Mudah! Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Indobot Academy

cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan online

Bagi para pekerja, BPJS Ketenagakerjaan adalah asuransi penting yang bisa menjadi tabungan di masa mendatang hingga hari tua. Dengan mengikuti program jaminan sosial yang didukung penuh oleh pemerintah ini, para pekerja akan mendapatkan banyak manfaat.

Salah satu manfaat dari mengikuti BPJS Ketenagakerjaan adalah mendapat Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

[lwptoc]

Tidak sama dengan BPJS Kesehatan yang hanya bisa dimanfaatkan saat peserta mengalami kondisi tertentu yang mengharuskannya ke layanan kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan berbentuk uang saat peserta mengalami PHK, berhenti dari sebuah perusahaan, peralihan tempat kerja atau kondisi tertentu seperti penonaktifan keanggotaan.

Baca Juga Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Jadi BPJS Ketenagakerjaan bisa dijadikan sebagai jaminan dan simpanan untuk para pekerja saat mengalami pemberhentian kerja baik karena pemutusan hubungan kerja atau sudah memasuki umur pensiun.

Saat ini, untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah. Para peserta bisa melakukan beberapa cara baik secara online maupun mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

Dan berikut ini adalah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sangat mudah dan simpel!

Melalui Aplikasi JMO

Cara paling mudah untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan melalui aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO. Semua layanan tentang BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses lebih mudah dan cepat dan lengkap dengan menggunakan aplikasi ini.

Misalnya seperti mengetahui informasi kepesertaan, cara klaim, hingga mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa mengetahui saldo yang dimiliki hanya dengan mendownload dan mengakses aplikasi JMO.

cek saldo BPJS kesehatan via JMO

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan aplikasi JMO.

  • Pertama, download aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile yang sudah tersedia di Playstore.
  • Kemudian mulai mendaftarkan kepesertaan melalui aplikasi dengan mengklik “Buat Akun” dan mengikuti arahan selanjutnya.
  • Setelah itu, isi pilihan kewarganegaraan.
  • Lalu isi beberapa data identitas diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, nama lengkap, dan tanggal lahir.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi, pilihlah menu “jaminan Hari Tua”.
  • Pilih “Cek Saldo”.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan milik peserta.

Itu dia cara paling mudah untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO, bagi peserta yang sudah pernah mendaftar atau sudah memiliki akun sebelumnya, bisa mulai mengecek total saldo yang dimiliki dengan login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Baca Juga Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Selain menggunakan aplikasi JMO, BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan layanan yang bisa membantu para peserta mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan yang di milikinya melalui website resmi perusahaan.

Cara cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan tanpa aplikasi ini sangat cocok untuk peserta yang tidak mau di repotkan dengan mendownload aplikasi tambahan untuk mengetahui saldo jaminan ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Berikut adalah langkah-langkahnya!

  • Langkah pertama untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website adalah dengan membuka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id 
  • Kemudian, masuk dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah terdaftar sebelumnya.
  • Bagi yang belum pernah memiliki akun, bisa melakukan pendaftaran dengan mengklik pilihan “Buat Akun Baru”.
  • Kemudian klik “reCAPTCHA Saya bukan robot” untuk mengkonfirmasi bahwa bukan bot yang melakukan login.
  • Setelah itu baru klik “Login”.
  • Pilihlah menu “Lihat Saldo JHT” untuk mendapatkan informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan yang di miliki.
  • Setelah itu, peserta akan di ampilkan hasil dari jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan dalam periode real time.

Melalui Melalui SMS

Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki keterbatasan penggunaan internet dan akses canggih melalui aplikasi dan website, tidak perlu khawatir untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, karena saat  bisa juga di lakukan dengan hanya mengirimkan SMS saja.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan informasi tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang lebih mudah dengan memanfaatkan cara paling sederhana, yaitu menggunakan pesan elektronik!

  • Pertama, siapkan beberapa informasi penting seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).
  • Kedua, masuk pada aplikasi perpesanan yang ada di ponsel.
  • Setelah itu, ketik pesan dengan format Daftar (spasi) SALDO#Nomor KTP#Tanggal lahir dengan format DD-MM-YY#Nomor peserta#alamat email. Misalnya “Daftar SALDO#320919*********#643***#bpjstk#bpjstk#xxx@gmail.com
  • Kemudian kirim format tersebut ke nomor 2757
  • Setelah itu BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan informasi apakah peserta sudah terdaftar atau belum.
  • Setelah itu, ikuti langkah lanjutan dengan mengirimkan SMS ke nomor yang sama dengan format SALDO Spasi Nomor peserta.
  • Sesudah melakukan langkah-langkah tersebut BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan informasi terkait saldo BPJS Ketenagakerjaan yang di miliki oleh peserta.

Datang Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Jika ketiga cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas masih di anggap terlalu merepotkan karena berhubungan dengan pengisian data-data secara online. Masih ada cara mudah lainnya untuk mengetahui besaran dana yang sudah disimpan untuk jaminan sosial pekerja yang dimiliki, yaitu dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat.

Walaupun terlihat mudah dan simpel, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum datang langsung ke outlet atau kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan.

Apa saja? Simak informasinya dalam pembahasan berikut ini!

  • Datanglah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang paling dekat dengan tempat tingga.
  • Usahakan untuk mendapatkan jam layanan pagi untuk menghindari antrian yang lama.
  • Siapkan dan bawa data-data yang di perlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Datang ke konter pendaftaran untuk di hubungkan langsung dengan petugas yang bisa melayani pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan.
  • Tunjukan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan pastikan untuk mendapatkan pelayanan informasi saldo yang di miliki.
  • Selanjutnya, petugas akan membantu peserta untuk mendapatkan informasi tentang pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mengetahui lokasi outlet atau kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat, bisa di cek pada laman website resmi BPJS Ketenagakerjaan pada menu “Kontak”.

Itu dia informasi lengkap tentang bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Semua cara yang di jelaskan di atas sangat mudah, jadi pastikan untuk memilih satu cara yang paling praktis di lakukan.

Untuk menambah informasi, saldo Jaminan Hari Tua (JHT) bisa di cairkan oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan walaupun belum memasuki usia pensiun di umur 56 tahun.

Baca Juga Cara Menonaktifkan BPJS

Aturan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022. Yang membahas mengenai tata cara dan persyaratan pembayaran manfaat jaminan hari tua.

Pencairan dana juga bisa di ambil oleh peserta yang terkena imbas pemutusan hubungan kerja (PHK) atau mengundurkan diri dari tempat kerja sebelumnya. Peserta yang mengalami kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya bisa melakukan klaim dana dan menerima manfaat JHT setelah satu bulan waktu tunggu.

Demikian informasi yang bisa di sampaikan tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp