Optimalisasi Budidaya Ikan Hias Menggunakan Sistem IoT

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/pw8vGbh4Bu0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Ikan hias merupakan jenis ikan yang seringkali di pelihara masyarakat untuk menghiasi aquarium ataupun ruangan. Ikan hias sedikit berbeda dengan ikan konsumsi karena warna dan coraknya yang lebih menarik. Budidaya ikan hias ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi, karena tingginya permintaan pada masyarakat.

Pengabdian Masyarakat Universitas YARSI

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas YARSI yang terdiri dari dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan penggunaan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) guna monitoring kualitas air dan keamanan. 

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang di lakukan oleh tim dari Universitas YARSI tersebut di lakukan di sentra budidaya ikan hias, Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari Jumat, 30 September 2022 lalu.

Peserta yang mengikuti pelatihan dari PKM Universitas YARSI adalah para petani ikan hias yang tergabung dalam Kelompok Tani Budidaya Ikan Hias ALTUM Ciseeng (Aliansi Tani UMKM Ciseeng).

Tujuan di laksanakan kegiatan PKM tersebut yaitu untuk memberikan para petani ikan hias ilmu dan pengetahuan teknologi yang dapat di gunakan untuk menunjang kegiatan budidaya ikan hiasnya.

Penggunaan Perangkat Berbasis Internet of Things Oleh Masyarakat Ciseeng

Ahmad Sabiq, M.Kom, Ketua Tim PKM yang di kutip dari laman radarbangsa.com mengatakan bahwa PKM ini merupakan pengabdian yang bertajuk Penerapan IoT untuk Pemantauan Kualitas Air dan Pengamanan Area Budidaya Ikan Hias.

Pelaksanaan PKM tersebut juga merupakan hasil diskusi dengan para petani. Mulai dari perancangan, hingga pengujian perangkat berbasis IoT di lakukan bersama dengan para petani ikan hias.

Pemasangan perangkat berbasis IoT tersebut di landasi karena Desa Ciseeng sebagai sentra ikan hias terbesar di Indonesia yang para petaninya masih menggunakan teknologi konvensional.

Penggunaan teknologi konvensional tersebut mengakibatkan proses budidaya ikan hias tidak dapat di lakukan secara maksimal. Sehingga penggunaan perangkat monitoring kualitas air dan keamanan area budidaya ikan hias berbasis Internet of Things akan sangat bermanfaat bagi para petani ikan hias.

Perangkat monitoring kualitas air berbasis IoT tersebut dapat bermanfaat untuk mengontol kondisi air kolam ikan hias. Pengontrolan tersebut datanya tercatat secara realtime, sehingga memudahkan petani apabila terdapat kendala atau kondisi air kolam sedang tidak optimal.

Selain itu, penggunaan perangkat keamanan berbasis Internet of Things juga membantu meningkatkan keamanan area kolam. Karena harga dari ikan hias itu sendiri yang cukup tinggi, sehingga dapat berpotensi terjadi tindak kriminal.

Oleh karena itu, penggunaan perangkat keamanan berbasis IoT dapat memantau seluruh area kolam selama 24 jam. Serta dapat di pantau dari jarak jauh. Sehingga para petani tidak perlu standby 24 jam di area kolam.

IoT Sebagai Solusi Bagi Sektor Perikanan

Seiring berkembangnya teknologi, muncul berbagai inovasi yang dapat menunjang kegiatan perekonomian, salah satunya dapat di manfaatkan bagi budidaya ikan hias. Selain untuk perangkat monitoring kualitas air, perangkat IoT juga dapat di gunakan sebagai pemberi pakan ikan otomatis.

Penggunaan perangkat pemberi pakan ikan berbasis IoT tersebut dapat memberi makan ikan hias secara otomatis dan terjadwal. Sehingga proses pertumbuhan ikan dapat lebih optimal.

Perangkat berbasis IoT yang di gunakan untuk budidaya pertanian tersebut, dapat di ciptakan dengan mudah hanya dari rumah. Mulai dari Rp90.000-an, Internet of Things dapat di pelajari secara mandiri. Yuk pelajari Internet of Things di Indobot Academy dan ciptakan berbagai inovasi teknologi berbasis Internet of Things!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp