Penerapan IoT Tingkatkan Efisiensi Produksi UMKM Tahu Bakso

Indobot Academy

Penerapan IoT Tingkatkan Efisiensi Produksi UMKM Tahu Bakso
Penerapan IoT Tingkatkan Efisiensi Produksi UMKM Tahu Bakso

Internet of Things adalah teknologi yang dapat diterapkan guna menghubungkan berbagai perangkat dengan internet, sehingga dapat dioperasikan secara otomatis dan dari jarak jauh.

Penggunaan Internet of Things dapat kita manfaatkan pada segala bidang, seperti artikel ini, yaitu untuk mesin produksi tahu bakso.

Dari laman kompasiana.com, melalui kegiatan pengabdian masyarakat  oleh Mahasiswa UNDIP, permasalahan produsen tahu bakso yang belum dapat memproduksi secara optimal, kini telah teratasi akibat bantuan mesin berbasis Internet of Things.

Seperti apa cerita lebih lengkapnya? Yuk simak artikel ini!

UMKM Produsen Tahu Bakso Asal Ungaran

Tahu Bakso Baginda Raja merupakan salah satu produsen tahu bakso yang cukup terkenal di pasaran. Bahkan, Tahu Bakso Baginda Raja telah memiliki outlet di berbagai kota Indonesia.

UMKM ini bisa sangat terkenal akibat inovasi produknya yang unik dan sesuai dengan lidah masyarakat, yaitu tahu pong bakso.

Meskipun Tahu Bakso Baginda Raja sudah cukup berpengalaman dalam menjalankan kegiatan produksinya, masih terdapat beberapa kendala dalam proses produksi.

Permasalahan tersebut segera  mahasiswa UNDIP respon  melalui kegiatan pengabdian masyarakat, yaitu dengan membuat mesin produksi tahu bakso berbasis Internet of Things.

Stuffing Machine, Mesin Produksi Tahu Bakso Berbasis Internet of Things

Mesin ciptaan mahasiswa UNDIP melalui kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dinamakan dengan Stuffing Machine. Mesin tersebut mampu menjawab permasalahan dari Tahu Bakso Baginda Raja yang kesulitan dalam proses produksi karena masih secara manual.

Pengisian adonan secara manual tersebut tentunya memiliki berbagai kelemahan, seperti proses yang lama sehingga permintaan pasar seringkali tidak dapat terpenuhi. 

Selain itu, pengisian adonan secara manual juga menimbulkan tidak seragamnya isian adonan, sehingga berpotensi menurunkan kualitas produk di mata konsumen.

Permasalahan tersebut kini dapat diatasi berkat bantuan dari Stuffing Machine berbasis Internet of Things yang dapat melakukan proses produksi atau pengisian isian adonan tahu bakso secara otomatis.

Melalui penggunaan mesin berbasis Internet of Things tersebut, juga dapat menyesuaikan berat adonan tahu bakso, sehingga isi adonannya dapat sama rata.

Terbukti setelah menggunakan mesin produksi tahu bakso berbasis Internet of Things tersebut, proses produksi dapat dengan lebih efisien.

Wah, Penggunaan Internet of Things Ternyata Sangat Menarik Ya!

Melihat berbagai keuntungan akibat  Internet of Things, menunjukkan bahwa teknologi tersebut seharusnya di kembangkan oleh pemuda-pemudi bangsa.

Untuk mengembangkan inovasi di bidang Internet of Things, perlu peran dari berbagai pihak. Salah satu perusahaan yang berperang dalam pengembangan ekosistem Internet of Things adalah Indobot Academy.

Yuk bergabung bersama Indobot Academy! Bersama Indobot Academy, Internet of Things dapat kita pelajari dengan mudah.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp