Penggunaan Internet of Things Tingkatkan Kualitas Kopi

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/lcfH0p6emhw?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Internet of Things adalah sebuah teknologi berbagai perangkat dapat terhubung antar satu sama lain tanpa memerlukan interaksi langsung antar manusia dengan mesin. Penggunaan Internet of Things tentunya membutuhkan koneksi internet untuk menghubungkan antar perangkat.

Penggunaan Internet of Things (IoT)  bisa untuk apa saja sih? Yuk simak artikel ini untuk ketahui salah satu contoh penerapan Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari!

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian yang menjadi unggulan Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar meminum kopi membuat peluang ekonomi industri kopi selalu mengalami peningkatan. 

Terlebih sekarang banyak anak muda yang menghabiskan waktu di Coffee Shop untuk sekedar bersantai atau bekerja sekalipun. Untuk itu, kualitas kopi harus dalam kondisi yang maksimal. 

Memaksimalkan kualitas kopi, tentu bukan hal yang mudah. Terlebih apabila dalam kegiatan budidaya kopinya, masih menggunakan cara konvensional atau tradisional yang menguras tenaga dan tidak efisien pada segi waktu.

Oleh karena itu, Internet of Things dapat untuk membantu petani meningkatkan kualitas kopi.

Smart Coffee Monitoring, Perangkat Monitoring Kopi Berbasis IoT 

Melihat berbagai permasalahan yang terjadi akibat kurangnya monitoring tanaman kopi oleh para petani, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) menciptakan perangkat monitoring kopi berbasis Internet of Things

Alat tersebut berdasarkan fakta di lapangan yang menyebutkan bahwa tingkat konsumsi kopi terus meningkat di setiap tahunnya. Oleh karena itu, kualitas dan mutu kopi harus tetap terjaga dengan baik.

Salah satu langkah untuk menjaga kualitas kopi yaitu dengan mengkolaborasikan teknologi modern pada proses budidaya kopi.

Smart Coffee Monitoring dapat menunjang berbagai aktivitas dalam budidaya kopi, diantaranya adalah dapat membantu petani kopi dalam proses fermentasi dan pengeringan buah kopi agar dapat menghasilkan Green Bean dengan kualitas terbaik (Specialty). 

Seperti yang dilansir dari laman xlaxiata.co.id, perangkat monitoring berbasis Internet of Things tersebut memiliki berbagai keunggulan, seperti akan memberikan peringatan apabila dalam pelaksanaan produksi kopi telah melewati batas atas maupun batas bawah.

Hal tersebut bertujuan agar dalam proses produksi kopi, biji kopi yang dihasilkan tidak mengalami over-processed ataupun under-processed. Selain itu, penggunaan perangkat berbasis Internet of Things juga memungkinkan petani dapat memonitor data-data produksi kopi melalui smartphone miliknya.

IoT Menjadi Harapan Bagi Industri Pertanian

Penggunaan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) menjadi masa depan yang cerah bagi berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pertanian.

Menggunakan perangkat berbasis Internet of Things (IoT), kegiatan budidaya pertanian yang semula  secara manual atau konvensional dapat kita permudah dengan menggunakan perangkat berbasis IoT.  

Hal tersebut karenakan penggunaan perangkat berbasis IoT akan membuat segala aktivitas budidaya secara otomatis dan dapat  menggunakan smartphone.

Melihat berbagai keuntungan akibat penggunaan perangkat berbasis Internet of Things tersebut, menjadi peluang besar bagi kemajuan perekonomian dan teknologi bangsa.

Diperlukan banyak talenta digital di bidang Internet of Things untuk menciptakan berbagai inovasi. 

Talenta-talenta digital di bidang IoT tersebut dapat tercipta melalui berbagai cara, salah satunya dengan belajar IoT di Indobot Academy

Indobot Academy yang merupakan Startup Edutech di bidang IoT akan membimbing kamu untuk menjadi talenta IoT profesional.

Yuk bergabung bersama Indobot Academy! Dapatkan berbagai ilmu pembelajaran tentang Internet of Things dengan murah, mudah, dan menyenangkan!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp