Penginapan Berbasis Internet of Things di Lombok Timur

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/vhztm9QC0L0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

[lwptoc]

Pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang perekonomian terbesar bagi Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang di sukai baik dari turis lokal hingga manca negara, membuat Indonesia terkenal akan keindahan alamnya. 

Mulai dari keindahan pantai, desa wisata, alam, gunung, dan keindahan-keindahan lainnya menjadi salah satu tujuan para wisatawan berkunjung ke Indonesia.

Penginapan Bagi Para Wisatawan

Dampak dari tingginya minat pariwisata Indonesia, membuat masyarakat merasakan keuntungan. Salah satunya berasal dari bisnis penginapan di daerah sekitar tempat wisata.

Pelaku usaha penginapan, dapat meraup keuntungan yang besar ketika banyak wisatawan berkunjung ke tempat wisata, terlebih ketika akhir pekan ataupun libur panjang tiba. Selain mengambil keuntungan bagi para pelaku usaha penginapan, tersedianya penginapan juga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Banyaknya usaha sejenis, membuat pelaku usaha penginapan harus memiliki inovasi atau keunggulan pada penginapan yang dikelolanya. Selain menyediakan fasilitas yang memberikan kenyamanan untuk beristirahat, penginapan juga dituntut untuk menggunakan teknologi canggih agar memudahkan para wisatawan yang menginap.

Kerjasama Pemerintah Lombok Timur dengan Universitas Gunadarma

Melalui kunjungan Sekretaris Daerah M Juaini Taofik yang mewakili Bupati Lombok Timur menerima tamu dari Universitas Gunadarma. Pertemuan tersebut dalam rangka launching Desa Loyok sebagai desa wisata cerdas berbasis teknologi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Lombok merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Sehingga penerapan Desa Loyok sebagai desa wisata cerdas akan memberikan kenyamanan dan sebagai bahan percontohan desa wisata lain di Indonesia.

Pertemuan  pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 di Kantor Desa Loyok tersebut juga bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara Universitas Gunadarma dengan pemerintah Lombok Timur.

Menurut Bapak Juaini dari laman kicknews.today, beliau mengatakan bahwa “Siapapun yang menjadi kepala desa, Camat, maupun Bupati, serta apapun kegiatan di desa tersebut, pariwisatanya harus berkelanjutan”.

Konsep pariwisata berkelanjutan tersebut agar keberadaan desa wisata cerdas yang telah terbangun dengan susah payah dapat bertahan lama.

Pengembangan Penginapan Berbasis Internet of Things

Salah satu pengimplementasian desa cerdas tersebut adalah dengan penerapan teknologi Internet of Things pada penginapan yang berada di Lombok Timur.

Mulai dari lampu, gagang pintu, terminal listrik, CCTV, serta perangkat smart home lainnya nantinya akan terintegrasi dengan Internet of Things

Penggunaan Internet of Things pada penginapan di Lombok Timur tersebut,  dapat memberikan kenyamanan lebih bagi para wisatawan.

Keunggulan berbagai penggunaan perangkat berbasis IoT tersebut yaitu dapat dioperasikan dari jarak jauh, serta memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. 

Hal tersebut tentunya juga memudahkan bagi para wisatawan, karena dapat mengoperasikan perangkat-perangkat elektronik yang tersedia di penginapan dengan mudah. Selain itu, penggunaan smart home juga menguntungkan bagi para pelaku usaha penginapan, karena dapat menghemat energi listrik.

Penerapan Internet of Things pada desa wisata seperti di Lombok Timur tersebut tentunya wajib untuk dikembangkan. Pengembangan-pengembangan tersebut dapat berasal dari pemuda-pemuda setempat. 

Apabila pada suatu desa wisata tersebut telah banyak masyarakat atau pemuda yang memahami teknologi, khususnya Internet of Things akan lebih memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Yuk belajar Internet of Things bersama Indobot Academy! Bersama Indobot Academy, kamu bisa mempelajari Internet of Things dengan mudah dan menyenangkan!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy        

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp