Panel Surya Berbasis IoT Bagi Warga Kampung Lo’Ang, NTT

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/fCv4k5aAZf4?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
Panel Surya Berbasis IoT Bagi Warga Kampung Lo’Ang, NTT

Panel Surya Berbasis IoT – Penerapan Internet of Things dapat menjadi peluang bagi berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya adalah penerapan Internet of Things pada panel surya di daerah terpencil.

Indonesia memiliki total luas wilayah hampir mencapai 1,905 juta km persegi. Meskipun Indonesia termasuk negara yang memiliki sumber daya alam melimpah, pembangunan fasilitas publik masih belum bisa merata sepenuhnya.

Seperti yang di alami oleh Masyarakat di Kampung Lo’Ang, Nusa Tenggara Barat yang sejak dulu belum pernah merasakan akses listrik dari pemerintah.

PLTS Berbasis IoT Selamatkan Warga Kampung Lo’Ang dari Kegelapan

Mengatasi permasalahan tersebut, Tim Dosen Universitas Mercu Buana melalui kegiatan pengabdian masyarakat melakukan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 

PLTS pemberian Tim Dosen Mercu Buana yang di pasang di Kampung Lo’Ang tersebut juga telah terintegrasi dengan Internet of Things.

Sebelum adanya PLTS berbasisInternet of Things ini, Masyarakat Kampung Lo’Ang hidup dalam kegelapan. Kondisi tersebut terjadi karena belum adanya akses listrik dari PLN yang menerangi wilayah Kampung Lo’Ang.

Bahkan, meskipun telah terpasang PLTS berbasis IoT, dari lima kampung yang ada, hanya Kampung Lo’Ang yang mendapat aliran listrik.

Seperti yang di ungkapkan oleh Malik yang di kutip dari laman republika.co.id, beliau mengatakan bahwa “Desa Kojagete ini memiliki lima Kampung yang tersebar di pesisir pantai, dan baru Kampung Lo’ang ini saja yang sudah mendapatkan listrik”.

Panel surya berbasis Internet of Things di Kampung Lo’Ang ini memiliki kapasitas sebesar 8.500 Watt Peak dengan 32 unit panel surya berkapasitas 270 Watt Peak. Selain itu, PLTS ini juga menggunakan baterai VRLA sejumlah 24 unit.

Dengan kapasitas sedemikian rupa, PLTS berbasis Internet of Things ini dapat menerangi 48 rumah yang berada di kawasan Kampung Lo’Ang. Meski demikian, daya listrik yang dapat digunakan tiap rumah hanya 200 watt per hari.

Manfaat Internet of Things pada PLTS ini tentunya data yang tercatat oleh perangkat dapat di monitor dan operasional PLTS dapat di lakukan melalui smartphone.

Kerjasama Universitas Mercu Buana dengan Yayasan Wakaf Energi

Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan Yayasan Wakaf Energi untuk dapat mewujudkan aliran listrik bagi Warga Kampung Lo’Ang.

Selain itu, program ini juga di danai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi Indonesia. Gerakan ini telah membantu banyak masyarakat sejak tahun 2018 dan tersebar dari Aceh hingga Maluku.

Kerjasama kedua belah pihak ini di harapkan dapat menjadi kolaborasi yang baik serta dalam rangka mendukung mitra industri untuk hilirasi produknya.

Manfaat Internet of Things yang begitu besar seharusnya dapat di kembangkan lebih lanjut demi kesejahteraan masyarakat. Terlebih pada masyarakat daerah terpencil, yang masih mengalami masalah dalam aksebilitas.

Internet of Things dapat membantu menghubungkan antar perangkat sehingga bisa dioperasikan atau dimonitoring melalui jarak jauh.

Yuk kembangkan teknologi berbasis Internet of Things agar bisa membantu kesejahteraan masyarakat luas!

Mempelajari Internet of Things, dapat menjadi peluang untuk terciptanya inovasi-inovasi produk teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bersama Indobot Academy, Internet of Things dapat dipelajari secara terstruktur meskipun Anda tidak memiliki background di bidang IoT.

Yuk gabung sekarang juga!

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri.

Itulah pembahasan kita mengenai Panel Surya Berbasis IoT. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp