Penerapan Internet of Things pada Budidaya Lobster

Indobot Academy

Sumber : https://www.radioidola.com/2022/mengenal-hendra-pemuda-pemberdaya-nelayan-dengan-lobstech-dari-situbondo/

Penerapan Internet of Things pada Budidaya Lobster – Perikanan dan kelautan memang termasuk sektor yang berperan besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Hal tersebut karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, sehingga sumberdaya alamnya melimpah ruah.

Melimpahnya sumberdaya alam perikanan tersebut di manfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tingginya permintaan masyarakat atas produk hasil perikanan membuat pasar sektor perikanan akan terus eksis dalam jangka waktu yang panjang. 

Meski sumberdaya alam perikanan melimpah, tetapi tidak sedikit pula masyarakat atau nelayan yang belum sejahtera. Penyebabnya adalah karena kurangnya teknologi yang di miliki untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia. Selain itu, seringkali nelayan kecil kalah saing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Pemberdayaan Nelayan Situbondo Menggunakan Internet of Things

Salah satu komoditas unggulan Indonesia di sektor perikanan adalah lobster. Lobster menjadi produk unggulan karena kualitas dan harga lobster hasil kekayaan alam Indonesia dapat bersaing di kancah internasional.

Melihat tingginya potensi lobster perairan Indonesia, Hendra yang merupakan seorang pemuda dari Situbondo memberdayakan para nelayan lokal menggunakan teknologi Internet of Things

Teknologi Internet of Things yang di berikan untuk para nelayan di Situbondo tersebut di namai “Lobstech”. Tujuan di berikannya pemberdayaan kepada para nelayan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, khususnya nelayan lobster di Situbondo, Jawa Timur.

Dikutip dari laman radioidola.com, pemberian pemberdayaan nelayan menggunakan Internet of Things diawali dengan ketertarikan para nelayan untuk membudidayakan lobster, kemudian setelah diberikan penjelasan  terkait Internet of Things oleh Hendra, nelayan sangat tertarik. 

Harapannya, dengan penggunaan teknologi Internet of Things oleh para nelayan lobster ini Indonesia dapat menjadi produsen lobster terbesar di Dunia.

Lobstech, Teknologi Pemberdaya Nelayan Lobster Berbasis IoT

Merupakan startup yang memiliki tujuan mengumpulkan data budidaya lobster guna mempermudah budidaya. Lobstech memasang berbagai sensor untuk mengumpulkan budidaya lobster yang ada di keramba atau kolam budidaya.

Baca Juga : Penggunaan IoT Dalam Bidang Pertanian

Meskipun telah banyak perusahaan serupa, akan tetapi yang memanfaatkan Internet of Things berfokus pada lobster cukup sedikit, salah satunya adalah Lobstech tersebut.

Menggunakan Lobstech, nelayan di Situbondo bisa menghasilkan 1 ton lobster selama satu siklus budidaya.

Lobstech ini juga memiliki tujuan untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui sektor perikanan, khususnya lobster. 

Maksimalkan Sumberdaya Alam Menggunakan Internet of Things

Melihat tingginya potensi sumberdaya alam Indonesia, salah satunya di sektor perikanan membuat masyarakat harus memiliki inovasi untuk memanfaatkan sumberdaya alam tersebut secara maksimal.

Salah satu langkahnya yaitu dengan memanfaatkan teknologi modern seperti Internet of Things dalam kegiatan budidaya perikanan. Dengan memanfaatkan Internet of Things, dapat dimonitoring kualitas air budidaya, mulai dari suhu, kandungan oksigen, pH, dan lain-lain yang sangat dibutuhkan untuk tetap dalam kondisi optimal.

Penggunaan Internet of Things tersebut juga sangat memudahkan bagi para pelaku usaha budidaya ikan, karena selain dapat memperoleh berbagai data dengan mudah, data-data atau pekerjaan yang dilakukan dapat dioperasikan melalui jarak jauh menggunakan smartphone.

Kamu tertarik dengan berbagai kegunaan Internet of Things? Yuk bergabung bersama Indobot Academy

Bersama Indobot Academy, kamu akan dibimbing dari dasar hingga mahir membuat berbagai macam project IoT. Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan sertifikasi kompetensi dari BNSP juga loh! 

Jangan lewatkan kesempatannya, yuk gabung sekarang juga!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Itulah pembahasan kita tentang Penerapan Internet of Things pada Budidaya Lobster, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp