Menuju Teknologi Canggih Pada Dunia Otomotif

Indobot Update

Menuju Teknologi Canggih Pada Dunia Otomotif
Menuju Teknologi Canggih Pada Dunia Otomotif

Hai Fanbot! kali ini kita akan membahas Teknologi Canggih Dunia Otomotif tapi..

Sudah mengerjakan proyek belum? Nah, Minbot mau membahas dunia otomotif seperti bus ataupun mobil pribadi yang berteknologi canggih.

Teknologi Keren Mobil Wuling di Almaz RS

Beberapa brand APM sedang mencoba merebut pasar dengan menawarkan keunggulan fitur-fitur menarik dan canggih yang tidak ada pada kompetitornya. Salah satunya adalah dari Wuling pada SUV nya yakni Wuling Almaz RS, the first leading intelligent digital car. Pada varian tertinggi, Almaz RS, teknologi IoT ini tersedia dalam beberapa fitur.

Terdapat 3 fitur yang tertanam pada SUV ini yang menggunakan basis IoT tadi. Antara lain Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), fitur perintah suara dalam Bahasa Indonesia, serta fitur Advanced Drive Assistanvce System (ADAS). Tiga fitur utama ini terdapat pada semua varian SUV Almaz RS, baik Almaz RS 1.5T Pro, Almaz RS 1.5T EX (7-seater) maupun Almaz RS 1.5T EX 5 seater.

Menuju Teknologi Canggih Pada Dunia Otomotif
Sumber : Tribunnews, Teknologi Canggih Dunia Otomotif
Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Fitur Internet of Vehicle (IoV)

Fitur Internet of Vehicle (IoV) pada dasarnya merupakan teknologi yang menghubungkan kendaraan dengan pemilik/penggunanya langsung melalui smartphone, baik untuk memonitor kendaraan maupun untuk menjalankan beragam fitur kendaraan melalui jaringan internet. Pada SUV Almaz, IoV bisa dioperasikan melalui aplikasi MyWuling+ yang bisa unduh pada smartphone.

Dari dukungan IoV, pemilik kendaraan akan selalu terkoneksi saat akan memulai perjalanan, selama mengemudikan kendaraan hingga setelah selesai berkendara. Aplikasi MyWuling+ memungkinkan pemilik kendaraan melakukan monitoring aktivitas berkendaranya seperti estimasi jarak tempuh berdasar sisa bahan bakar pada tangki kendaraan. Selain itu, memungkinkan pemilik Almaz melacak posisi kendaraannya misalnya saat parkir pada area yang luas, pada area parkir mal dan sebanyaknya lewat fitur Vehicle Positioning.

Teknologi IoT pada IoV juga membantu pengemudi menjaga keamanan kendaraannya misalnya menjadikan smartphone. Kemudian untuk memberikan peringatan dini jika kendaraan bergeser dari posisi parkirnya saat tertinggal pada area parkir. Deteksi dini ini bisa aktif sampai radius tertentu. Fitur-fitur lainnya pada IoV adalah membuka kunci dan mengunci pintu mobil, memanaskan mesin kendaraan menyalakan AC dan membuka dan menutup jendela yang semuanya bisa jalan lewat aplikasi MyWuling+. Dukungan teknologi IoV bisa memaksimalkan fungsi smartphone sebagai Bluetooth key alias pengganti kunci mobil. Pemilik kendaraan juga bisa mengirimdan menerima pesan, memutar musik online dan aktivitas navigasi lainnya melalui koneksi internet.

Fitur Wuling Indonesian Command (WIND)

Fitur ini bisa berguna untuk panggilan telepon serta menjalankan aplikasi pada sistem infotaiment pada kendaraan. Untuk sekadar meninggikan atau menurunakn volume audio juga bisa. Fitur WIND di Almaz RS bisa diaktifkan lewat tiga metode. Diantaranya, dengan mengucapkan kata “Halo Wuling” lalu diikuti perintah apa yang dikehendaki. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol di head unit dan menekan tombol di lingkar kemudi. Tambahannya, terdapat fitur perintah suara dalam bahasa Indonesia ini bisa ditemukan di dasbor Almaz RS.

Fitur Advanced Drive Assistanvce System (ADAS)

Fitur ini mengintegrasikan beberapa fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Inteligent Cruise Assistance (ICA), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

ADAS merupakan teknologi bantuan pengemudi (driver assistance) yang bekerja sebagai asisten pengemudi dalam berkendara sehingga perjalanan menjadi menyenangkan. Namun fitur ini tidak berfungsi menggantikan pengemudi. Pada beberapa kendaraan lain, teknologi ini bernama Honda Sensing pada beberapa tipe mobil Honda, dan Toyota Safety System (TSS) pada mobil Toyota.

Cakupan Teknologi ADAS antara lain Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Collision Mitigation System, dan Intelligent Head Beam Assistance. Fitur ADAS ini sudah terintegrasi dengan teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terhubung melalui Internet of Vehicle (IoV).

Bus Listrik MAB menggunakan Teknologi IoT

Menuju Teknologi Canggih Pada Dunia Otomotif
Sumber : Sindonews, Teknologi Canggih Dunia Otomotif

Tidak hanya mobil yang mempunyai teknologi canggih. Namun bus juga memiliki teknologi yang keren. Ada yang beda dengan bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) . Pameraan Bus listrik yang saat ini pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2022 (PEVS) itu kini semakin canggih berkat adopsi teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kreasi PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN).

Pemasangan IoT dan AI menawarkan berbagai teknologi canggih. Beberapa antaranya adalah Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis. Berfungsi untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi. Ada juga fitur Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan sekitar armada dengan keakuratan mencapai 95% sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch bermanfaat untuk memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan. Untuk kecerdasan buatan, teknologi itu akan membuat bus dapat menghitung jumlah penumpang yang naik secara akurat.

 

 

 

Buat Fanbot yang ingin belajar Internet of Things, Indobot telah kembali membuka program beasiswa bagi talenta digital bersama Kominfo RI dalam Digital Talent Scholarship Professional Academy (DTS PROA) batch 4 dengan judul pelatihan “Internet of Things (IoT) Advanced”. Pelatihan IoT tersebut menyediakan modul berbahasa Indonesia dengan kurikulum mulai dari dasar elektronika, Arduino, hingga IoT berbasis proyek (simulasi) yang disusun oleh tim Indobot Academy.

Yuk segera daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi Beasiswa IoT DTS PROA Batch 4! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya.

Beasiswa Pelatihan Internet of Things
Beasiswa Pelatihan Internet of Things

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp