Penggunaan Perangkat Berbasis IoT Pada Pengelolaan Air PERUMDA Tirta Rangga

Indobot Update

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi umat manusia. Pada umumnya, sumber air minum di suatu daerah  oleh Perusahaan Umum Daerah agar terjamin kualitasnya. Salah satunya adalah Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Rangga yang mengelola air minum di wilayah Subang, Jawa Barat.

Kerjasama PT Elnusa dengan Perumda Air Minum Tirta Rangga Kembangkan Teknologi IoT

PT Elnusa Tbk (ELSA) melakukan kerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Rangga dalam rangka mendukung pengelolaan air minum di Kabupaten Subang menggunakan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) “Smart Retrofit”. Perjanjian kerjasama tersebut tentunya sebagai bentuk pengimplementasian industri 4.0. 

Perangkat berbasis Internet of Things yang digunakan dalam pengelolaan air minum oleh PERUMDA Air Minum Tirta Rangga tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat kehilangan air dan mengatur penggunaan air oleh masyarakat rumah tangga. Rencananya, penerapan perangkat berbasis Internet of Things tersebut akan dilakukan selama tiga bulan

Penggunaan Perangkat IoT oleh PERUMDA Air Minum Tirta Rangga

Menurut Direktur Pengembangan Usaha ELSA, Ratih Esti Prihatini yang dikutip dari laman cnbcindonesia.com, beliau mengatakan bahwa “Pengembangan teknologi berbasis Internet of Things tersebut merupakan salah satu kontribusi Elnusa untuk mendukung pelaksanaan smart city di Kabupaten Subang, Jawa Barat”. Beliau juga mengatakan bahwa penggunaan perangkat berbasis IoT tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan masyarakat dalam pemanfaatan air. Selain itu, penggunaan perangkat berbasis IoT tersebut juga  lebih menguntungkan bagi PERUMDA.

Penggunaan perangkat Internet of Things bagi pengelolaan air minum tersebut memiliki beberapa keuntungan, diantaranya dari sisi PERUMDA adalah pendataan meteran lebih akurat dan bisa diakses secara online, sehingga apabila terjadi kebocoran air atau kehilangan air, dapat segera ditangani.

Keuntungan penggunaan perangkat IoT oleh PERUMDA bagi masyarakat adalah tagihan yang tercatat dapat lebih akurat, dan dapat memonitor penggunaan air sehari-hari.

PERUMDA Air Minum Tirta Rangga Mendukung Penuh Penggunaan Perangkat IoT Untuk Pengelolaan Air

Selain menerapkan perangkat Internet of Things (IoT) “Smart Retrofit” pada perusahaannya, PERUMDA Aiar Minum Tirta Rangga juga mendukung penggunaan perangkat IoT pada perusahaan lain. PERUMDA Air Minum Tirta Rangga juga bertekat untuk pengembangan teknologi berbasis IoT pada pengelolaan air. Salah satu langkah pengembangan tersebut adalah dengan melakukan kunjungan kerja ke PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, PERUMDA Air Minum Tirta Rangga mempelajari penggunaan Muora STS Smart Water Meter oleh PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang. 

Penggunaan Perangkat Berbasis IoT di Rumah Masing-Masing

Meningkatnya perkembangan teknologi, terbukti membantu dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya, setiap rumah memiliki penampungan air pribadi yang tingkat airnya harus dipantau secara manual. Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini, khususnya di bidang Internet of Things. Pemantauan tingkat air tersebut dapat dipantau dari jarak jauh. Meskipun sederhana, hal tersebut sangat bermanfaat apabila kita sedang tidak berada di rumah dan ingin mengetahui tingkat air. 

Menanggapi permasalahan tersebut, Indobot Academy menyediakan E-Course yang berjudul Membuat Alat Monitoring Tingkat Air dengan Smartphone. Untuk Teknisi Elektronik dan Pengembang Perangkat Lunak. Dengan mengikuti E-Course seharga Rp107.072 tersebut. Kamu dapat menguasai penginstalan Software Arduino IDE dan merancang alat monitoring tingkat air dengan smartphone. 

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp