Penggunaan IoT Cloud Untuk Memonitor Mesin Produksi

Indobot Update

Mesin produksi, biasanya sepenuhnya oleh tenaga manusia. Mengikuti perkembangan zaman, kini mesin produksi telah dapat dimonitor dan dioperasikan melalui software atau aplikasi dari jarak jauh. Berdasarkan hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB dan Design Lab Ethnography Lab. FRSD ITB mengadakan webinar “Pengembangan dan Instalasi Perangkat IoT untuk Pemantauan Mesin Produksi pada Industri Kecil Permesinan”.

Dr. Ir. Anas Ma’ruf, M.T merupakan salah satu anggota dari Kelompok Keahlian Sistem Manufaktur, Fakultas Teknik Industri ITB yang akan menjadi narasumber dalam webinar “Pengembangan dan Instalasi Perangkat IoT untuk Pemantauan Mesin Produksi pada Industri Kecil Permesinan” menggunakan platform Zoom dan live streaming YouTube.

Pembatasan Mobilitas Akibat Pandemi Covid-19

Pandemic Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan beberapa perubahan kebiasaan atau teknis pekerjaan. Salah satunya akibat mobilitas terbatas, dan para pekerja tidak dapat bekerja dari kantor sehingga tercipta teknologi IoT Cloud.

Pembatasan mobilitas akibat adanya Pandemi Covid-19 tersebut, tidak memberikan dampak bagi sebagian pekerja yang khususnya bekerja menggunakan komputer, karena dapat bekerja dari mana saja asalkan memiliki komputer dan jaringan internet. Lain halnya dengan pekerja atau operator produksi yang harus menggunakan perangkat produksi yang berlokasi di kantor atau pabrik.

Teknologi Internet of Things (IoT) Cloud Sebagai Solusi

Berbagai permasalahan akibat tidak lancarnya komunikasi dan koordinasi antar tim melahirkan inovasi atau solusi terkait teknologi industri yaitu dengan Internet of Things (IoT) Cloud. Pada dasarnya, segala aktifitas atau kegiatan yang terjadi di wilayah produksi akan dapat dipantau melalui jarak jauh dan data-datanya akan dikirim melalui IoT dan tersimpan di cloud.

Data-data yang terekam di Cloud tersebut, nantinya dapat diakses oleh siapapun yang memiliki kewenangan. Perangkat produksi yang digunakan dengan berbasis Internet of Things dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan microcontroller NodeMCU ESP8266 atau Arduino Uno R3. 

Target Penggunaan Perangkat Produksi Berbasis IoT Fokus ke Industri Kecil

Menurut Dr. Anas Ma’ruf dari laman itb.ac.id, beliau mengatakan bahwa target penerapan perangkat produksi berbasis IoT akan menyasar industrii kecil. Oleh karena itu, perlu  empat alternatif rancangan. Alternatif pertama untuk mengetahui kondisi mesin nyala atau mati, alternatif kedua yaitu untuk mendeteksi kenaikan arus pada mesin yang sedang beroperasi. Kemudian alternatif ketiga yaitu mirip dengan alternatif kedua, hanya saja boardnya ganti dengan Arduino Uno R3. Sedangkan alternatif keempat ternyata tidak layak.

Penggunaan teknologi IoT Cloud untuk perangkat produksi pada industri kecil dapat meningkatkan produktivitas industri kecil. Cloud tersebut dapat kita akses melalui smartphone dan terdapat dashboard yang menunjukkan utilitas. Dan produktivitas mesin sehingga semua data dapat dipantau dengan mudah.

Penerapan perangkat berbasis IoT pada industri-industri memang memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu, perlu inovasi-inovasi terkait IoT untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Pengembangan inovasi tersebut dapat diciptakan salah satunya dengan mengikuti Workshop IoT dari Indobot Academy.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp