Penerapan Perangkat Berbasis IoT Pada Perkebunan Sawit

Indobot Update

Sawit merupakan salah satu komoditas unggulan sektor perkebunan Indonesia. Indonesia sebagai salah satu negara penghasil minyak CPO terbaik di dunia. Luasnya area perkebunan sawit yang terdapat di Indonesia, mendorong penggunaan teknologi-teknologi terbaru untuk menunjang kegiatan operasional, salah satunya dengan menggunakan teknologi berbasis Internet of Things.

Peningkatan Produktivitas Perusahaan Sawit dengan Teknologi IOT 

Mendukung revolusi industri 4.0, industri perkebunan sawit harus melakukan digitalisasi pada operasional perusahaannya. Hal tersebut tentunya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan. Sebagai negara yang memiliki luas lahan sawit terbesar di dunia, seharusnya Indonesia menduduki puncak klasemen industri sawit. Salah satu langkah untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan perangkat berbasis Internet of Things untuk berbagai kegiatan operasional perusahaan.

Internet of Things merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang operasional industri sawit. Dengan menggunakan perangkat berbasis IoT, petani sawit dapat memonitor perkembangan dan juga data-data lahan perkebunannya melalui aplikasi smartphone.

Inovasi Teknologi Perkebunan Kelapa Sawit Oleh PT. OWL Plantation

OWL Plantation merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi perkebunan. Perusahaan ini menciptakan berbagai perangkat perkebunan berbasis Internet of Things, salah satunya adalah telah berhasil mengembangkan berbagai aplikasi berbasis Enterprise Resource  Planning (ERP). Sistem tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola sumberdaya perusahaan dengan mudah.

Berbagai fitur dari aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu dapat digunakan untuk dokumentasi lahan hingga penjualan Crude Palm Oil (CPO). OWL Plantation terus mengembangkan inovasinya, yaitu pengembangan alat digitalisasi perkebunan kelapa. 

Menurut Direktur PT Origin Wiracipta Lestari (OWL), Repindra Ginting yang dikutip dari laman sawitindonesia.com, beliau mengatakan bahwa “Sejalan perkembangan teknologi, PT. OWL Plantation terus mengembangkan perangkat berbasis IoT. Maksudnya adalah dengan menghubungkan semua lini pekerjaan dalam satu sistem menggunakan sensor-sensor. Pada saat ini, OWL Plantation sedang banyak melakukan riset terkait IoT”.

Pemanfaatan Perangkat IoT pada Lahan Perkebunan Sawit

Terdapat berbagai manfaat digunakannya perangkat IoT pada lahan perkebunan sawit, diantaranya dari sistem pembukaan lahan, pembibitan, perawatan, penanaman, pemupukan, panen, dan pengangkutan TBS ke pabrik. Selain itu, penggunaan perangkat IoT juga untuk sensor pada tangki CPO dan sensor curah hujan.

Dengan penggunaan aplikasi ciptaan OWL Plantation, salah satunya adalah Mobile Finger Print yang dapat  untuk mencatat perawatan tanaman dengan baik. Mandor dapat memonitor dan membagi biaya pekerjaan secara otomatis menggunakan aplikasi tersebut.

Perangkat IoT Terbukti Efektif Bagi Para Petani

Berkembangnya teknologi turut serta membantu perkembangan di dunia pertanian. Peralatan pertanian yang umumnya oleh petani di pedesaan, biasanya memiliki tingkat efisiensi yang lebih rendah daripada dengan peralatan pertanian modern. Oleh karena itu, perlu  peningkatan peralatan pertanian guna menunjang produktivitas petani. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat pertanian berbasis Internet of Things. 

Penggunaan perangkat Internet of Things pada perangkat pertanian tersebut tentunya perlu pembelajaran dan sosialisasi kepada para petani, khususnya pada petani di pedesaan. Pembelajaran tersebut dapat melalui berbagai hal, antaranya adalah melalui kelompok tani dan PPL. Selain itu, perlu peran generasi muda untuk mulai menciptakan inovasi pertanian berbasis Internet of Things. 

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp