Pemanfaatan Internet of Things Bagi Pengembangan Energy Terbarukan

Indobot Update

Pemanfaatan IoT Bagi Pengembangan Energy Terbarukan
Pemanfaatan IoT Bagi Pengembangan Energy Terbarukan

Energi terbarukan merupakan salah satu kebutuhan vital bagi umat manusia. Segala aktivitas yang dilakukan, baik yang dilakukan langsung menggunakan tenaga manusia maupun mesin, semua membutuhkan energi. Energi yang di gunakan tersebut, perlu mengalami pembaruan agar tetap dapat digunakan.

[lwptoc]

Pengembangan Energi Terbarukan

Energi terbarukan, atau biasa di sebut dengan Rewenable Energy merupakan energi yang di peroleh dari alam. Energi terbarukan tersebut sifatnya berkesinambungan dan dapat di produksi dalam waktu yang singkat.

Sumber energi terbarukan, dapat berasal dari matahari, panas bumi, angin, air, dan berbagai bentuk biomassa. Di sebut dengan Rewenable Energi karena sumber dari energi tersebut selalu dapat di perbarui. 

Berbagai perusahaan produsen energi terbarukan, dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Meski demikian, mereka tetap menghadapi tekanan karena energi terbarukan tersebut di butuhkan dalam skala global. 

Selain hal tersebut, penggunaan energi terbarukan cenderung tidak stabil, sehingga perlu di optimalisasi lebih lanjut.

Berdasarkan tekanan tersebut, berbagai perusahaan produsen energi terbarukan meningkatkan inovasi untuk dapat memproduksi energi terbarukan dalam skala dan jumlah yang lebih besar.

Internet of Things Sebagai Solusi Pengembangan Sumber Energi Terbarukan

Untuk menunjang produktivitas energi terbarukan tersebut, perusahaan-perusahaan menggunakan teknologi Internet of Things. Penggunaan IoT tersebut karena datanya dapat di analisis secara realtime. 

Akibat tidak stabilnya energi yang bersumber dari alam, seperti matahari, angin, air, laut, dan sumber biomassa lainnya, di perlukan Internet of Things untuk mengoptimalisasi produksi dan data-data yang di butuhkan.

Dengan penggunaan Internet of Things, data dapat di analisis beberapa minggu sebelum terjadinya kegagalan produksi akibat ketidak stabilan yang tercipta. Sensor yang terhubung dengan Internet of Things akan memberi informasi, hal-hal apa saja yang perlu di ganti agar produksi energi terbarukan dapat berjalan dengan baik.

Internet of Things tersebut di hubungkan dengan pembangkit listrik Smart Power Generation. Smart Power Generation tersebut memanfaatkan kecanggihan Internet of Things untuk dapat menjalankan proses produksi dan pembangkit listrik.

Internet of Things Memiliki Cakupan yang Luas

Seperti yang telah kita ketahui, penggunaan Internet of Things dapat bermanfaat bagi segala bidang. Mulai dari bidang pertanian, kesehatan, teknologi, pendidikan, dan pembangkit listrik dapat memanfaatkan Internet of Things untuk menunjang pelaksanaannya.

Oleh karena hal tersebut, mempelajari Internet of Things merupakan suatu investasi jangka panjang, karena akan selalu di butuhkan dari waktu ke waktu. 

Yuk pelajari Internet of Things dengan mudah, dapatkan ilmu yang menarik dan bermanfaat hanya di Indobot Academy.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp