Mengenal Teknologi Autopilot pada Kendaraan

Indobot Academy

Mengenal Teknologi Autopilot pada Kendaraan
Mengenal Teknologi Autopilot pada Kendaraan

Autopilot atau kemudi secara otomatis merupakan salah satu inovasi teknologi yang telah lama muncul, tepatnya saat perusahaan Tesla mengenalkannya di tahun 2018. Lalu, sebetulnya apa itu teknologi autopilot pada kendaraan?

Mengenal Apa Itu Teknologi Autopilot pada Kendaraan? Bagaimana Sejarahnya?

Pertama, Autopilot adalah sistem yang berfungsi dalam mengendalikan kendaraan dengan secara otomatis. Pengendalian kendaraan ini di landasi oleh fitur teknologi berupa radar dan sensor pada kendaraan.

Dengan adanya autopilot, kendaraan dapat meminimalisir dari kecelakaan yang di akibatkan oleh human error. Dengan ini berkendara bisa menjadi lebih aman dan nyaman dengan adanya sistem autopilot.

Pada dasarnya teknologi autopilot telah di kenal sejak tahun 1914 di dalam dunia penerbangan. Lawrence Sperry merupakan orang pertama yang menciptakan sistem autopilot dan di bantu oleh Sperry Corporation.

Dengan ragam manfaat autopilot, Tesla sebuah perusahaan industri kendaraan listrik kembali mengenalkan sistem autopilot pada mobil-mobil yang di ciptakannya tahun 2018. Kehadiran sistem autopilot pada kendaraan mobil di sambut baik oleh penduduk dunia,

Sistem autopilot yang ada pada kendaraan mobil dan pesawat memiliki kesamaan dalam mengingat rute perjalanan namun yang membedakan keduanya ialah fokus sensor. 

Sistem autopilot pada pesawat memiliki fokus sensor dalam menjaga kondisi pesawat dan radar terhadap ketinggiannya.

Sementara itu, sistem autopilot pada mobil memiliki fokus sensor dan radar terhadap pengaturan jarak dengan kendaraan atau benda yang ada disekitarnya

Dengan kecanggihan teknologi autopilot ini Anda jangan pernah beranggapan untuk menyerahkan kemudi pada autopilot secara keseluruhan, sebab autopilot bukanlah autonomous.

Autopilot tetap membutuhkan pengemudi untuk menjaga sistem keamanan untuk hal-hal yang tidak terduga.

Biasanya mobil dengan sistem autopilot ini di lengkapi dengan sensor yang di letakan pada kemudi sebagai fitur keamanan dan menjadi alarm peringatan bagi pengemudi yang melepas kemudinya dengan waktu lama. Akhirnya, sistem autopilot ini bisa terus berkembang untuk menyesuaikan kebutuhan itu sendiri.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Sistem Utama pada Mobil Autopilot

Autopilot atau di sebut juga sebagai self driving di mana mobil dapat berjalan dengan baik ketika sistem komputerisasi beroperasi secara normal.

Mobil yang di lengkapi dengan sistem autopilot memiliki beberapa sistem utama yang di antaranya ialah:

  • Light Distance and Ranging (LIDAR)

LIDAR atau Light Distance and Ranging adalah sistem pendeteksian objek, di mana dalam mengukur jarak objek LIDAR menggunakan prinsip pantulan sinar lasernya.

LIDAR bekerja melalui perhitungan jarak dengan mengeluarkan sinar laser transmitter kepada objek yang di tuju.

  • Kamera

Mobil yang menggunakan sistem autopilot pun dilengkapi dengan kamera. Kamera yang bukan sembarang kamera dan memiliki resolusi tinggi.

Kamera dalam mobil ini berfungsi dalam pendeteksian objek di sekitarnya semisal kendaraan lain, pejalan kaki dan objek penting lainnya.

  • Sensor

Selain dibekali dengan kamera yang tak kalah pentingnya lagi mobil autopilot ini dibekali dengan sensor. Sensor ini berfungsi untuk melakukan pendeteksian area sekitar secara lebih akurat.

Biasanya mobil autopilot dibekali dengan sensor yang bernama sensor ultrasonic yang bekerja dengan mengirimkan gelombang sinyal pada objek dalam menjaga jarak untuk keamanan dalam berpindah jalur.

  • Electronic Control Unit (ECU)

Terakhir mobil dengan dilengkapi sistem autopilot ini memiliki ECU atau Electronic Control Unit. ECU ini berguna dalam memproses data yang berasal dari sensor dan radar.

Dengan ini ECU bekerja dalam mengatur sistem kerja kendaraan dari kemudi, pengereman, hingga akselerasi. 

Itulah beberapa sistem pelengkap pada mobil yang memiliki sistem autopilot. Dengan komponen sistem tersebut teknologi autopilot pada kendaraan dapat berjalan dengan maksimal.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp