Penggunaan Internet of Things Untuk Monitoring Detak Jantung

Indobot Update

Sumber : https://unsplash.com/photos/hIgeoQjS_iE?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus di jaga oleh kita. Kesehatan dapat terjaga apabila menjalankan pola hidup yang baik. Akan tetapi, meskipun telah menjaga pola hidup seringkali manusia masih terserang oleh penyakit. Terkadang penyakit tersebut tidak dapat di hindari, dan dapat berdampak fatal bagi organ tubuh. 

Aritmia, Penyakit Penyerang Jantung Manusia

Akibat adanya gangguan irama jantung seperti kecepatan, pengaturan, dan penghantaran impuls jantung di namakan Aritmia. Aritmia dapat di sebabkan di antaranya karena di abetes, darah tinggi, konsumsi obat tertentu, dan gangguan jantung dari lahir.

Menurut data yang di peroleh dari (Kalangi, dkk 2015), terdapat 101 data pasien penyakit jantung koroner di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado mengalamo aritmia. 

Berdasarkan hal tersebut, di perlukan inovasi-inovasi yang dapat membantu para pengidap Aritmia agar bisa di lakukan perawatan dan monitoring detak jantung. Harapannya dengan adanya inovasi tersebut kualitas hidup pasien pengidap Aritmia dapat meningkat.

Perangkat Monitoring Detak Jantung Berbasis Internet of Things (IoT)

Berkembangnya ilmu teknologi pada era sekarang ini, memunculkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satunya adalah munculnya inovasi perangkat monitoring detak jantung berbasis Internet of Things (IoT).

Penggunaan perangkat monitoring detak jantung berbasis Internet of Things (IoT) tersebut dapat di gunakan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien pengidap Aritmia karena dapat termonitor dengan baik pada setiap saat.

Menurut Fitriawan et al, 2020, penerapan perangkat berbasis Internet of Things bagi para pasien pengidap Aritmia yaitu dengan memanfaatkan berbagai sensor yang di pasang pada tubuh pasien. Hal tersebut memungkinkan untuk di lakukan monitoring kondisi pasien setiap saat dan dari jarak jauh.

Data-data yang di peroleh melalui sensor yang terpasang di tubuh pasien tersebut, di kirimkan melalui internet sehingga para dokter dan tenaga kesehatan yang mengurusi pasien dapat melakukan pemeriksaan analisis lebih lanjut.

Perangkat monitoring detak jantung berbasis Internet of Things tersebut terintegrasi dengan beberapa sistem dan teknik utama, salah satunya yaitu aplikasi OpenSID yang bekerja dengan memanfaatkan modul wifi esp8266, sehingga dapat berkomunikasi antara sensor jantung dan gateway server web.

Pemanfaatan Internet of Things di Kehidupan Sehari-hari

Internet of Things merupakan salah satu inovasi teknologi yang dapat di terapkan di segala bidang. Oleh karena itu, Internet of Things merupakan salah satu teknologi yang wajib dipelajari pada era sekarang ini. 

Mempelajari Internet of Things dapat melalui berbagai cara, salah satunya dengan  mengikuti kelas online seperti yang disediakan oleh Indobot Academy. Yuk pelajari Internet of Things dan ciptakan inovasi-inovasi untuk masa depan.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp