Pengimplementasian Internet of Things Guna Menekan Angka Kematian Ternak Oleh Mahasiswa FIK UPH Medan

Indobot Update

Agribisnis peternakan rakyat, merupakan salah satu sektor usaha pada bidang pertanian yang umumnya miliki oleh masyarakat pedesaan. Masyarakat pedesaan umumnya memiliki peternakan kambing ataupun sapi dalam skala kecil. Meskipun beternak merupakan keseharian sebagian masyarakat Indonesia, seringkali menemui kendala yang menghambat kegiatan peternakan mereka. Oleh karena itu, memerlukan pengelolaan dan inovasi yang lebih baik bagi ternak. Hal tersebut guna menekan angka kematian ternak dan meningkatkan produktivitas ternak. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer

Internet of Things oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan Medan bagi Peternakan Rakyat

Berdasarkan permasalahan para peternak, beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Kota Medan memiliki terobosan untuk membantu peternak dalam pengelolaan ternak mereka, inovasi tersebut adalah penerapan Internet of Things (IoT) pada usaha ternak. Program ini mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berjalan dalam jangka waktu empat bulan, pada bulan Juni hingga September 2022.

Pelaksanaan Program

Penerapan Internet of Things pada usaha ternak mulai dari tahap perencanaan dengan diskusi bersama mitra peternak, yaitu dari pihak Arjuna Farm yang merupakan salah satu peternakan modern Deli Serdang. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, menetapkan parameter yang perlu teramati oleh para peternak, yaitu treatment apa saja yang sudah kepada ternak, masa-masa pembiakan ternak, dan juga kondisi statut ternak secara realtime. Berbagai parameter tersebut dapat terpantau melalui laptop yang telah terintegrasi melalui Internet of Things (IoT).

Manfaat Internet of Things Bagi Dunia Peternakan

Program yang menciptakan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Kota Medan tidak hanya sampai pembuatan sistemnya saja. Akan tetapi para peternak juga berikan sosialisasi dan pelatihan sehingga para peternak mampu menjalankan program tersebut secara mandiri. Setelah melalui tahap evaluasi selama dua bulan. Hasil menunjukkan bahwa angka kematian ternak dapat turun pada setiap bulannya, dari yang biasanya sekitar lima ekor ternak mati setiap bulannya. Kini hanya sekitar satu ekor setiap bulannya. Selain menekan angka kematian ternak, pemberian treatment pada hewan ternak dapat dengan lebih efektif. Sehingga mengharap dapat meningkatkan produktivitas hewan ternak pada masa mendatang. Biaya yang butuhkan oleh para peternak untuk menerapkan teknologi yang terintregasi dengan Internet of Things (IoT) relatif lebih murah daripada menggunakan tenaga manusia. Harapannya, program hasil kreativitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Kota Medan dapat juga oleh peternak seluruh Indonesia.

Ayo Belajar Internet of Things (IoT)

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang terus berkembang menuntut kita untuk dapat menguasai teknologi tersebut. Internet of Things (IoT) dapat bermanfaat salah satunya pada sektor peternakan seperti Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Kota Medan. Pada para peternak untuk memonitor beberapa parameter yang mendukung peningkatan produktivitas ternak. Inovasi tersebut sebenarnya dapat kita pelajari sendiri di rumah. Dengan mengikuti berbagai online course yang tersedia oleh berbagai lembaga Edutech, salah satunya Indobot Academy. Indobot Academy menyediakan berbagai macam Online Course yang dapat diaplikasikan di dunia pertanian. Salah satunya adalah kelas Membuat Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Untuk Teknisi Elektronik dan Pengembang Perangkat Lunak. Hasil akhir yang tercapai dengan mengikuti kelas tersebut dapat menginstal Software Arduino IDE dan merancang alat pemberi pakan ikan otomatis.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp