Penggunaan Internet of Things untuk Budidaya Melon

Indobot Update

Budidaya buah melon merupakan salah satu produk petani di Indonesia yang bisa ditingkatkan dengan penggunaan internet of things. Penasaran seperti apa ?
budidaya buah melon

Buah melon adalah salah satu produk budidaya pertanian yang banyak di tanam petani lokal. Buah sendiri merupakan salah satu sumber vitamin yang kerap di konsumsi oleh masyarakat. Selain mengandung banyak vitamin, mengkonsumsi buah juga dapat memberikan kesegaran karena beberapa buah memiliki kandungan air yang cukup melimpah, salah satunya adalah buah melon.

[lwptoc]

Pertanian 4.0

Industri pertanian merupakan salah satu sektor bisnis yang memiliki potensi tinggi di Indonesia. Lahan yang subur dan mayoritas masyarakatnya yang bekerja sebagai petani, membuat pertanian di Indonesia selalu memiliki perkembangan yang signifikan. Salah satunya adalah melalui Pertanian 4.0.

Pertanian 4.0 merupakan salah satu penerapan revolusi industri 4.0 yang mengaplikasikan sistem pertanian pintar berbasis teknologi, seperti penggunaan Internet of Things. Peranan Internet of Things dalam dunia Pertanian 4.0 sangatlah signifikan, karena dapat menjadi penghubung antar perangkat tanpa memerlukan interaksi antara manusia dengan tanaman, ataupun manusia dengan perangkat lainnya.

Manfaat Internet of Things Bagi Pertanian 4.0

Penggunaan Internet of Things bagi dunia pertanian memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah dapat menghubungkan antar perangkat. Internet of Things juga dapat digunakan untuk perangkat dalam green house agar dapat lebih mudah dalam penggunaannya.

Green house sangat cocok apabila di integrasikan dengan Internet of Things, terutama untuk digunakan sebagai perangkat budidaya melon. Hal tersebut di karenakan budidaya melon membutuhkan berbagai sensor Internet of Things agar dapat memberikan hasil optimal bagi pertumbuhan melon.

Melon merupakan salah satu tanaman buah yang cukup rumit dalam perawatannya. Melon dapat tumbuh dengan ideal apabila di tanam pada ketinggian 250-750 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kurang dari ketinggian tersebut, melon tidak dapat tumbuh dengan maksimal. Selain itu, melon juga membutuhkan kelembaban udara sekitar 50%-70% dan suhu 25-30 derajat celcius.

Dengan berbagai parameter yang di butuhkan agar pertumbuhan melon dapat tumbuh dengan baik, diperlukan green house yang terintegrasi dengan Internet of Things, karena semua parameter di dalamnya dapat di pantau secara realtime dan di manipulasi sesuai kebutuhan.

Baca Juga Drone, Game Changer di Industri Pertanian

Sensor-sensor yang di butuhkan dalam green house di antaranya adalah sensor suhu dan kelembaban DHT11, sensor pengatur daya cahaya BH1750, dan sensor drifting yang di gunakan untuk mengatur kadar air.

Manfaat Internet of Things Bagi Budidaya Melon dan Industri Pertanian

Internet of Things, seperti yang kita ketahui memiliki berbagai manfaat, salah satunya bagi industri pertanian. Selain dapat digunakan untuk pemetaan lahan, penyemprotan pupuk dan pestisida, serta membantu untuk penanaman, Internet of Things juga dapat digunakan untuk melakukan perawatan tanaman, seperti penyiraman.

Penyiraman lahan yang sangat luas, tentunya akan sangat menyulitkan apabila dilakukan secara manual. Selain itu, penyiraman tanaman secara manual cenderung lebih memakan biaya. Internet of Things dapat di gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan melakukan penyiraman otomatis melalui jarak jauh.

Berdasarkan berbagai manfaat yang di hasilkan akibat penggunaan Internet of Things, tentunya kita harus dapat menguasai teknologi IoT tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas pembelajaran di bidang IoT bersama dengan Indobot Academy

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp