Mengenal Teknologi MEMS (Microelectromechanical) pada IoT

Indobot Academy

Mengenal Teknologi MEMS (Microelectromechanical) pada IoT
Mengenal Teknologi MEMS (Microelectromechanical) pada IoT

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Pernah mendengar teknologi yang dirancang menggunakan konsep Internet of Things (IoT)? Saat ini, salah satu teknologi yang telah populer adalah teknologi yang menerapkan konsep Internet of Things (IoT). Untuk membuat sebuah teknologi dengan konsep tersebut, tentu Anda harus mengenal teknologi MEMS (microelectromechanical) pada IoT terlebih dahulu secara komprehensif. 

Teknologi MEMS sendiri merupakan salah satu teknologi yang penting dalam pembuatan dan pengembangan IoT. Bahkan, dapat dikatakan bahwa teknologi IoT saat ini ada berkat adanya teknologi MEMS yang telah ditemukan sebelumnya.

MEMS memang memiliki peran yang penting dalam penciptaan teknologi IoT yang kini tengah populer. Oleh karena itu, untuk memahami IoT secara keseluruhan, maka sebelumnya Anda juga harus paham tentang teknologi MEMS. 

Berikut ini adalah informasi yang dapat membuat Anda memahami tentang MEMS pada IoT. 

Mengenal Teknologi MEMS (microelectromechanical) pada IoT

Untuk mengenal teknologi MEMS, Anda dapat menyimak informasi mengenai apa itu MEMS serta fungsi atau kegunaannya pada IoT. Berikut ini adalah informasi-informasi yang dapat Anda simak dengan seksama. 

Apa Itu MEMS?

Dalam pembuatan teknologi dengan konsep IoT, Anda pasti tidak bisa lepas dengan teknologi MEMS. MEMS sendiri adalah suatu proses teknologi yang berfungsi untuk membuat sebuah perangkat terintegrasi dengan perangkat lainnya dalam ukuran yang kecil. 

Teknologi MEMS muncul dari adanya penggabungan antara komponen mekanik serta komponen elektronik. Komponen-komponen tersebut kemudian terintegrasi ke dalam suatu chip berbahan silikon. Komponen yang telah terintegrasi ke dalam chip tersebut kemudian disebut dengan MEMS.

Dalam pembuatannya, MEMS dibuat dengan menggunakan sebuah sirkuit terpadu (IC) yang mengaplikasikan berbagai teknik pemrosesan. 

Adapun perihal proses fabrikasi MEMS sendiri biasanya dibedakan menjadi tiga bagian, yakni bulk micromachining, high aspect ratio micromachining, dan surface micromachining. 

MEMS sendiri memiliki berbagai fungsi yang cukup variatif. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Fungsi MEMS pada IoT

Setelah mengenal teknologi MEMS (microelectromechanical) pada IoT melalui pengertiannya, kini saatnya melakukan pengenalan melalui fungsinya. Fungsi dari MEMS ini cukup variatif. 

Teknologi ini mampu untuk merasakan suatu hal, melakukan pengontrolan, berjalan di skala mikro, dan menghasilkan efek di skala makro. Keempat hal tersebut merupakan fungsi utama dari teknologi MEMS itu sendiri. 

Keempat fungsi utama tersebut kemudian di aplikasikan ke dalam berbagai bidang, seperti otomotif, komunikasi, kesehatan, elektronik, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, penerapan MEMS di berbagai bidang tersebut ketika digabungkan dengan jaringan internet, maka dapat menghadirkan teknologi berbasis IoT. 

Contoh dari penerapan MEMS pada IoT adalah teknologi sepeda pintar. Sepeda pintar ini dapat di kendalikan melalui sebuah aplikasi khusus. Fungsi MEMS ini dapat di temukan pada sensor navigasi yang ada pada sepeda tersebut. 

Sensor navigasi tersebut berguna untuk memberikan arah bagi sepeda untuk melakukan berbagai hal secara mudah melalui aplikasi di ponsel pintar yang Anda miliki.

Demikian berbagai informasi dan penjelasan yang dapat membantu Anda untuk mengenal teknologi MEMS (microelectromechanical) pada IoT. Adanya MEMS memang menjadi tonggak awal pengembangan teknologi IoT. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami tentang teknologi MEMS tersebut secara menyeluruh. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memahami mengenai teknologi IoT.

 

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp