Penerapan Internet of Things pada Dunia Industri

Indobot Update

Solusi terakhir ini “Xinergis”, berkaitan dengan proses efisiensi energi. Xinergis siap untuk para manajer kantor dan pabrik yang membutuhkan solusi ini melalui Solusi Bisnis XL Axiata. 

Pengembangan solusi ini juga sejalan dengan program pengembangan XL Axiata untuk menghemat sumber daya energi. 

Internet of Things (IoT) telah mengubah lanskap industri secara fundamental. Dalam dunia manufaktur, IoT memungkinkan pengumpulan data real-time dari peralatan dan mesin, memungkinkan analisis yang mendalam untuk meningkatkan efisiensi produksi. Di sektor logistik, penggunaan sensor dan teknologi IoT memungkinkan pelacakan real-time terhadap barang dan pengiriman, mengoptimalkan rantai pasokan secara keseluruhan. Di samping itu, dalam industri energi, IoT memungkinkan pemantauan dan manajemen yang lebih baik terhadap sumber daya, sehingga meningkatkan efisiensi dan penghematan energi. Dengan berbagai penerapan ini, IoT terus mengubah cara industri beroperasi, memberikan solusi yang cerdas dan terkoneksi untuk masa depan industri yang lebih baik.

Mendukung Penghematan Energi Menggunakan IoT

Feby Salyanto, Director of Corporate and SME XL Axiata yang dikutip dari laman indotelko.com, mengatakan: “Awalnya kami menggunakan solusi ini untuk menyambungkan daya itu sendiri di lokasi base cell network transmitter (BTS).” 

Solusi ini kemudian untuk menggabungkan konsumsi energi listrik, air, dan bahan bakar gedung XL Axiata atau genset gedung. Feby menambahkan, solusi IoT  untuk semua industri guna memberikan informasi real-time penggunaan energi terbarukan, udara bersih, dan generator biomassa. 

Selain itu, solusi IoT perusahaan XL Axiata dapat memberi tahu pengguna tentang masalah atau anomali. Selain pelaporan, informasi oleh solusi ini dapat berfungsi sebagai referensi untuk memprediksi konsumsi energi dan biaya pengoperasian di masa mendatang. 

Baca juga :Masa Depan Dunia Kerja : Digital Skill IoT ini Wajib Kamu Kuasai

Keunggulan Xinergis, Produk IoT XL Axiata

Produk IoT inovatif XL Axiata, Xinergis, lengkap dengan berbagai sensor antara lain konsumsi daya, voltase, dan drainase air. 

Sensor juga untuk menstandarkan konsumsi bahan bakar genset, terutama flow meter dengan sensor yang mengukur level bahan bakar di dalam tangki (level sensor).

Seluruh data yang dihasilkan oleh IoT untuk industri kemudian ditransfer ke platform cloud, yang menjadi informasi yang dapat ditampilkan pada antarmuka pengguna (dashboard) berupa website dan aplikasi mobile.

Alhasil, perusahaan berhasil menstandarkan penggunaan energi listrik, udara, dan energi matahari. Selain itu, perusahaan dapat mengidentifikasi konsumsi energi yang tidak biasa.

Sejauh ini, solusi IoT Xinergis telah diimplementasikan di beberapa kantor wilayah XL Axiata di Jabodetabek dan Bandung. Solusi ini juga akan diterapkan secara bertahap di seluruh kantor wilayah di seluruh Indonesia.

Internet of Things & Dunia Industri

Internet of Things adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kerangka Industri 4.0. 

Selain mengotomatisasi operasi dan memfasilitasi organisasi jarak jauh, manfaat penerapan sistem IoT mencakup peningkatan produktivitas, pengurangan kebutuhan proses manual, peningkatan efisiensi, dan pengurangan biaya pengoperasian. 

Data juga dapat kita olah sebagai masukan bagi pengguna untuk pengambilan keputusan atau analisis data untuk perencanaan.

Oleh karena itu, Internet of Things merupakan teknologi yang wajib kita pelajari oleh talenta-talenta muda Indonesia.

Indobot Academy hadir untuk mendukung kemajuan pendidikan khususnya di bidang Internet of Things.

Yuk bergabung bersama kami, hanya di Indobot Academy!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp