak bank. Dengan begitu, interaksi antara nasabah dan pihak bank bisa dinilai lebih aktif serta efektif. 

Layanan Bisnis

Seperti yang di ketahui, sata ini metaverse telah memiliki layanan bisnis. Di dalam proyek metaverse tertentu, Anda dapat melakukan transaksi jual beli real estate yang ada di metaverse. Transaksi tersebut menggunakan token kripto sebagai alat pembayarannya. Dengan begitu, pemilik real estate tersebut akan menerima imbal balik dari real estate yang dijualnya tersebut. 

Demikian informasi mengenai layanan yang di tawarkan pada dunia metaverse yang penting untuk Anda ketahui. Metaverse kini memang dapat menjadi masa depan masyarakat. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus mencoba memahami apa itu metaverse serta seluk beluknya yang penting demi kehidupan di masa mendatang yang lebih sejahtera.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp